7 Fakta Kisah Misteri Pabrik Karung Goni Delanggu

Loading...

7 Fakta Kisah Misteri Pabrik Karung Goni DelangguBangunan kuno bersejarah peninggalan penjajahan selalu saja menyimpan sejuta kisah misteri yang membuat penasaran untuk ditelusuri serta dibuktikan bahwa semua cerita mistis di tempat ini tidak hanya sekedar mitos masyarakat. Salah satunya adalah pabrik yang terkenal angker di Klaten yaitu pabrik karung goni di delanggu, konon pada masa kolonial Belanda tempo dulu pabrik ini memproduksi karung goni. Pabrik karung goni delanggu pada masa itu di klaim sebagai pabrik karung goni terbesar di Asia Tenggara [fakta 1]. Terletak di daerah yang cukup strategis hampir di tengah kota dan pusat keramaian, di daerah Delanggu Klaten serta dekat dengan pasar Delanggu dan jalan raya Jogja – Solo. Dari perempatan lampu merah Delanggu ke barat kurang lebih 10 meter, anda akan menjumpai betapa besarnya pabrik ini. Bisa dibayangkan kejayaannya pada jaman dahulu ketika pabrik ini masih beroperasi, hingga tersebar di seantero negeri bahwa pabrik karung goni delanggu adalah penyangga ekonomi Belanda terbesar pada saat itu [fakta 2].

Kisah Misteri Pabrik Karung Goni Delanggu

Kisah Misteri Pabrik Karung Goni Delanggu

Sedikit sejarah tentang Pabrik Karung Goni Delanggu ini tidak lepas dari peran para penjajah Belanda di Indonesia. Pabrik karung goni delanggu klaten didirikan oleh Belanda pada masa penjajahan di Indonesia pada tahun 1917. Awalnya pabrik ini tidak ditujukan untuk membuat karung goni, tetapi sebagai penghasil gula tebu, karena apada zaman dahulu di wilayah Delanggu dan sekitarnya memiliki lahan penghasil tebu yang cukup luas. Produksi yang melimpah ternyata tidak diimbangi dengan daya konsumsi masyarakat pada masa dulu, sehingga pabrik ini mengalami kebangkrutan pada tahun 1930. Lalu pada tahun 1933 oleh pemerintah Hindia Belanda, pabrik ini diganti untuk memproduksi karung goni. Lahan yang dulu cukup luas untuk menanam tebu pun diubah sebagai lahan untuk menanam bahan baku utama pembuat karung goni yaitu rossela atau rami [fakta 3]. Pada tahun ini, pabrik pembuat karung goni sedang mengalami masa kejayaanya, dengan banyaknya produksi karung goni sebagai wadah hasil bumi. Tetapi karena Belanda mengalami kekalahan melawan perlawanan rakyat Indonesia, kemudian Jepang mulai menguasai Indonesia pada tahun 1942 [fakta 4].

Kepemilikan pabrik karung goni pun ikut beralih dikuasai oleh Jepang. Oleh Jepang, dibuat kebijakan penanaman padi sebagai komoditas utama, dan karung goni semakin dibutuhkan sehingga produksinya juga semakin tinggi. Fungsi karung goni adalah sebagai wadah hasil panen padi unuk kemudian dikirimkan ke barak-barak tentara Jepang untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Setelah mengalami masa kejayaannya, Jepang akhirnya dipukul mundur dari Indonesia, karena Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaanya. Sepeninggal penjajahan Jepang, pabrik karung goni delanggu mengalami berbagai gejolak yang akhirnya menimbulkan kebangkrutan. Dari mulai segi ekonomi hingga kurangnya SDM yang bekerja pada pabrik ini, karena pada tahun 1965 saat sedang berlangsung penumpasan anggota PKI, banyak buruh pabrik karung goni delanggu yang dihilangkan karena diduga anggota PKI. Tahun 1990an pabrik ini resmi ditutup dan sudah tidak beroperasi [fakta 5].

Sekilas jika saat ini kita melintasi area Pabrik Karung Goni ini, hal pertama yang akan ditangkap adalah kesan angker dan seram. Bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang identik dengan jendela yang banyak dan kubah pada atas teras, semakin menambah kesan seram pada daerah ini. Pabrik yang memiliki luas tanahnya hampir 200.000 m ini terdapat beberapa bangunan di sekitarnya.  Bangunan pertama yang paling depan adalah rumah dinas yang difungsikan sebagai kantor administrasi, kemudian ada bangunan pabrik itu sendiri yang cukup luas dengan dua cerobong asap besar yang menjulang ke atas, serta beberapa bangunan rumah kecil di sekitar pabrik yang ditujukan untuk tempat tinggal direktur dan para karyawan pabrik. Karena sudah cukup lama pabrik ini sudah tidak lagi beroperasi maka wilayah ini sudah jarang dijamah tangan manusia. Kesan pertama yang akan anda tangkap dari tempat ini adalah tempat mistis, dengan berbagai semak belukar dan ilalang yang tumbuh liar di sekitar pabrik dan beberapa cerita horor dari warga sekitar, semakin membuat tempat ini seperti terasing di tengah keramaian kota [fakta 6].

Bangunan Rumah Kantor Pabrik Karung Goni Delanggu

Bangunan Rumah Kantor Pabrik Karung Goni Delanggu

Dari warga sekitar di dapatkan beberapa kejadian mistis seputar pabrik karung goni delanggu, konon pada tengah malah ada yang mendengar suara derap kaki seperti tentara yang sedang berlatih berbaris dari dalam pabrik ini. Ada juga yang beberapa kali melihat adanya penampakan makhluk halus pada lingkungan sekitar pabrik, dan kadang juga masih terdengar suara mesin seperti ada aktivitas dari dalam pabrik ini. Semakin banyaknya kejadian horor ini membuat Pabrik Karung Goni Delanggu Klaten menjadi salah satu tempat angker peninggalan Belanda yang ada di Klaten. Jika siang hari anda melewati jalan di sekitar pabrik ini, terkesan sunyi dan penuh misteri, apalagi jika anda melewatinya pada malam hari, warga sekitar jarang yang ada di luar rumah, sehingga menambah kesan mencekam pada lingkungan pabrik ini. Akan menjadi berbeda kalau saja Pabrik Karung Goni ini tidak dibiarkan mangkrak begitu saja, karena tempat ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia, yang apabila dilakukan perawatan dan pemeliharaan dengan semestinya, pastinya dapat digunakan sebagai media pembelajaran sejarah lokal oleh pemerintah setempat, dan sekaligus untuk menghilangkan kesan angker pada tempat ini [fakta 7].

Baca juga : “Menguak Kisah Pesugihan Bulus Jimbung Klaten

Bagaimana apakah ulasan artikel diatas? Apakaha sudah menjawab rasa penasaran anda mengenai kisah misteri pabrik karung goni delanggu, ya setidaknya jika masih kurang menjawab rasa penasaran anda namun sedikit dapat memberikan informasi dan gambaran mengenai kisah misteri pabrik karung goni delanggu. Atau jika anda mempunyai pengalaman seputar kejadian gaib atau yang berbau mistis mengenai pabrik karung goni delanggu dapat anda tambahkan di kolom komentar di bawah. Jangan lupa share artikel kisah misteri pabrik karung goni delanggu ini agar lebih bermanfaat, tunggu artikel misteri selanjutnya yang masih akan mengulas tentang tempat angker di Indonesia.

7 Fakta Kisah Misteri Pabrik Karung Goni Delanggu |