Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Witir bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya

Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Witir bahasa Arab, Latin serta TerjemahannyaShalat witir adalah shalat sunnah yang dilaksanakan di antara shalat fardhu yaitu waktu sesudah shalat isya sampai sebelum waktu shalat subuh dan dapat dilanjutkan dengan amalan wirid dzikir. Shalat witir merupakan shalat sunnah muakkad yaitu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasullullah SAW kepada para sahabat-sahabat dan umat nya karena orang yang mau menjalankan amalan shalat witir banyak mendapatkan hikmah dan keutamaan shalat witir. Shalat sunnah witir banyak dijalankan oleh sebagian besar umat Islam pada waktu bulan suci ramadhan secara berjamaah di masjid setelah shalat tarawih. Jika di hari-hari biasa selain di bulan puasa ramadhan hanya orang yang benar-benar taat dengan sunnah Rasulullah saja yang menjalankan amalan shalat sunnah witir sendiri di rumah setiap hari.

shalat witir

bacaan shalat witir lengkap arab, latin dan terjemahan

Shalat witir adalah shalat sunnah yang jumlah rakaat nya selalu ganjil. Jumlah rakaat shalat witir minimal atau paling sedikit adalah 1 rakaat dan maksimal atau paling banyak adalah 11 rakaat. Dalil yang menunjukkan disunnahkannya shalat witir kepada para umat Rasulullah SAW adalah riwayat hadits Ali bin Abi Thalib Radhiyallahu ‘anhu bahwa menceritakan: Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan amalan shalat witir, kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Wahai ahli Qur’an lakukanlah salat witir, sesungguhnya Allah itu witir (ganjil) dan menyukai sesuatu yang ganjil”. Berdasarkan riwayat hadits yang shahih tersebut maka setiap umat Rasulullah sangat dianjurkan melaksanakan amalan shalat sunnah witir antara waktu sesudah shalat isya sampai sebelum waktu shalat subuh sebanyak-banyaknya agar mendapatkan hikmah, pahala yang berlipat ganda dan keutamaan shalat witir. Keutamaan shalat sunnah witir jika diamalkan secara rutin maka akan mendapatkan 8 manfaat shalat witir berikut ini :

Keutamaan shalat sunnah witir

  1. Shalat witir adalah shalat tambahan yang dianjurkan sebagai cara untuk mendapatkan pahala.
  2. Shalat witir sebagai penyempurna shalat malam dan penutup shalat malam sebelum tidur sampai bangun lagi. Tanpa shalat sunnah witir maka shalat malam tidak akan sempurna / qiyamul lail
  3. Shalat witir adalah shalat sunnah yang paling dicintai oleh Allah karena Allah menyukai sesuatu yang ganjil sebab Allah adalah satu, Shalat witir adalah shalat yang rakaat nya selalu ganjil, bisa shalat witir 1 rakaat, 3 rakaat, 5 rakaat, 7 rakaat, 9 rakaat, dan 11 rakaat.
  4. Shalat witir adalah shalat sunnah yang bernilai lebih dari unta merah, diriwayatkan hadits shahih Abu Dawud bahwa orang yang menjalankan shalat witir sebelum waktu shalat subuh datang atau terbitnya fajar maka nilai shalat witir tersebut lebih daripada unta merah.
  5. Orang yang melaksanakan shalat witir doa-doa nya dikabulkan oleh Allah SWT karena lebih dekat dengan Allah SWT di waktu-waktu doa diijabahi oleh Allah SWT.
  6. Shalat witir yang dilakukan di akhir malam atau 1/3 malam karena disebutkan dalam hadits riwayat Muslim jika seseorang tidak bisa melakukan shalat witir di awal malam dan terbangun di akhir malam, maka yang lebih baik lakukan shalat witir di akhir malam. Shalat witir di akhir malam maka shalat nya disaksikan oleh malaikat. Malaikat di penguhujung malam tentu membawa berkah dan ikut mendoakan kita kepada Allah SWT.
  7. Shalat witir adalah shalat sunnah yang tidak pernah sekalipun ditinggalkan oleh Rasulullah SAW, ketika Rasulullah, beliau akan mengqadha shalat witir yang ditinggalkannya tersebut. 3 Sunnah yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah adalah puasa 3 hari setiap bulan, Shalat Dhuha 2 rakaat, dan Shalat witir sebelum tidur. 3 hal yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah ini diriwayatkan dalam hadits shahih Bukhori.
  8. Orang yang melaksanakan amalan shalat witir akan selalu mendapat petunjuk Allah SWT dalam keadaan sesulit apapun di dunia ini. Allah senantiasa mendengarkan doa orang yang memohon petunjuk agar diberikan solusi pada orang yang rajin melakukan shalat witir. Pada saat shalat witir tambahkan bacaan doa Qunut sebagai doa permohonan agar diberi petunjuk dan keselamatan oleh Allah

Baca juga : “Keutamaan Amalan Sholawat Nariyah

loading...

Tata Cara Shalat Witir

  1. Berwudhu agar suci dari hadis besar dan hadis kecil
  2. Membaca niat shalat witir

Bacaan niat shalat witir yang dituliskan di bawah ini adalah contoh bacaan niat shalat sunnah witir jika anda bertindak sebagai makmum. Apabila anda sebagai imam maka kata makmuman tinggal diganti dengan imaman. Shalat witir dilakukan paling sedikit 1 rakaat dan paling banyak 11 rakaat yang penting harus ganjil. Sebagai contoh apabila anda ingin melakukan shalat witir 11 rakaat maka tata cara shalat sunnah witir nya adalah 2 rakaat salam sampai 5x dan ditambah 1 rakaat salam. Nah contoh lagi apabila anda ingin melakukan shalat witir 3 rakaat maka tata cara shalat witir nya yaitu 2 rakaat salam lalu 1 rakaat salam. Itulah bagaimana contoh prosedur / tata cara melaksanakan shalat witir yang benar. Berikut di bawah ini adalah niat shalat witir lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya.

Niat shalat witir 1 rakaat

niat bacaan doa witir 1 rakaat

niat bacaan doa witir 1 rakaat

Niat shalat witir 2 rakaat

niat bacaan doa witir 2 rakaat

niat bacaan doa witir 2 rakaat

  1. Gerakan shalat sama persis seperti ketika shalat wajib 5 waktu / shalat fardhu
  2. Dianjurkan membaca bacaan doa Qunut sebagai doa permohonan agar selalu diberikan petunjuk dan keselamatan oleh Allah SWT.
  3. Sesudah salam membaca doa sesudah shalat witir. Berikut ini bacaan lafadz doa setelah shalat witir lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya.
bacaan doa setelah shalat witir

bacaan doa setelah shalat witir

 Artinya :

Ya Allah. Sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu iman yang tetap, hamba memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, hamba memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, hamba memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, hamba memohon kepada-Mu amal yang shaleh, hamba memohon kepada-Mu agama yang lurus, hamba memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, hamba memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, hamba memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, hamba memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan hamba memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Ya Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

  1. Dianjurkan untuk sejenak melakukan amalan wirid dzikir.
  2. Selesai, lakukan shalat witir secara rutin setiap hari niscaya seluruh cobaan di dunia akan diberikan jalan keluar oleh Allah SWT.

Baca juga : “Amalan Surah Al Fatihah, Al Waqiah, Al Mulk

Itulah  tadi penjelasan tentang Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Witir bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya, yang dapat anda amalkan setiap hari apalagi saat bulan ramadhan maka pahala yang diberikan Allah kepada seseorang yang melaksanakan shalat witir akan berlipat ganda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mau mampir dan membaca di blog Gudang Misteri. Jangan lupa share agar lebih bermanfaat dan tunggu artikel selanjutnya ya..

Niat, Keutamaan, Tata cara dan Doa Shalat Witir bahasa Arab, Latin serta Terjemahannya |