6 Fakta Misteri Pabrik Gula Gondang Baru di Klaten

Loading...

6 Fakta Misteri Pabrik Gula Gondang Baru di KlatenSejarah pabrik gondang baru klaten sebagai pabrik gula terbesar di pulau Jawa pada masa kolonial Belanda dahulu kini mulai redup berganti dengan berbagai cerita misteri seputar pabrik gula gondang klaten yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di Klaten. Pabrik yang terletak di jalan raya solo-yogyakarta tepatnya di desa Gondang, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten yaitu dekat tugu perbatasan Klaten Yogyakarta ini dulunya bernama pabrik gula gondang winangoen dan sekarang berganti menjadi pabrik gula gondang baru. Pada jaman dahulu pabrik gula gondang ini memproduksi gula dari tanaman tebu yang berasal dari wilayah Klaten sampai daerah Surabaya. Tanaman tebu diangkut menggunakan lori-lori yang ditarik dengan lokomotif dari stasiun surabaya menuju stasiun srowot.

misteri pabrik gula gondang baru klaten

misteri pabrik gula gondang baru klaten

Selain pabrik gula gondang juga terdapat museum gula Jawa Tengah yang merupakan museum gula satu-satunya di Jawa Tengah. Museum gula di pabrik gondang ini menjadi saksi betapa berjayanya dulu pabrik gula gondang, di depan museum tampak kereta api kuno atau lokomotif kuno buatan nederland dan jerman yang dulu digunakan untuk menarik lori. Lokomotif kuno ini menambah kesan angker museum gula pabrik gondang ini, menimbulkan hawa mistis yang membuat bulu kuduk merinding jika berada di museum pada malam hari. Berdasarkan berbagai cerita horor di masyarakat tentang pabrik gula gondang baru di klaten maka tim Gudang Misteri tertarik untuk menguak fakta misteri seputar pabrik gula gondang di klaten untuk memperoleh misteri apa yang sebenarnya terjadi yang berhubungan dengan gangguan gaib, penampakan dan sosok makhluk halus penunggu pabrik gula gondang berikut ini.

Menguak Kisah Misteri Pabrik Gula Gondang Baru di Klaten

  1. Pabrik gula gondang winangoen klaten pada masa kejayaanya adalah pabrik penghasil gula terbesar di pulau Jawa dan sebagai saksi mata sejarah kejayaan gula di Indonesia di mata dunia terutama di wilayah Asia. Pabrik gondang winangoen menjadi pabrik gula penghasil gula terbesar karena ditopang dengan suburnya tanah di wilayah sekitar klaten serta dibangunnya anak cabang dari pabrik gondang winangoen yaitu pabrik gula ceper baru klaten untuk membantu produksi gula dan pabrik karung goni delanggu klaten untuk memproduksi karung gula sendiri.

    gapura pintu masuk pabrik gula gondang winangoen klaten

    gapura pintu masuk pabrik gula gondang winangoen klaten

  2. Pabrik gula gondang baru di Klaten adalah salah satu dari 180 pabrik gula yang masih aktif produksi gula sampai sekarang, yang membedakan bangunan pabrik gula gondang bukan bangunan baru tetapi bekas pabrik gula peninggalan Belanda yang difungsikan kembali pada tahun 1960, dulu pada masa penjajahan Belanda pabrik gula gondang di klaten ini bernama pabrik gula gondang winangoen dan sejak difungsikan kembali pada tahun 1960 maka namanya berubah menjadi pabrik gula gondang baru. Pabrik gula gondang baru dari tahun 1960 sampai saat ini masih aktif memproduksi gula, bahan baku utama yaitu tanaman tebu diperoleh dari pasokan tebu di wilayah sekitar Klaten, Sukoharjo, Boyolali dan Solo.
  3. Pabrik gula gondang baru klaten adalah satu-satunya pabrik gula di Jawa Tengah yang memiliki musem gula sendiri. Museum gula di pabrik gula gondang baru klaten ini dinamai dengan museum gula Jawa Tengah. Museum gula ini dibuka untuk umum dan semua umur, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi museum gula jawa tengah di kawasan pabrik gula gondang di klaten. Untuk tiket masuk musem gula gondang klaten hanya dipungut biaya Rp. 5000 rupiah per orang dan Rp. 10.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Jam buka museum gula gondang yaitu hari senin – jumat buka jam 09.00-15.00 WIB dan hari sabtu buka jam 11.00 -13.00 WIB. Dengan membayar 5 ribu kita akan dipandu oleh pemandu wisata dari pihak museum gula. Pemandu akan menjelaskan seputar sejarah pabrik gula gondang serta melihat-lihat dan mengantar berkeliling area pabrik gula gondang guna menjelaskan bagaimana saja proses produksi gula mulai dari tanaman tebu sampai menjadi gula.

    museum gula pabrik gula gondang baru klaten

    museum gula pabrik gula gondang baru klaten

  4. Pabrik gula gondang baru klaten adalah salah satu bangunan bersejarah di klaten sekaligus tempat angker di klaten. Pabrik gondang baru dikenal angker karena dipercaya banyak dihuni oleh makhluk astral tak kasat mata yang menjadi penunggu pabrik gula gondang. Kejadian mistis yang pernah terjadi berdasarkan dari cerita mistis dari karyawan yang bekerja di pabrik gula gondang ini adalah sering terjadi penampakan sosok pria berseragam Belanda, noni-noni Belanda, sosok manusia dengan anggota tubuh tidak utuh, sosok tinggi besar hitam seperti genderuwo, selain itu kejadian gaib lain yaitu sering terdengar suara-suara mesin dan pekerja di malam hari, mesin penggiling bergerak sendiri, dan masih banyak fenomena gaib yang terjadi di pabrik gula gondang baru klaten.
  5. Pabrik gula gondang winangoen adalah bekas bangunan peninggalan Belanda yang ternyata dulu pernah digunakan sebagai tempat penampungan serta penyekapan aktivis pendukung gerakan PKI 1965 yaitu seperti Gerwani, BTI dan CGMI. Setelah terjadinya peristiwa pembunuhan 7 jenderal di Lubang Buaya atas perintah dari Pangkostrad saat itu Soeharto terhitung sejak oktober 1965 maka seluruh gerakan yang ada kaitannya dengan gerakan G30SPKI maka dibersihkan sampai ke akar-akarnya. Selain disekap para tawanan eks tapol PKI ini disiksa ada yang hidup ada yang mati namun setelah beberapa tahun akhirnya ada yang dibebaskan dan ada yang dihilangkan secara misterius. Maka dari itu kadang terjadi kejadian mistis di pabrik gula gondang winangoen seperti suara orang yang menangis, suara orang minta tolong, suara orang merintih kesakitan dan penampakan hantu yang memiliki wujud bermacam-macam.
  6. Kejadian mistis lain yang melengkapi cerita misteri pabrik gula gondang klaten ini adalah pernah terjadi gangguan makhluk gaib penunggu pabrik gula gondang yaitu tiba-tiba mesin giling tebu menyala sendiri, padahal untuk menggerakkan gir mesin penggiling tebu harus menghidupkan ketel uap dan menunggu beberapa jam terlebih dahulu. Pernah juga terjadi mesin tiba-tiba mogok tidak bisa bergerak padahal dicek oleh teknisi ahli mesin tidak terdapat adanya kerusakan sama sekali. Akibat kejadian-kejadian yang dirasa tidak masuk nalar maka pihak pabrik gula gondang mendatangkan paranormal untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi.

Paranormal yang diundang ternyata setelah melakukan mediasi di tempat mesin penggilingan terlempar dan terhimpit mesin penggiling tebu dan langsung dibawa ke rumah sakit, setelah sadar paranormal tersebut mengatakan bahwa para jin penunggu pabrik gula gondang merasa marah karena sesajen yang diberikan pada saat tradisi cembrengan kurang lengkap. Cembrengan adalah tradisi rutin memberikan sesajen berupa kepala kerbau, kembang setaman serta tebu manten yaitu tebu pria dan tebu wanita setiap akan memasuki masa produksi gula atau masa giling tebu. Tradisi cembrengan atau ngarak tebu manten ini bertujuan agar diberikan keselamatan selama masa giling tebu dan diberikan keberkahan dengan melimpahnya hasil produksi gula wujud rasa syukur kepada Allah Yang Maha Kuasa. Setelah dikonfirmasi ternyata pihak panita cembrengan mengakui memang sesajen yang diberikan kurang yaitu kepala kerbau. Akhirnya setelah diberikan tambahan sesajen kepala kerbau tidak ada lagi  gangguan-gangguan makhluk gaib  penghuni pabrik gula gondang baru klaten.

Baca juga : “Menguak Misteri Pabrik Gula Ceper Baru Klaten

Demikian ulasan yang berhasil dikumpulkan tim gudang misteri dari berbagai sumber mengenai cerita misteri pabrik gula gondang baru klaten yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di klaten dan salah satu bangunan kuno bersejarah peninggalan Belanda di Klaten yang penuh misteri. Apabila ada kesalahan informasi atau kurang lengkap maka dapat anda tambahkan melalui kolom komentar. Terima kasih sudah mampir di blog Gudang Misteri jangan lupa tunggu artikel menarik selanjutnya.

6 Fakta Misteri Pabrik Gula Gondang Baru di Klaten |