25 Firasat / Pertanda Hewan Pembawa Sial

Loading...

25 Firasat / Pertanda Hewan Pembawa Sial – Mitos di masyarakat bahwa ada hewan pembawa hoki atau hewan pembawa keberuntungan membuat tim Gudang Misteri tertarik untuk membuat ulasan kebalikannya yaitu tentang firasat / pertanda hewan pembawa sial atau hewan pembawa apes. Masyarakat Indonesia memang sebagian besar penduduk nya masih mempercayai mitos-mitos yang diajarkan oleh para sesepuh dan nenek moyang mereka pada jaman dahulu. Salah satu mitos yang sampai sekarang masih dipercaya oleh sebagian besar orang jawa adalah tentang mitos hewan pembawa sial. Beberapa kejadian-kejadian yang dikaitkan dengan hewan pembawa sial karena setiap kesialan yang datang pasti didahului dengan firasat / pertanda sebuah kejadian yang diawali adanya hewan pembawa sial oleh karena itu setiap firasat / pertanda sial dan apes yang dialami seseorang sampai sekarang dikait-kaitkan dan diaggap sebagai hewan pembawa musibah.

25 Hewan Pembawa Sial

25 Hewan Pembawa Sial

Contoh hewan pembawa musibah berdasarkan mitos yang beredar di masyarakat ada banyak sekali. Bahkan setiap daerah memiliki mitos tersendiri terhadap hewan yang dikategorikan sebagai hewan pembawa sial. Kesialan yang dialami bisa dalam berbagai macam kejadian namun pada intinya adalah sebuah firasat / pertanda mendapatkan musibah. Banyaknya hewan pembawa musibah yang perlu diketahui tersebut sudah tim Gudang Misteri rangkum menjadi kumpulan ulasan lengkap hewan pembawa sial  berikut di bawah ini.

25 Firasat / Pertanda Hewan Pembawa Sial

  1. Mitos menabrak kucing di jalan

Menabrak kucing menurut mitos jaman dahulu pertanda akan mendapatkan sebuah kesialan atau apes apalagi kalau kucing yang ditabrak sampai mati maka akan mendapatkan musibah. Seringnya kesialan akibat menabrak kuciing ini maka dari itu kucing dianggap sebagai hewan pembawa sial.

  1. Mitos menginjak kodok / katak secara tidak sengaja

Menginjak kodok atau katak secara tidak sengaja dimanapun menurut mitos adalah pertanda akan datang sebuah kesialan yang akan menimpa seseorang yang menginjak kodok, bentuk kesialan atau apes yang menimpa bisa dalam bentuk apa saja, bahkan ada mitos menginjak kodok maka besok pasangan nya akan berwajah jelek atau buruk rupa  maka dari itu kodok juga dikategorikan sebagai hewan pembawa sial.

  1. Mitos kemasukan ular di dalam rumah

Ular masuk ke rumah adalah hal sangat tidak wajar maka dari itu apabila ada ular masuk rumah pasti ada firasat / pertanda buruk karena dalam Islam ular adalah simbol hewan jelmaan setan. Maka dari itu mitos kemasukan ular di dalam rumah banyak yang mempercayai akan pertanda datangnya kesialan atau musibah kepada sang penghuni rumah maka dari itu ular juga termasuk hewan pembawa musibah.

  1. Mitos kunang-kunang tiba-tiba masuk rumah malam hari

Kunang-kunang biasa hidup di sawah namun apabila ada kunang-kunang masuk rumah saat malam hari itu bukanlah hal yang wajar. Menurut mitos bila ada kunang-kunang masuk rumah di malam hari maka pertanda akan ada tamu tak diundang yang akan datang ke rumah yang berniat jahat bisa maling, perampok atau orang yang ingin mengirim santet. Maka dari itu kunang-kunang dianggap sebagai hewan pembawa sial.

  1. Mitos kejatuhan cicak

Kejatuhan cicak memang adalah hal yang bisa saja terjadi namun kejatuhan cicak di saat yang tidak biasa adalah sebuah hal yang ganjil menurut mitos di masyarakat kejatuhan cicak di kepala atau di badan adalah pertanda buruk yaitu akan ada salah satu anggota keluarga yang akan meninggal dunia. Maka dari itu cicak digolongkan sebagai hewan pembawa sial.

  1. Mitos kejatuhan kotoran burung di jalan

Kejatuhan kotoran burung saat di jalan itu adalah hal yang jarang terjadi namun bisa saja terjadi. Menurut mitos kejatuhan kotoran burung di jalan pertanda / firasat akan ada kesialan yang terjadi bisa saja akan ada keluarga yang sakit dan bisa saja akan kehilangan barang.

  1. Mitos kucing berantem saat tengah malam hari

Kucing berantem atau berkelahi di malam hari menurut orang jaman dahulu pertanda membawa musibah berupa wabah penyakit maka dari itu apabila ada kucing berantem di malam hari segera diusir dari rumah. Orang jawa menyebut kucing berantem adalah ‘gandhikan’ . Maka dari itu kucing gandhikan termasuk dalam hewan pembawa sial.

  1. Mitos lipan / kelabang di bawah kasur

Apabila ada seekor lipan atau kelabang di bawah kasur menurut orang jaman dahulu firasat / pertanda akan tertimpa sebuah kesialan biasanya berupa penyakit yang akan menimpa salah satu penghuni rumah. Maka dari itu lipan / kelabang adalah hewan pembawa sial.

  1. Mitos kalajengking di lemari

Kalajengking di lemari menurut mitos jaman dahulu adalah firasat atau pertanda bahwa akan ada orang yang berniat jahat mengirim santet, teluh, guna-guna, dan ilmu hitam. Maka dari itu kalajengking tergolong sebagai hewan pembawa sial.

  1. Mitos menyembelih sapi

Menyembelih sapi adalah sebuah larangan bagi penduduk yang beragama budha karena sapi adalah hewan suci bagi yang beragama budha maka dari itu apabila nekat menyembelih sapi dipercaya akan datang kesialan atau apes.

  1. Mitos membunuh gajah

Gajah bagi penduduk Thailand adalah hewan suci yang tidak boleh dibunuh, bahkan gajah merupakan simbol negara Thailand. Maka dari itu apabila ada yang berani membunuh gajah maka akan mendapat musibah. Di Thailand menyakiti gajah saja dapat mendapatkan kesialan.

  1. Mitos segerombol burung blekok terbang berpindah tempat

Burung blekok terbang bermigrasi berpindah tempat menurut orang jaman dahulu adalah pertanda akan datangnya sebuah musibah di suatu daerah misal terjadi wabah penyakit, kelaparan atau kekeringan. Oleh karena itu burung blekok dianggap sebagai burung pembawa sial.

  1. Mitos burung hantu hinggap di atas rumah

Burung hantu yang hinggap diatas rumah pertanda membawa pesan buruk bisa saja ada keluarga yang yang tertimpa musibah berupa sakit atau ada orang yang meninggal dunia. Maka dari itu apabila ada burung hantu yang hinggap di atas rumah maka segera diusir. Burung hantu adalah salah satu hewan pembawa sial menurut para sesepuh.

  1. Mitos burung gowak atau burung wiwik hinggap di atas rumah

Burung gowak atau wiwik yang berbunyi khas menurut orang jawa memiliki firasat / pertanda bahwa ada orang yang akan meninggal dunia di rumah tersebut dalam waktu dekat. Sama seperti burung hantu jika ada burung wiwik yang hinggap di atas rumah maka segera diusir agar cepat pergi. Burung gowak atau wiwik juga merupakan burung pembawa sial.

  1. Mitos burung gagak hitam terbang diatas rumah

Burung gagak htam yang sangat langka menurut orang jawa memiliki firasat / pertanda bahwa ada orang yang akan meninggal dunia di rumah tersebut dalam waktu dekat. Sama seperti burung gowak jika ada burung gagak hitam yang terbang berputar-putar di atas rumah maka segera diusir agar cepat pergi. Burung gagak hitam merupakan burung pembawa sial.

16.Mitos anjing hitam menggongong di malam hari

Suara anjing menggonggong di tengah malam menurut mitos nenek moyang suara gonggongan anjing di tengah malam hari pertanda akan ada orang yang berniat jahat yang akan menimpa salah seorang warga di suatu desa atau kampung dalam waktu dekat. Maka dari itu apabila ada suara anjing menggonggong di tengah malam hari maka warga buru-buru membunyikan kentongan.

  1. Mitos suara lolongan serigala di tengah malam

Suara lolongan serigala sangat kental dengan nuansa mistis, menurut nenek moyang suara lolongan serigala di tengah malam hari pertanda akan ada sebuah bencana yang akan melanda sebuah desa atau kampung dalam waktu dekat. Maka dari itu apabila ada suara lolongan serigala di malam hari maka warga buru-buru menabuh kentongan.

  1. Mitos suara ayam berkokok di tengah malam

Suara kokok ayam di tengah malam menurut mitos di masyarakat pertanda akan ada salah seorang warga di kampung yang anak gadis nya hamil di luar nikah. Maka dari itu suara kokok ayam di malam hari termasuk sebagai sebuah kesialan.

  1. Mitos onggo-inggi di sungai

Onggo-inggi adalah hewan kecil seperti laba-laba yang biasa hidup di kali atau sungai, mitos nya bagi siapa saja yang berenang di kali namun digigit onggo inggi maka pertanda akan ada salah satu keluarganya yang akan tertimpa musibah. Maka dari itu onggo-inggi adalah hewan pembawa sial.

  1. Mitos suara tokek berbunyi di malam hari

Tokek yang berbunyi di malam hari memiliki pertanda tersendiri apalagi jika bunyi tokek berjumlah ganjil maka dipercaya bunyi tokek tersebut adalah pertanda akan adanya makhluk halus yang berniat jahat. Maka dari itu tokek juga termasuk hewan pembawa sial.

  1. Mitos membunuh ular simbah

Ular simbah atau ular kali adalah ular yang percaya sebagai ular penunggu kali maka dari itu orang jaman dahulu pantang membunuh ular simbah karena dipercaya dapat mendatangkan kesialan pada orang yang membunuh ular simbah tersebut.

  1. Mitos makan telur ayam yang masih dalam bentuk embrio di dalam perut saat hamil

Menurut orang tua jaman dahulu makam telur ayam yang masih di dalam perut atau orang jawa menyebutnya “uritan” ketika sedang hamil dapat mendatangkan musibah, mitos nya bayi yang akan dilahirkan bisa keguguran atau cacat.

  1. Mitos membunuh kera

Kera di kawasan wisata grojogan sewu tawangmangu adalah kera keramat yang tidak ada warga sekitar yang berani menyakitinya. Maka dari itu kera di grojogan sewu tergolong kera pembawa sial karena apabila ada yang berani sampai membunuhnya pertanda akan mendapat kesialan menurut mitos penduduk sekitar

  1. Mitos makan belut saat hamil

Makan belut ketika sedang hamil menurut mitos nenek moyang maka anak yang akan dilahirkan akan banyak tingkah, diibaratkan tingkah nya seperti belut yang sangat hiperaktif. Maka dari itu belut disebut hewan pembawa sial.

  1. Mitos menyakiti kerbau bule

Kerbau bule atau kebo bule yang dimiliki keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat yang bernama Kebo Kyai Slamet tersebut adalah kerbau keramat. Maka dari itu menurut mitos apabila ada yang berani menyakiti kebo kyai slamet maka akan mendapatkan kesialan atau apes. Maka dari itu kerbau kyai slamet termasuk hewan keramat yang dapat membawa petaka jika disakiti.

Baca juga : “Menguak Misteri Hotel Inna Garuda Malioboro Yogyakarta

Demikian diatas adalah rangkuman lengkap tentang kumpulan hewan yang dipercaya sebagai hewan pembawa sial berdasarkan mitos di masyarakat. Semoga tambahan wawasan tentang mitos hewan pembawa musibah diatas dapat menambah informasi anda tentang mitos nenek moyang jaman dahulu yang semakin hari semakin terlupakan. Ulasan artikel tentang hewan pembawa sial ini semata hanya memberikan informasi dan tidak bertujuan mengajak anda mempercayai terhadap hal-hal yang dipercaya sebagai mitos dan syirik. Terima kasih sudah mampir di Gudang Misteri jangan lupa tunggu artikel menarik selanjutnya..

25 Firasat / Pertanda Hewan Pembawa Sial |