Doa Qunut shalat subuh, witir, nazilah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya

Doa qunut shalat subuh, witir, nazilah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannyaPengertian doa qunut yaitu kata Qunut  berasal dari kata “Qanata” yang artinya patuh dalam mengabdi (kepada Allah). Lafadz doa qunut diucapkan pada waktu shalat subuh dan shalat witir, bacaan doa Qunut dibaca pada waktu i’tidal atau di waktu berdiri dari sesudah ruku’ pada rakaat terakhir shalat subuh. Membaca doa qunut termasuk dalam sunnah ab’adh yang artinya sunnah yang diperkuat. Bacaan doa qunut adalah lafadz doa yang menjadi sunnah Rasulullah SAW, pernah diriwayatkan dari sahabat Nabi SAW tentang Rasulullah yang berbicara tentang doa qunut. Berikut ini adalah dalil tentang doa qunut atau hadits tentang doa qunut yang menceritakan Rasulullah SAW mengenai bacaan doa qunut.

Doa qunut shalat subuh, witir, nazilah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya

Doa qunut shalat subuh, witir, nazilah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya

Dalil tentang doa qunut

Dari hadits riwayat Muslim, Ahmad, Ibnu Majah dan At Tarmidzi bahwa “Diriwayatkan dari Jabir, bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Shalat yang paling utama adalah berdiri lama (untuk membaca doa qunut).”[HR. Muslim, Ahmad, Ibnu Majah, dan at-Tirmidzi].

Ada 3 jenis bacaan doa qunut yang biasa dikenal di masyarakat yaitu adalah

1.Bacaan doa qunut nazilah

Bacaan doa qunut nazilah dibaca ketika tertimpa atau sedang menghadapi musibah, bencana (ancaman). Membaca lafadz doa qunut dilakukan oleh Rasulullah SAW yang berdoa agar kaum kafir dikutuk karena telah melakukan tindak kejahatan terhadap orang Islam pada zaman dahulu termasuk memohonkan doa pembalasan atas penganiayaan yang dilakukan oleh orang-orang kafir terhadap umat Islam.

Bacaan doa qunut nazilah tidak dilakukan lagi, setelah turun ayat QS. Ali Imran:127-128 yang berbunyi :

surat Ali Imran ayat 127-128

surat Ali Imran ayat 127-128

Artinya :
“(Allah menolong kamu dalam perang Badar dan memberi bala bantuan itu) untuk membinasakan segolongan orang-orang yang kafir, atau untuk menjadikan mereka hina, lalu mereka kembali dengan tiada memperoleh apa-apa. Tak ada sedikitpun campur tanganmu dalam urusan mereka itu atau Allah menerima taubat mereka, atau mengazab mereka karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang zalim.” [QS. Ali Imran: 127-128].

  1. Bacaan doa qunut witir

Para majelis ulama dan ahli hadits masih memperselisihkan dasar hadits yang dijadikan hujjah alasan adanya doa qunut Witir. Sehingga keputusan yang diambil oleh Muktamar Tarjih PP NU dan Muhammadiyah adalah “Tawaqquf”, yakni sebelum benar ada dalil yang shahih maka berdiam diri atau berhenti memberikan komentar dan akan membahas di kesempatan lain.

  1. Bacaan doa qunut subuh

Bacaan doa qunut subuh menurut pandangan Tarjih terhadap doa qunut subuh (Qunut yang hanya dikhususkan untuk sholat subuh) atau memahami Qiyam tidak dibenarkan bahwa membaca doa qunut hanya dilakukan pada sholat subuh. Hasil muktamar tarjih berpendapat jika lafadz doa qunut sebagai bagian daripada shalat, tidak khusus hanya diutamakan pada shalat subuh.

loading...

Baca juga : “Keutamaan Amalan Surah At Taubah

Hukum doa qunut

Hukum membaca doa Qunut yaitu sunnah ab’adh, Arti sunnah ab’adh adalah sunnah yang di perkuat. Maksud dari sunnah ab’adh dalam membaca doa qunut yaitu mendatkan pahala bagi orang yang mengerjakannya dan bagi orang yang lupa dalam membaca bacaan doa qunut ini maka disunnahkan untuk menggantikannya dengan sujud sahwi.

Keutamaan doa qunut

Manfaat amalan bacaan doa qunut sangat banyak sekali keistimewaan dan keutamaan doa qunut.

–  Untuk memohon agar diberikan petunjuk oleh Allah yaitu diberikan petunjuk ilmu yg bermanfaat dan amal sholeh

– Untuk meminta diberikan perlindungan Allah dari segala jenis penyakit baik penyakit lahir maupun batin yang bisa merusak pikiran, hati, raga kita.

– Untuk mensyukuri segala nikmat yg telah Allah anugerahkan kepada kita baik itu harta maupun kesehatan.

Manfaat membaca doa qunut tersebut masih banyak sekali namun amalan doa qunut yang sering dikerjakan seseorang untuk meminta kepada Allah adalah 3 keutamaan doa qunut diatas.

Bacaan doa qunut

Bagi anda yang sedang bingung mencari tentang bacaan doa qunut lengkap dalam bahasa arab, latin dan terjemahannya. Berikut di bawah ini bacaan lafadz doa Qunut lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya

Lafadz doa qunut dalam bahasa arab :

lafadz bacaan doa Qunut

lafadz bacaan doa Qunut

Lafadz doa qunut dalam bahasa latin :

Allaahumahdinii fiiman hadait,

Wa aafinii fiiman aafait,

Watawallani fiimangtawallait,

Wabaariklii fiimaa a toit,

Waqini birahmatika syaramaa qadhait,

Fainnakataqdhi walayuqdha alaik,

Wainnahu layadzillu mawwalait,

Walaya idzuman aadait,

Tabarak tarabannaa wata aalait,

Falakal hamdu alamaa qadhait,

Astagfiruka wa atuubu ilaik,

Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallim.

Arti terjemahan lafadz doa qunut :

 “Ya allah semoga enggkau memberikan petunjuk kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan petunjuk, Dan semoga engkau memberikan keselamatan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan keselamatan, Dan semoga engkau memberikan pertolongan kepadaku dengan orang yang telah engkau berikan pertolongan, Dan semoga engkau memberikan berkah kepadaku dari hay yang telah engkau tetapkan, Dan semoga engkau memeriksa kami dari rahmatmu dari keburukan yang telah engkau tetapkan, Dan sesungguhnya engkaulah yang maha menghukumi dan tidak ada yang bisa menghukummu, Dan sesungguhnya engkau tidak bisa hina, orang yang engkau sayang, Dengan tidak memulyakan orang yang di satru olehmu, Dan maha tinggi Allah maka tetap segala puji bagimu, Oleh hal yang sudah engkau hukum, Aku memohon pengampunan dan taubat kepadamu Dan semoga engkau menambahkan rahmatnya kepada muhammad yang menjadi nabi, Dan semua umat kanjeng nabi muhammad Dan para sahabatnya, Semoga allah menambahkan keberkahan dan keselamatan”

Baca juga : “Keutamaan Amalan Surah Al Mulk

Demikianlah diatas sekilas pembahasan tentang Lafadz bacaan doa qunut shalat subuh lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya, yang dapat anda amalkan saat anda sedang tertimpa musibah atau bencana serta setiap hari pada waktu shalat subuh dan shalat witir maka pahala yang diberikan Allah kepada seseorang yang membaca doa qunut akan berlipat ganda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah mau mampir dan membaca di blog Gudang Misteri. Jangan lupa share ke teman-teman anda agar lebih bermanfaat dan tunggu artikel bermanfaat selanjutnya

Doa Qunut shalat subuh, witir, nazilah lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya |