Misteri Pesugihan Tuyul Pohon Ketos di Trucuk Klaten

loading...

Misteri Pesugihan Pohon Ketos “Istana Tuyul” di Trucuk Klaten – Beredar kisah nyata di masyarakat jika di daerah trucuk klaten ada sebuah pohon keramat yang dipercaya sebagai tempat mencari pesugihan tuyul. Pohon keramat tersebut adalah pohon ketos, pohon ketos adalah pohon yang hanya terdapat di trucuk klaten jawa tengah. Masyarakat sekitar percaya bahwa Pohon Ketos merupakan kerajaan tuyul atau istana tuyul. Pohon Ketos keramat untuk tempat mencari pesugihan tuyul ini terletak di dukuh mbero, palar, trucuk, klaten. Pesugihan tuyul di trucuk klaten ini letaknya 12 km dari klaten kota, walaupun lumayan jauh namun banyak sekali para peziarah yang datang. Kebanyakan peziarah dari luar kota klaten.

pohon ketos tempat pesugihan tuyul atau istana tuyul di trucuk klaten

pohon ketos keramat tempat pesugihan tuyul atau istana tuyul di trucuk klaten

Juru kunci pohon ketos keramat yaitu Mbah Kardikem, wanita tua berumur sekitar 75 tahun yang merupakan juru kunci turun temurun dari orang tuanya untuk menjaga pohon ketos keramat tersebut. Menurut penuturan mbah kardikem pohon ketos yang merupakan istana tuyul tersebut adalah jelmaan dari sosok Eyang Bandho yaitu sosok penunggu pohon ketos kermat yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Eyang Bandho berdasarkan cerita turun temurun adalah seorang cucu dari seorang raja kerajaan kediri yaitu Prabu Jayabaya. Konon pohon ketos adalah jelmaan raga Eyang Bandho yang terlepas dari sukma nya, kadang-kadang Eyang Bandho juga sering menampakkan diri dengan wujud “gethek” atau rakit. Penampakan Eyang Bandho sering dilihat oleh warga sekitar di kali / sungai di dekat pohon ketos keramat tersebut dalam wujud “gethek” / rakit.

Baca juga : “Cara menangkap tuyul terbukti berhasil

Menurut kisah nyata penduduk di sekitar pohon ketos keramat tersebut sejak jaman dahulu sampai sekarang pohon ketos keramat tersebut terlihat sama saja. Penduduk sekitar juga tidak ada yang berani mengambil daun, ranting maupun batang dari pohon ketos keramat tempat kerajaan tuyul tersebut karena takut akan mengalami nasib yang sial. Pernah ada cerita masyarakat sekitar yang dulu tidak sengaja mengambil ranting pohon ketos tersebut dan dijadikan kayu bakar untuk memasak namun kejadian ajaib terjadi, Ranting pohon ketos tersebut sama sekali tidak terbakar, melihat keajaiban tersebut warga yang mengambil ranting pohon ketos keramat tersebut langsung mengembalikan ranting tersebut ke tempat semula. Setelah kejadian nyata yang dialami salah seorang warga tersebut akhirnya kini penduduk sekitar pohon ketos tidak berani memetik daun, ranting dan mengambil apapun dari tempat pohon ketos keramat tersebut.

pengunjung yang ngalap berkah di pohon ketos keramat yang merupakan istana tuyul

pengunjung yang ngalap berkah di pohon ketos keramat yang merupakan istana tuyul

Cara mencari pesugihan tuyul di pohon ketos keramat trucuk klaten tersebut harus melalui ritual khusus menurut sang juru kunci pohon ketos keramat yaitu Mbah Kardikem. Menurut Mbah Kardikem bagi siapa saja yang ingin hajat atau keinginannya terkabul yaitu ingin memelihara tuyul atau mendapatkan pesugihan tuyul, pohon ketos keramat di trucuk klaten ini memang tempat mencari tuyul yang paling mudah. Syarat mencari pesugihan tuyul di pohon ketos keramat menurut juru kunci adalah melakukan ritual khusus dengan sesajen yang harus dibawa dan tidak boleh melanggar pantangan. Berikut ini ritual khusus dan pantangan mencari pesugihan tuyul di pohon ketos trucuk klaten.

Syarat mencari pesugihan tuyul di pohon ketos trucuk klaten

Membawa sesaji selama 7 malam Jumat berturut-turut tidak boleh terputus. Sesaji sebagai persembahan tersebut terdiri dari kembang setaman, pisang raja, teh manis, gecko (garang asem). Pada malam jumat terkahir atau yang ke 7 maka ditutup dengan kendurian atau kondangan.

Pantangan mencari pesugihan tuyul di pohon ketos trucuk klaten

Selama menjalani ritual mencari pesugihan tuyul di pohon ketos harus bersikap sopan dan tidak boleh emosional. Jangan menggumam atau “mbatin” apapun saat berada di sekitar pohon ketos keramat tersebut. Terakhir jangan mengambil apapun seperti memetik daun pohon ketos, ranting dan kayu dari pohon ketos tersebut.

Baca juga : “Ciri orang yang memelihara tuyul

Demikian sedikit informasi tentang kisah nyata tempat mencari pesugihan tuyul di pohon ketos keramat di trucuk klaten yang penuh cerita misteri di masyarakat. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar hal-hal gaib dan mistis. Terima kasih sudah mau mampir di blog Gudang Misteri jangan lupa tunggu artikel menarik selanjutnya !!!

Misteri Pesugihan Tuyul Pohon Ketos di Trucuk Klaten |