Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar

Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar – Syekh Siti Jenar atau kerap dikenal dengan nama Sunan Jepara, merupaka ahli sufi dan seorang yang sangat bertanggung jawab dalam penyebaran agama Islam di tanah Jawa. hingga sekarang ini tidak ada yang mengetahui secara pasti asal-usul dari Syekh Siti Jenar tersebut, bahkan di masyarakat sendiri telah banyak beredar cerita yang berbeda-beda mengenai asal-usul tokoh tersebut.

Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar

Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar

Sebagian umat beragama Islam menganggap ajaran yang diberikan oleh Syekh Siti Jenar merupakan ajaran yang sesat, ajaran tersebut bernama Manunggaling Kawula Gusti. akan tetapi ada juga sebagian besar umat Islam yang menganggap Syekh Siti Jenar itu merupakan seorang ahli berilmu sangat tinggi yang mampu mengambil esensi Islam itu sendiri.

Ada banyak sekali ajaran-ajaran yang telah diberikan oleh Syekh Siti Jenar kepada masyarakat Indonesia, terutama untuk masyarakat yang beragama Islam. salah satu ajaran terkenal dari beliau tertuang dalam karya sastra yang diberi nama dengan pupuh. Bahkan ada satu ajaran yang dianggap paling mulia dari beliau, ajaran tersebut diberi nama dengan Budi Pekerti.

Ajaran kontroversial yang pernah diberikan oleh Syekh Siti Jenar terkait dengan ajaran tentang hidup dan juga mati, tuhan dan kebebasan, serta tempat berlakunya syariat atau ajaran tersebut. dimana Syekh Siti Jenar menganggap kehidupan manusia di dunia ini merupakan kematian, sedangkan sebaliknya, kematian menurut beliau merupakan kehidupan yang hakiki dan kekal tak lekang oleh jaman (abadi).

Ajaran Syekh Siti Jenar menjadi sangat kontroversi di mata masyarakat jaman dahulu, karena beliau menganggap bahwa 5 rukun Islam (syahadat, sholat, puasa, zakat, dan naik haji) itu tidaklah harus dilakukan oleh manusia di kehidupan ini. karena sebagai menusia menurut Syekh Siti Jenar, harus mulai beribadah kepada Allah ketika telah meninggal atau mati. Bahkan menariknya lagi, Syekh Siti Jenar juga berpendapat bahwa Allah SWT itu tidak ada di langit. Akan tetapi Allah ada disetiap akal budi manusia masing-masing.

Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar

Kesaktian ilmu makrifat Syekh Siti Jenar tertuang dalam sebuah ajaran yang berjudul Manunggaling Kawulo Gusti. dalam ajaran ini disebutkan bahwa sebenarnya Syekh Siti Jenar tidak pernah menganggap dirinya sebagai tuhan atau Allah. dengan begitu, berarti hal ini tidak mencampurkan antara tuhan dengan manusia, melainkan Tuhan merupakan tempat kembali manusia yang berupa roh. Roh inilah yang sebanarnya berasal dari Tuhan.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ajaran Syekh Siti Jenar dalam ilmu makrifat tersebut. Anda dapat mencari hasil karya-karya satra beliau, terutama karya satra yang berjudul Manunggaling Kawulo Gusti.

Baca juga : 7 Versi Kematian Syekh Siti Jenar

Demikian informasi singkat mengenai kesaktian ilmu makrifat Syekh Siti Jenar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga informasi diatas dapat menambah wawasan Anda.

Kesaktian Ilmu Makrifat Syekh Siti Jenar |