Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Tarawih bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya

Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Tarawih  bahasa Arab, Latin serta TerjemahannyaPengertian shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dikerjakan saat malam hari di waktu sesudah shalat isya selama bulan ramadhan yaitu 30 hari berturut-turut dan diakhiri dengan takbiran. Hukum shalat tarawih adalah shalat sunnah muakkad yaitu shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan. Shalat sunnah tarawih bisa dikerjakan sendiri di rumah dan bisa dikerjakan berjamaah, namun pahala shalat tarawih akan jauh lebih besar jika shalat tarawih dikerjakan berjamaah di masjid. Shalat tarawih adalah amalan yang hanya bisa dikerjakan di bulan suci ramadhan maka dari itu manfaatkan kesempatan untuk beribadah secara bersungguh-sungguh di bulan ramadhan karena bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, siang dan malam di bulan ramadhan penuh berkah dan ampunan. Selain itu shalat tarawih tidak bisa dikerjakan selain di bulan ramadhan maka dari itu apabila tidak mengerjakan shalat tarawih di bulan ramadhan tidak bisa menggantinya di bulan lain.

bacaan shalat taraweh

Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Tarawih bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya

Bulan suci ramadhan selain diwajibkan bagi kita umat muslim untuk berpuasa maka banyak amalan di bulan ramadhan yang apabila dikerjakan mendapatkan pahala yang berlipat ganda termasuk mengerjakan amalan shalat tarawih, tadarus Al Qur’an dan zakat. Salah satu sahabat Rasulullah SAW pernah berkata “Barangsiapa yang bergembira dengan datang nya bulan ramadhan niscaya Allah mengharamkan jasadnya dari api neraka” [Ustman Bin Hasan Al-Khubawi]. Shalat tarawih adalah salah satu amalan yang banyak memiliki keistimewaan dan keutamaan bila dikerjakan namun jika tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa karena hukum nya sunnah bukan wajib. Berikut ini adalah 3 keutamaan shalat tarawih bila amalan shalat sunnah ini dikerjakan di bulan suci ramadhan.

Keutamaan shalat sunnah tarawih

  1. Keistimewaan shalat tarawih bila dilaksanakan akan diberikan ampunan dosa yang telah lalu / dihapuskan dosa masa lalu.

Diceritakan dari riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759). Pengertian qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih yang benar sebagaimana yang dituturkan oleh An Nawawi. Hadits ini menceritakan bahwa shalat tarawih bisa menghilangkan dosa namun dengan syarat karena iman. Yang dimaksud iman disini adalah melakukan ibadah shalat tarawih karena ingin mentaati perintah Allah SWT dan mencari pahala, bukan karena alasan riya’ atau ber ibadah shalat tarawih karena malu dengan tetangga.

Pengertian “pengampunan dosa” di dalam hadits ini adalah bisa mencakup dosa besar maupun dosa kecil jika ditafsirkan menurut tekstual hadits, sebagaimana ditegaskan oleh Ibnul Mundzir. Namun An Nawawi mengatakan bahwa yang dimaksudkan pengampunan dosa di sini adalah khusus untuk dosa kecil.

  1. Keutamaan shalat tarawih bila dikerjakan secara berjamaah baik di rumah atau di masjid maka pahala nya adalah seperti pahala qiyam shalat semalam penuh.

Diceritakan riwayat dari Abu Dzar, Rasulullah SAW pernah mengumpulkan keluarga dan para sahabatnya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّهُ مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً

Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh.” Hal ini sekaligus merupakan anjuran agar umat muslim mengerjakan shalat tarawih secara berjamaah dan mengikuti imam hingga selesai. Pahala seseorang yang berjalan menuju masjid untuk melaksanakan shalat tarawih adalah dihitung dari langkah nya menuju masjid, semakin jauh rumah dan semakin jauh langkahnya berjalan menuju masjid maka pahala nya jauh lebih besar dibandingkan yang dekat dengan masjid untuk melaksanakan shalat tarawih di bulan suci ramadhan.

  1. Keutamaan shalat tarawih sangat dianjurkan untuk dikerjakan karena shalat tarawih adalah seutama-utamanya shalat.

Ulama-ulama Hanabilah (madzhab Hambali) pernah mengatakan bahwa seutama-utamanya shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan dilakukan secara berjamaah salah satunya adalah shalat tarawih. Karena shalat sunnah berjamaah hampir serupa dengan shalat fardhu. Kemudian shalat yang lebih utama lagi adalah shalat rawatib (shalat yang mengiringi shalat fardhu, sebelum atau sesudahnya). Shalat sunnah yang paling dianjurkan agar dikerjakan secara berjamaah yaitu shalat kusuf (shalat gerhana) kemudian shalat tarawih.

Baca juga : “Keutamaan Amalan Surah Ar Rahman

loading...

Tata Cara Shalat Tarawih

Shalat tarawih biasa dikerjakan 8 rakaat dan 20 rakaat. Shalat tarawih 11 rakaat adalah 8 rakaat ditambah 3 rakaat shalat witir sedangkan shalat tarawih 23 rakaat adalah 20 rakaat ditambah 3 rakaat shalat witir. Tata cara melakukan shalat tarawih 8 rakaat yaitu 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 3 rakaat salat witir. Tata cara melakukan shalat tarawih 20 rakaat yaitu 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 2 rakaat + 3 rakaat salat witir. Shalat tarawih 2 rakaat salam sangat dianjurkan daripada shalat tarawih 4 rakaat salah walau sebenarnya boleh dilakukan. Berdasarkan hadits riwayat Bukhori terkait dengan shalat tarawih dengan urutan empat rakaat, dalilnya adalah ucapan Siti Aisyah tentang jumlah rakaat shalat malam Nabi yang terdiri dari empat rakaat salam. Sedangkan dalil shalat tarawih yaitu shalat dua rakaat sekali salam, merujuk pada sabda Rasulullah SAW, “Shalat malam adalah dua rakaat dua rakaat.” (H.R. Bukhari). Itulah tadi jumlah rakaat shalat tarawih, tata cara shalat tarawih dan dalil shalat tarawih yang digunakan sebagai dasar kita mengerjakan sunnah Nabi yaitu shalat tarawih. Berikut di bawah ini adalah bagaimana urutan mengerjakan shalat tarawih yang benar.

  1. Berwudhu agar suci dari hadis besar dan hadis kecil
  2. Membaca niat shalat tarawih

Bacaan niat shalat tarawih yang dituliskan apabila anda sebagai imam maka yang dibaca kata imaman jika sebagai makmum maka yang dibaca kata makmuman. Shalat tarawih dilakukan dengan jumlah rakaat shalat tarawih paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 36 rakaat. Itulah bagaimana contoh prosedur / tata cara melaksanakan shalat tarawih yang benar. Berikut di bawah ini adalah niat shalat tarawih lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Niat shalat tarawih yang dikerjakan sendiri

bacaan doa niat tarawih sendiri

bacaan doa niat tarawih sendiri

Niat shalat tarawih yang dikerjakan berjamaah

bacaan doa niat tarawih jamaah

bacaan doa niat tarawih jamaah

  1. Gerakan shalat tarawih sama persis seperti ketika shalat wajib 5 waktu / shalat fardhu
  2. Shalat witir 3 rakaat tata cara nya yaitu shalat witir 2 rakaat kemudian ditambah 1 rakaat. Shalat tarawih dan witir biasa dikerjakan berurutan di bulan ramadhan setelah shalat isya lalu shalat tarawih terakhir shalat witir. Semua ketentuan shalat witir beserta bacaan niat, keutamaan, dan doa sesudah shalat witir dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya bisa anda baca [ DISINI ]
  3. Sesudah salam membaca doa sesudah shalat tarawih. Berikut ini bacaan lafadz doa setelah shalat tarawih lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya
bacaan doa tarawih lengkap arab, latin dan terjemahannya

bacaan doa tarawih lengkap arab, latin dan terjemahannya

arti doa tarawih lengkap

arti doa tarawih lengkap

  1. Dianjurkan untuk melakukan tadarus Al-Qur’an / membaca Al Qur’an / Mengaji Al Qur’an selama bulan ramadhan sampai selesai bulan ramdhan setelah melaksanakan shalat tarawih.

Baca juga : “Keutamaan Amalan Surah At Taubah

Demikianlah  tadi pembahasan tentang Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Tarawih bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya, yang dapat anda amalkan setiap hari apalagi saat bulan ramadhan maka pahala yang diberikan Allah kepada seseorang yang melaksanakan shalat witir akan berlipat ganda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mau mampir dan membaca di blog Gudang Misteri. Jangan lupa share ke teman-teman anda agar lebih bermanfaat dan tunggu artikel bermanfaat selanjutnya.

Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Tarawih bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya |