8 Fakta Misteri Asal Usul Jenglot

loading...

8 Fakta Misteri Asal Usul JenglotAsal usul jenglot dari jaman dahulu sampai sekarang masih menjadi perdebatan di kalangan para pencari fakta misteri. Ada beberapa teori yang menyebutkan asal usul jenglot menurut pandangan supranatural dan ada juga teori asal usul jenglot menurut Islam, memang di dunia nyata jenglot memiliki wujud sehingga menjadi perbincangan tentang darimana asal usul jenglot sebenarnya. Sebelum mengupas tuntas seputar asal usul jenglot mungkin bagi sebagian orang masih awam atau belum mengerti apa itu jenglot. Jenglot adalah sosok berkepala manusia berbadan ular yang memiliki ukuran tubuh kecil seperti boneka. Jenglot memiliki gigi atau taring panjang dan rambut seperti manusia. Bahkan gigi atau taring serta rambut jenglot dapat tumbuh seperti manusia. Ada yang menyebut bahwa jenglot adalah makhluk gaib yang hidup dan harus diberi makan darah segar maka dari itu ada yang menyebut jenglot sebagai makhluk gaib penghisap darah.

Fakta Misteri Asal Usul Jenglot

Fakta Misteri Asal Usul Jenglot

Misteri penemuan jenglot di berbagai tempat seakan menjadi bukti bahwa jenglot bukan hanya terdapat di suatu tempat saja tetapi bisa dimana saja di tempat yang dianggap sebagai tempat angker, tempat keramat atau tempat mencari pesugihan. Wujud jenglot yang hampir menyerupai putri duyung sering membuat orang yang menemukan jenglot mengira itu adalah jelmaan putri duyung. Sekilas wujud jenglot memang hampir sama dengan putri duyung bedanya hanya jenglot memiliki gigi taring sedangkan putri duyung tidak. Selain itu wujud jenglot identik dengan pria tua dengan rambut panjang sedangkan putri duyung lebih ke sosok wanita. Untuk lebih detail penjelasan mengenai sosok makhluk gaib jenglot secara lengkap berikut di bawah ini sudah tim gudang misteri rangkumkan mengenai berbagai teori asal usul jenglot yang merupakan makhluk gaib penghisap darah.

  1. Jenglot berasal dari manusia yang ditolak bumi

Teori asal usul jenglot yang pertama yaitu makhluk jenglot dulunya adalah seorang manusia sakti yang ketika meninggal jasadnya tidak diterima bumi. Kalau istilah lainnya ditolak bumi sehingga berubah menjadi sosok jenglot.

  1. Jenglot berasal dari jelmaan ular siluman

Teori asal usul jenglot yang kedua merupakan jelmaan ular siluman. Sosok makhluk gaib seperti siluman ular yang menjadi penunggu suatu tempat angker kadang untuk menampakkan diri kepada manusia dapat menjelma menjadi seekor jenglot. Maka dari itu apabila menemukan jenglot di suatu tempat sebaiknya dikembalikan ke tempat asal mula jenglot ditemukan karena jika tidak dikembalikan ke tempat semula maka sosok jenglot akan mengganggu orang tersebut.

  1. Jenglot berasal dari makhluk purbakala karena DNA jenglot sama dengan manusia

Teori asal usul jenglot yang ketiga yaitu berasal dari manusia purbakala pada jaman dahulu kala yang menjadi fosil. Berdasarkan penelitian dari para arkeolog yang meneliti jenglot diperoleh data yang mencengangkan. Setelah diteliti ternyata DNA jenglot sama dengan DNA manusia, uniknya lagi pada jenglot tidak hidup namun gigi dan rambut nya terus tumbuh seperti manusia hidup yang bernyawa.

  1. Jenglot berasal dari petir yang menyambar

Teori asal usul jenglot yang keempat ada yang mengatakan jenglot berasal dari sambaran petir yang menyambar tanah. Hal ini dikemukakan karena pada saat kejadian petir menyambar ke tanah pasti meninggalkan bagian seperti gigi taring pada jenglot sehingga banyak yang menyebut jenglot timbul gara-gara sambaran petir.

  1. Jenglot berasal dari hasil mencari pesugihan dengan Nyi Blorong

Teori asal usul jenglot yang kelima yaitu ada yang mengatakan bahwa mencari pesugihan Nyi Blorong adalah salah satu cara mendapatkan sosok jenglot. Orang yang bersekutu dengan syetan  untuk mencari kekayaan atau pesugihan dengan jalan laku musyrik menyekutukan Allah dengan cara menyembah pada Nyi Blorong. Nyi Blorong adalah makhluk gaib wujudnya sosok wanita cantik berkepala manusia namun berbadan ular seperti jenglot. Nyi Blorong terkenal sebagai makhluk gaib yang memiliki kekuasaan sebagai penguasa sebagai tempat mencari pesugihan.

  1. Jenglot berasal dari salah satu benda pusaka gaib yang ditinggalkan oleh pemiliknya karena pemiliknya atau tuan nya sudah meninggal.

Teori asal usul jenglot yang keenam yaitu jenglot merupakan pusaka gaib atau benda gaib yang ditinggalkan oleh pemiliknya karena meninggal sehingga tidak ada si tuan nya atau si empu nya sehingga tidak ada yang merawat. Akibatnya benda pusaka tersebut mencari tumbal sendiri dan berubah menjadi sosok jenglot.

  1. Jenglot berasal dari jelmaan pertapa yang melakukan semedi selama beratus – ratus tahun

Teori asal usul jenglot yang ketujuh yaitu jenglot merupakan jelmaan dari pertapa yang semedi selama beratus-ratus tahun lamanya untuk mendapatkan petunjuk dari Allah SWT sehingga muksa atau lenyap hilang tanpa diketahui asal usulnya dan menjelma menjadi sosok jenglot. Jenglot biasa ditemukan di bawah pohon besar, di bawah batu besar, di tengah hutan, dan bisa dimana saja di tempat yang memiliki aura magis.

  1. Jenglot berasal dari jin yang terperangkap di dalam sebuah boneka

Teori asal usul jenglot yang kedelapan yaitu jika dilihat menurut pandangan islam, sosok jenglot sebenarnya adalah sebangsa golongan jin. Jika di masyarakat jawa setiap sosok makhluk gaib memiliki nama masing-masing, termasuk jenglot yang sebenarnya adalah jin. Maka dari itu pada jaman dahulu ketika jaman syiar oleh walisongo jika ada jin yang usil yang menganggu manusia maka para walisongo yang memang diberikan kekuatan tersendiri oleh Allah akan menangkap jin-jin penganggu manusia tersebut lalu dimasukkan ke dalam boneka atau patung yang berbentuk manusia berbadan ular. Setelah sekian lama akhirnya jin-jin yang terperangkap ke dalam boneka tersebut menjadi sosok jenglot. Jenglot yang terperangkap dalam boneka atau patung harus diberikan darah sebagai makanan jenglot.

Itulah tadi 8 teori asal usul jenglot yang dikumpulkan dari berbagai sumber, mungkin untuk tambahan mengenai asal usul jenglot jika dilihat dari segi sudut pandang berbeda maka akan menghasilkan pendapat yang berbeda. Ada 3 pandangan mengenai asal usul jenglot yaitu menurut pandangan ilmiah, pandangan islam, dan pandangan supranatural. Jenglot menurut pandangan ilmiah berdasarkan teori asal usul diatas adalah asal usul jenglot yang no 4, selanjutnya jenglot menurut pandangan supranatural berdasarkan teori asal usul diatas no 2, 5, 6, terakhir jenglot menurut pandangan islam berdasarkan teori diatas adalah asal usul jenglot no 8. Tetapi kembali lagi kepada diri kita masing-masing mau menggunakan sudut pandang yang mana.

Baca juga : “Arti Tahi Lalat di Seluruh Tubuh Berdasarkan Letaknya

Sekian ulasan pada kesempatan kali ini yang mengupas tuntas mengenai salah satu sosok makhluk gaib yaitu teori asal usul jenglot. Jangan lupa share agar lebih bermanfaat, nantikan artikel selanjutnya yang lebih menarik seputar misteri. Bila ada komentar atau kritik maupun saran silahkan tinggalkan di kolom komentar bawah ini.

8 Fakta Misteri Asal Usul Jenglot |