16 Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon dan Islam

loading...

16 Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon dan IslamMitos malam jumat kliwon adalah malam yang keramat masih banyak dipercayai oleh sebagian besar orang sejak dari jaman dulu sampai sekarang. Rahasia malam jumat kliwon yang menjadi sebuah misteri seakan menjadi daya tarik sebagian besar orang untuk menguak fakta tentang malam jumat kliwon yang sebenarnya untuk meluruskan segala macam klenik seperti berbagai ritual malam jumat kliwon serta mitos malam jumat kliwon menurut primbon dan pendapat malam jumat kliwon menurut islam. Malam jumat kliwon yang dalam perhitungan tanggal jawa terjadi dalam selapan sekali atau 35 hari sekali konon memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan malam-malam lain. Kemuliaan malam jumat kliwon menurut islam tertulis jelas dalam beberapa hadis sahih sehingga terdapat berbagai amalan malam jumat kliwon yang disunahkan. Namun selain menguak misteri tentang mitos dan fakta malam jumat kliwon menurut pandangan islam, pada kesempatan kali ini akan menguak mitos malam jumat kliwon menurut primbon, adat, kepercayaan dan kebiasaan nenek moyang terdahulu.

Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon dan Islam

Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon dan Islam

Berbicara mengenai asal usul malam jumat kliwon pasti anda penasaran sebenarnya apa itu malam jumat kliwon?. Malam jumat kliwon itu terdiri dari kata jumat dan kliwon, jumat yang berarti hari jumat. Sedangkan kliwon artinya memiliki unsur tanah dan letaknya berada di tengah atau mewakili bumi. jadi kenapa kliwon disebut keramat karena bumi berkuasa penuh, jadi orang yang lahir di hari kliwon memiliki wibawa seperti penguasa karena seolah-olah merasa bumi adalah miliknya atau seolah-olah merasa energi seluruh bumi sudah menyatu di dalam dirinya. Itu hanya arti kliwon menurut orang jawa kuno yang masih beranggapan bahwa kliwon itu keramat. Sebenarnya malam jumat kliwon sama saja dengan malam jumat lainnya. Apalagi pandangan malam jumat kliwon menurut islam yang memiliki banyak kemuliaan malam jumat kliwon sehingga bagus untuk mengerjakan amalan malam jumat kliwon agar mendapatkan pahala dari sunah malam jumat yang dikerjakan. Untuk mengupas tuntas seputar malam jumat kliwon berikut di bawah ini sudah dirangkumkan untuk menguak mitos dan fakta tentang malam jumat kliwon menurut primbon, adat jawa dan kepercayaan orang jaman dahulu yang perlu anda ketahui.

Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon, Adat  Jawa dan Kepercayaan Nenek Moyang

  1. Bersemedi atau bertapa di kuburan saat malam jumat kliwon untuk ngalap berkah

Melakukan ritual ngalap berkah di kuburan keramat atau petilasan yang dikeramatkan pada malam jumat kliwon untuk tujuan khusus seperti agar naik jabatan, agar cepat kaya, agar keinginannya terkabul, agar sakti dan masih banyak lagi saat malam jumat kliwon masih banyak dilakukan sampai sekarang oleh sebagian masyarakat jawa terutama di kuburan cikal bakal, petilasan keramat, makam para leluhur.

  1. Orang yang meninggal tepat saat malam jumat kliwon harus dijaga selama 40 hari

Masyarakat jawa masih percaya bahwa orang yang meninggal bertepatan saat malam jumat kliwon atau selasa kliwon maka setelah dimakamkan maka makam atau kuburan nya harus dijaga selama 40 hari agar jasad nya tidak dicuri oleh orang yang sedang mengamalkan ilmu hitam sebagai salah satu syarat mendapatkan ilmu hitam secara sempurna. Banyak kejadian di Indonesia orang mencuri jasad sebagai syarat mendapatkan ilmu kebal, ilmu menghilang, dan tumbal pesugihan. Maka dari itu sebaiknya apabila ada orang yang meninggal malam jumat kliwon selama 40 hari makam nya harus dijaga agar jasad nya tidak dicuri.

  1. Saat malam jumat kliwon banyak orang yang menjalani ritual pesugihan mencari korban sebagai tumbal pesugihan

Para pencari pesugihan kekayaan yang sudah mengadakan perjanjian dengan jin maka harus menyediakan tumbal pesugihan agar tetap diberikan kekayaan. Biasanya para pemilik pesugihan memberikan sesajen berupa kembang setaman atau bunga yang nanti ditaruh di tempat-tempat umum yang ramai, misal di perempatan jalan dan pasar. Maka tak jarang banyak kecelakaan terjadi akibat ulah gangguan jin pemilik pesugihan yang sedang mencari tumbal pesugihan sebagai syarat agar tetap diberikan kekayaan.

  1. Malam jumat kliwon adalah malam yang dibuat seram dan banyak acara misteri di televisi

Adanya mitos seram pada malam jumat kliwon membuat anak-anak dan orang dewasa seolah didoktrin tentang mitos malam jumat kliwon. Malam jumat kliwon oleh sebagian orang sebagai malam yang seram dan mistis. Cerita turun temurun dari zaman nenek moyang hingga masyarakat saat ini. Dan ditambah lagi acara di televisi yang menambah pemikiran masyarakat bahwa malam jumat kliwon adalah malam yang seram. Akhir-akhir ini tayangan sinetron maupun drama di televisi banyak bermunculan dengan tema misteri marak di televisi saat malam jumat kliwon.

  1. Malam jumat kliwon yang bertepatan dengan malam satu suro mitosnya banyak makhluk gaib yang bergentayangan

Apabila malam satu suro kebetulan bertepatan dengan malam jumat kliwon maka dipercaya semua mahkluk gaib atau makhluk astral keluar dari sarangnya untuk mencari tumbal dan mengganggu manusia. Maka dari itu suasana malam 1 suro yang bertepatan dengan malam jumat kliwon membuat bulu kuduk berdiri, bikin merinding, suasana hening dan mencekam.

  1. Malam jumat kliwon disunahkan melakukan amalan membaca surat Al Kahfi

Amalan membaca surat Al Kahfi yang dikerjakan saat malam jumat kliwon termasuk ke dalam amalan sunnah di malam jumat. Dalam islam amalan yang disunnahkan pada hari Jumat bagi umat muslim, bisa dikerjakan saat malam Jumat. Berikut ini hadis shahih yang meriwayatkan untuk membaca surat Al Kahfi di malam jumat “Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga Baitul Atiq” (HR. Al-Hakim, Al-Baihaqi dan Ad-Darimi)

  1. Adat makan nasi Qodiran saat malam jumat kliwon

Adat yang dilakukan di Keraton Kanoman Cirebon dari jaman dulu sampai saat ini yaitu tradisi makan nasi qodiran pada malam jumat kliwon. Tradisi nasi qodiran saat malam jumat kliwon ini jauh dari nuansa menyeramkan dan aroma mistis. Nasi Qodiran adalah salah satu makanan khas di keraton Kanoman yang selalu disajikan setiap 1 bulan sekali yaitu tepat pada malam Jumat Kliwon. Pemilihan malam jumat kliwon menurut narasumber karena malam jumat kliwon adalah hari yang paling baik dibandingkan hari baik.

  1. Malam jumat kliwon konon hari yang dipilih untuk mengirimkan santet, teluh dan tenung

Para dukun dan ahli santet percaya bahwa malam jumat kliwon adalah hari yang tepat untuk mengirimkan santet kepada orang yang dituju. Maka dari itu banyak film misteri yang dibuat meniru kebiasaan para dukun ini salah satunya yaitu yang paling terkenal adalam film malam jumat kliwon yang diperankan oleh aktor wanita yaitu Suzanna. Alur ceritanya saat malam jumat kliwon suzanna mendapatkan kiriman santet sehingga meninggal dengan tak wajar dan akhirnya menjadi hantu. Penampakan hantu saat malam jumat kliwon juga sering terjadi di kehidupan nyata.

  1. Terbebas dari ancaman siksa kubur ketika meninggal di malam jumat kliwon

Bagi umat muslim yang tidak percaya dengan hal yang berbau klenik, tahayul maka malam jumat kliwon adalah hari yang baik. Kaum muslim mempercayai bahwa orang yang meninggal pada malam jumat kliwon atau malam jumat lainnya adalah pertanda bahwa orang tersebut adalah orang baik yang akan terbebas dari ancaman siksa kubur yang pedih.

 

Malam Jumat Kliwon menurut Pandangan Islam

  1. Malam jumat kliwon adalah hari dikabulkannya doa

Hari Jumat memiliki kerahasiaan utama yaitu hari dimana hari itu mempunyai waktu-waktu dikabulkannya doa,para umat muslim yang berduyun duyun melakukan shalat dan memohon pertolongan kepada Allah, maka permintaannya pasti akan dikabulkan. Malam jumat kliwon terdapat waktu mustajab yaitu waktu yang baik untuk memohon pertolongan kepada Allah, apabila terdapat seorang hamba muslim yang sedang menunaikan shalat dan berdoa memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, maka Allah akan mengabulkan permintaannya.

  1. Hari jumat adalah hari dimana orang yang wafat dibebaskan dari fitnah

Rasulullah bersabda : “Setiap muslim yang meninggal pada siang hari jumat atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. Umat muslim mempercayai jika ada orang yang meninggal pada hari jumat, maka orang tersebut akan terbebas dari siksa kubur dan niscya akan diampuni segala dosa-dosanya serta masuk ke dalam surga.

  1. Hari jumat adalah hari dimana Allah akan menampakkan diri

Diriwayatkan dalam sebuah salah satu ayat Al Qur’an bahwa pada hari jumat Allah menampakkan diri kepada hamba-hamba Nya yang beriman di Surga nanti. Dalam kitab Al Qur’an terdapat ayat yang berbunyi “Allah menampakkan diri kepada mereka setiap hari jumat.” (QS.50:35) dan dari Anas bim Malik mengomentari ayat mengatakan “Dan kami memiliki pertambahannya.”

  1. Hari jumat adalah hari yang penuh dengan keberkahan

Setiap hari Jumat tiba, kaum muslimin berkumpul bersama-sama di masjid untuk menunaikan shalat jumat secara berjamaan dengan mendengarkan 2 khutbah Jumat sebelumnya. Khutbah jumat ini berisikan pengarahan, pengajaran, dan nasihat bagi kaum muslimin yang memiliki manfaat agama dan dunia serta untuk lingkungan sekitarnya. Bagi keluarga, orangtua, teman, dan sahabat. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah bahwa hari jumat memiliki 33 keutamaan, sedangkan Imam as-Suyuthi menyebutkan ada 1001 keistimewaan pada hari jumat.

  1. Hari jumat adalah hari raya pembeda antara umat Islam, Yahudi dan Nasrani

Hari jumat adalah hari yang istimewa bagi umat muslim. Selain itu, hari jumat diberikan Nabi untuk membedakan hari raya umat Islam dengan  orang Yahudi maupun orang Nasrani. Menurut umat muslim, Allah telah memalingkan orang-orang sebelum kita termasuk orang kafir untuk menjadikan hari jumat sebagai hari raya mereka. Allah kemudian membimbing umat muslim untuk menjadikan hari jumat sebagai hari raya umat muslim. Hari jumat dijadikan oleh Allah sebagai hari raya secara berurutan yaitu, jumat, sabtu, dan minggu atau yang disebut umat muslim hari ahad.

  1. Mandi wajib sebelum shalat jumat niscaya dihapuskannya segala dosa-dosa diantara dua jumat

Diriwayatkan oleh hadis shahih bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang mandi pada hari jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi dinatara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua jumat”. (HR. Bukhari)

  1. Malam jumat kliwon adalah hari untuk mengerjakan amalan mulia

Untuk seluruh kaum muslimin yang berada diseluruh dunia untuk menuaikan ibadah shalat. Untuk mengucapkan syukur kepada Allah dan memanjatkan doa-doa serta merayakan hari raya umat muslim sepekan. Hari jumat juga dipercayai hari dimana dikabulkannya doa-doa umat muslim yang datang bersujud kepada Allah sambil memanjatkan doanya kepada Allah. Selain itu bagi umat muslim, hari jumat adalah hari yang paling mulia yang diberikan oleh Allah bagi umatnya untuk beribadah.

Amalan dan doa pada malam jumat juga memiliki banyak manfaat antara lain :

– Memperbanyak membaca tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan shalawat untuk Nabi Muhammad SAW di malam jumat.

– Membaca bacaan istighfar di malam jumat.

– Memperbanyak mendoakan saudara saudaranya yang beriman sebagaimana yang dilakukan oleh Fatimah Az-Zahra’ (sa).

– Membaca doa-doa wirid dan dzikir saat malam jumat.

Mengerjakan  amalan dan doa pada hari jumat antara lain :

– Mandi sunnah saat malam jumat, waktunya dari terbit fajar hingga matahari terbenam dan yang paling utama menjelang matahari terbenam.

Ziarah ke kuburan pada malam jumat khususnya ke makam kedua orang tua. Karena Imam Muhammad Al-Baqir (SA) berkata: “Ziarahlah kalian ke kuburan pada hari jumat, karena mereka mengetahui orang yang datang kepada mereka dan mereka bahagia.”

Jadi jangan terburu-buru membuat kesimpulan bahwa malam malam jumat kliwon itu adalah malam keluarnya setan, jin, tuyul, lampor, banaspati, genderuwo, kuntilanak, pocong, dan sebagainya. Sebenarnya mitos malam jumat kliwon ini hanya dibuat-buat oleh orang tua pada jaman dahulu digunakan untuk menakut-nakuti anak-anak kecil agar tidak bermain di luar rumah pada malam hari. Fakta yang benar adalah hari jumat merupakan hari yang penuh dengan kemuliaan dan keberkahan bagi umat muslim. Banyak sekali hadis-hadis shahih yang menjelaskan keutamaan hari jumat dibandingkan dengan hari-hari yang lainnya. Selain itu melakukan sedekah di hari jumat pahalanya juga lebih besar jika dibandingkan sedekah di hari lainnya.

Baca juga : “Asal Usul Jenglot Menurut Primbon dan Islam

Demikian penjelasan ulasan yang sangat lengkap mengenai fakta dan mitos malam jumat kliwon menurut primbon dan mitos malam jumat menurut islam. Bagi anda yang tidak percaya dengan hal-hal yang berbau mistis, magis, klenik dan tahayul mungkin dengan membaca artikel ini bisa sedikit mengerti tentang malam jumat kliwon yang dikenal sebagai malam yang keramat. Jangan lupa share ke teman anda dan jangan lupa nantikan artikel misteri selanjutnya yang akan menguak berbagai kisah misteri.

16 Fakta dan Mitos Malam Jumat Kliwon menurut Primbon dan Islam |