11 Fakta Hotel Inna Garuda Yogyakarta Angker

Loading...

11 Fakta Hotel Inna Garuda Yogyakarta Angker – Banyaknya ulasan tentang hotel paling angker di Indonesia membuat tim Gudang Misteri tertarik untuk menguak fakta misteri tentang salah satu hotel angker di Yogyakarta yaitu Hotel Inna Garuda [Fakta 1]. Beberapa media online pernah memuat cerita misteri bahwa hotel inna garuda yogyakarta angker dan horor. Kisah mistis hotel inna garuda ini terjadi karena konon bangunan hotel inna garuda yang terletak di jalan Malioboro Yogyakarta ini merupakan bangunan tua peninggalan jaman penjajahan Belanda yang memiliki sejarah  kemerdekaan. Walaupun banyak mitos yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa hotel grand inna malioboro angker namun cerita sejarah hotel grand inna garuda di malioboro Yogyakarta ini lebih banyak membuat para pengunjung merasa penasaran [Fakta 2].

Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta Angker

Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta Angker

Sejarah hotel inna garuda secara singkat pada jaman dahulu hotel Inna Garuda Jogja sebelum namanya seperti sekarang ini ternyata hotel grand Inna Garuda sempat berganti nama sebanyak 6 kali [Fakta 3]. Hotel grand inna garuda pertama kali didirikan pada jaman kolonial Hindia Belanda sebagai kantor pemerintahan Hindia Belanda di wilayah provinsi Yogyakarta pada tahun 1908 dan selesai pembangunan pada tahun 1911 dengan nama “Grand Hotel De Djokja”. Pada tahun 1938 Grand Hotel De Djokja mengalami renovasi dengan pelebaran penambahan bangunan sayap kanan dan kiri dan sampai sekarang bangunan ini masih asli dan dipertahankan [Fakta 4]. Pada tahun 1942 saat pasukan tentara sekutu berhasil dipukul mundur oleh tentara jepang dan merebut kekuasaan belanda yang merupakan anggota Blok Sekutu termasuk kekuasaan Belanda di Indonesia. Pada tahun 1942 – 1945 Grand Hotel De Djokja secara otomatis jatuh ke tangan jepang dan berganti nama menjadi Hotel Asahi. Pada saat dikuasai penjajah jepang hotel Asahi digunakan sebagai tempat menerima tamu-tamu penting [Fakta 5]. Tidak lama dikuasai jepang akhirnya setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan nya pada Agustus 1945 hotel Asahi berhasil direbut oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia dan berganti nama menjadi Hotel Merdeka [Fakta 6]. Pada tahun 1946 Hotel Merdeka digunakan sebagai kantor Markas Besar Oemoem Tentara Keamanan Rakyat Panglima Besar Jenderal Soedirman yaitu di kamar hotel no 911 dan no 912 hotel grand inna yogyakarta yang sampai sekarang masih dijaga keaslianya sebagai bukti sejarah bahwa kamar 911 dan 912 hotel grand inna malioboro yogyakarta adalah hotel bersejarah di Indonesia [Fakta 7].

Pada tahun1975 Hotel Merdeka diambil alih oleh pihak swasta dan diganti nama menjadi Hotel Natour Garuda. Pada tahun 1982 Hotel Natour Garuda mengalami renovasi besar-besaran yaitu dari hotel bintang 1 menjadi hotel bintang 4 di Yogyakarta. Renovasi hotel tidak menghilangkan bangunan hotel utama, bangunan hotel ditambah menjadi bangunan hotel 6 lantai. Pada tahun 1993 pemilik saham utama Hotel Natour Garuda yaitu PT. Natour bergabung dengan PT. Hotel Indonesia Internasional menjadi PT. HII-Natour dan  pada tahun 2002 PT. HII-Natour berubah nama menjadi PT. Hotel Indoesia Natour dan semenjak itu pula Hotel Natour Garuda akhirnya berganti nama menjadi Hotel Inna Garuda sampai sekarang. Itulah tadi sekilas sejarah tentang hotel grand inna mailoboro yogyakarta yang terkenal sebagai salah satu hotel berhantu di yogyakarta [Fakta 8].

Kisah lain yang menarik untuk diulas selain sejarah hotel grand inna garuda yaitu mengenai adalah cerita misteri hotel inna garuda yogyakarta ini. Beberapa kejadian mistis diungkapkan oleh beberapa pengunjung hotel yang pernah menginap di hotel bintang 4 di jogja tersebut. Kisah horor pertama pernah dialami oleh salah seorang pengunjung  hotel yang menginap di salah satu kamar yang memiliki sejarah di hotel inna garuda yaitu kamar hotel grand inna garuda no 911 dan 912, konon pengunjung yang menginap saat malam hari mengalami kejadian mistis yaitu tiba-tiba kursi di kamar hotel yang berpindah sendiri dan terdengar suara mesin ketik yang sedang mengetik di tengah malam [Fakta 8]. Kedua pernah ada bule atau wisatawan dari luar negeri yang menginap di kamar hotel inna garuda no 911 dan anehnya terjadi kejadian mistis di tengah malam tiba-tiba pintu kamar diketuk berkali-kali namun setelah dilihat tidak ada siapa-siapa sampai 3 kali [Fakta 9]. Kejadian mistis di hotel grand inna yogyakarta ini juga pernah dialami oleh salah seorang pejabat yang kebetulan sedang menginap di hotel inna garuda karena ada tugas negara di Yogyakarta, kejadian mistis tersebut terjadi ketika pejabat tersebut sedang  beristirahat di kamar no 911 hotel inna garuda, tiba-tiba terdengar orang sedang mandi di kamar mandi hotel padahal tidak ada siapa-siapa di kamar tersebut [Fakta 10].

Kamar no 911 Hotel Grand Inna Garuda Malioboro Yogyakarta

Kamar no 911 Hotel Grand Inna Garuda Malioboro Yogyakarta

Berbagai kejadian gaib yang pernah terjadi di hotel inna garuda malioboro yogyakarta ini ternyata tidak membuat hotel dengan kelas bintang 4 di jogja ini sepi pengunjung, justru berbagai kisah mistis di hotel grand inna garuda yogyakarta ini membuat setiap orang penasaran dan ingin membuktikan sendiri apakah benar hotel inna garuda yogyakarta angker [Fakta 11]. Lokasi hotel inna garuda yang terletak di pusat jantung kota Yogyakarta membuat pengunjung tidak sulit untuk menemukan keberadaan hotel inna garuda yang sangat strategis. Hotel inna garuda tepatnya terletak di Jalan Malioboro No. 60 Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi hotel ini berada di pojok tempat pertemuan antara Jalan Maliobor dan Jalan Abu Bakar Ali. Bagi anda yang ingin memesan kamar hotel di grand inna garuda juga bisa dengan telepon no menghubungi no telp hotel inna garuda yogyakarta yaitu (0274) 566353.

Baca juga : “Menguak Fakta Misteri Pulung Gantung di Gunungkidul

Itulah tadi sedikit ulasan tentang fakta bahwa hotel inna garuda angker memang benar adanya jika dilihat dari berbagai sumber. Namun jangan takut bagi anda yang penasaran akan kejadian mistis yang sering terjadi di kamar 911 hotel inna garuda yogyakarta ada keuntungan lain yaitu secara tidak langsung anda telah mengunjungi bangunan bersejarah di yogyakarta. Di luar hal mistis yang sering terjadi di hotel inna garuda ada fasilitas di hotel inna garuda yang sangat menarik untuk ditawarkan yaitu suasana hotel jaman dahulu. Untuk biaya sekali menginap di hotel grand inna yogyakarta dapat digolongkan sebagai hotel bintang 4 dengan tarif murah di yogyakarta. Tarif menginap semalam di hotel inna garuda yogyakarta berkisar antara 500 rb – 800rb. Nah bagi anda yang penasaran dan ingin membuktikan gangguan makhluk gaib di hotel inna garuda yogyakarta bisa menginap disana. Jangan lupa share dan tunggu artikel misteri selanjutnya di blog Gudang Misteri.

11 Fakta Hotel Inna Garuda Yogyakarta Angker |