11 Arti Firasat & Pertanda Bulu Mata Jatuh menurut Primbon, Ilmiah dan Islam

Loading...

11 Arti firasat dan pertanda bulu mata jatuh menurut primbon, ilmiah dan islamMitos bulu mata jatuh ternyata sampai sekarang masih banyak dipercaya oleh orang memiliki arti, makna dan pertanda akan terjadi sesuatu hal yang ditandai dengan peristiwa bulu mata jatuh. Percaya akan firasat pertanda bulu mata jatuh ini berdasarkan buku primbon jawa yang memang secara detil mengungkapkan segala macam bentuk firasat suatu kejadian, baik itu firasat baik maupun firasat buruk  berdasarkan kejadian bulu mata jatuh. Bulu mata yang merupakan salah satu bagian dari wajah yang secara normal. Fungsi bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari segala macam debu atau kotoran serta menghalau air yang mengalir dari dahi masuk ke mata. Selain itu bulu mata pada wanita memiliki tambahan dapat membuat keindahan mata sehingga terlihat lebih lentik. Tak jarang sebagian wanita yang ingin tampil cantik sampai rela melentikkan bulu matanya atau memakai bulu mata palsu agar matanya terlihat lebih indah.

11 Arti Firasat & Pertanda Bulu Mata Jatuh menurut Primbon, Ilmiah dan Islam

11 Arti Firasat & Pertanda Bulu Mata Jatuh menurut Primbon, Ilmiah dan Islam

Mitos bulu mata jatuh pun yang ada di masyarakat ada yang mengatakan bahwa bila bayi baru lahir lalu bulu matanya dipotong sebagian,maka bulu mata yang kemudian akan  tumbuh akan memiliki bentuk yang lentik dan indah.  Sedangkan penjelasan secara ilmiah tentang bulu mata yang jatuh dapat dianggap sebagai kejadian normal, biasanya setiap 3 bulan sekali bulu mata akan mengalami siklus kerontokan rambut kemudian tumbuh lagi bulu mata yang baru (1). Selain karena siklus bulu mata yang berulang, bulu mata yang rontok dapat juga diakibatkan karena tingkat stres tinggi, seperti halnya kerontokan pada rambut kepala, kerontokan pada rambut kepala ini jika dibiarkan saja lama-lama dapat menjadi rambut botak (2).

Penjelasan secara ilmiah penyebab bulu mata jatuh

Wanita yang aktif memakai bulu mata palsu dalam kegiatan anda sehari-hari, maka kemungkinan besar akan mengalami kerontokan bulu mata yang jatuh juga semakin sering, ini dapat diakibatkan karena lem perekat pada bulu mata palsu dapat menyebabkan kerapuhan pada bulu mata yang asli (3). Begitu pula pada penggunaan maskara atau pelentik bulu mata yang banyak beredar di tempat penjualan kosmetik, dapat memicu bulu mata yang jatuh lebih banyak karena bulu mata yang asli mengalami kerapuhan(4). Pola hidup terutama pola makan juga berpengaruh pada kesehatan mata terutama bulu mata, karena bila kita banyak mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau melakukan diet ketat, secara tidak langsung nutrisi yang tersalurkan pada bagian tubuh tidak merata (5).

Pertanda bulu mata jatuh menurut primbon jawa

Setelah beberapa penjelasan diatas mengenai alasan ilmiah penyebab bulu mata jatuh, ada juga mitos bulu mata yang jatuh menurut buku primbon jawa yang kerap diartikan sebagai pertanda asmara terutama mitos yang mengatakan kalau bulu mata yang jatuh pertanda ada seseorang yang sedang merindukan kita (6). Bila ada bulu mata yang jatuh di mata sebelah kanan, dapat diartikan pertanda ada seseorang yang sedang anda sukai akan kembali dipertemukan dengan kita, biasanya bisa dari pasangan kita atau orang yang sedang dekat dengan kita (7). Dan bila bulu mata ada yang jatuh di mata sebelahnya di mata kiri, Pertanda bahwa bila ada seseorang dari anggota keluarga kita yang sedang merindukan kita (8). Selain dua mitos tersebut, ada yang mengatakan kalau bulu mata yang jatuh dari mata sebelah kanan dapat diartikan dengan kebaikan, jadi semisal anda seorang wanita lalu bulu mata sebelah mata kanan jatuh berarti yang merindukan anda bisa seorang pria yang rupawan dan gagah, begitu juga sebaliknya bila anda seorang pria dan ada bulu mata sebelah kanan jatuh, pertanda kalau ada seorang wanita berparas cantik yang sedang merindukan anda (9). Sebaliknya jika ada bulu mata sebelah kiri jatuh, ada mitos yang menganggap sebagai arti / pertanda orang yang mengalaminya akan mendapat keburukan, bisa berupa bentuk kesedihan atau hal yang tidak menyenangkan hati (10).

Firasat bulu mata jatuh menurut Islam

Berdasarkan hukum Islam tentang bulu mata maka mempercayai akan firasat bulu mata jatuh yang masih berkaitan ramalan, klenik dan zodiak adalah hal yang musyrik sehingga secara tidak langsung manusia seakan tidak mempercayai kekuasaan Allah SWT yang menguasai seluruh jagat raya ini. Misalnya saja seperti dalam kasus seperti ini ada kejadian bulu mata jatuh dan percaya akan adanya pertanda atau firasat sebelumnya, bahwa akan terjadi sesuatu kejadian yang baik atau buruk. Yang paling penting sebenarnya kita sebagai individu yang diberikan akal dan pikiran oleh Allah dibanding makhluk lain sehingga dapat membedakan mana yang sifat nya baik dan buruk. Sehingga kesimpulannya adalah Firasat bulu mata jatuh menurut islam adalah hal yang berbau musyrik, karena secara tidak langsung percaya dengan ramalan.

Baca juga : “Menguak Fakta Tanjakan Emen

Mitos unik tentang pertanda bulu mata yang jatuh dan berkaitan dengan masalah asmara yaitu kita dapat mengetahui inisial orang yang sedang merindukan kita dari tanggal kapan bulu mata itu jatuh (11), jadi misal pada tanggal 1 ada bulu mata anda yang jatuh, berdasarkan abjad huruf ke 1 yaitu huruf A, jadi bisa diartikan kalau ada seseorang dengan inisial nama A sedang merindukan anda. Memang menarik bila kita memahami seputar mitos dan fakta tentang bulu mata yang jatuh ini, intinya kembali ke sikap kita masing-masing yang akan menyikapinya. Semoga artikel yang bejudul 11 Arti firasat dan pertanda bulu mata jatuh menurut primbon, ilmiah dan islam  ini dapat membantu untuk menambah pengetahuan anda tentang arti dari bulu mata yang jatuh yang membuat anda penasaran.

11 Arti Firasat & Pertanda Bulu Mata Jatuh menurut Primbon, Ilmiah dan Islam |