43 Macam Adat Tradisi Jawa dan Hidangan Khasnya Wajib Kamu Ketahui

Loading...

43 Macam Adat Tradisi Jawa dan Hidangan Khasnya Wajib Kamu Ketahui – Mayoritas penduduk Jawa seperti di jawa tengah, jawa barat dan jawa timur masih sangat kental dan menjunjung tinggi berbagai adat istiadat serta tradisi peninggalan nenek moyang yang sudah dilestarikan oleh leluhur nenek moyang jaman dahulu turun temurun hingga sekarang. Ciri khas tradisi Jawa adalah setiap tradisi adat Jawa memiliki makna khusus yang tersirat sehingga tradisi adat Jawa tidak boleh dijadikan bahan bercanda karena merupakan tradisi khusus yang sakral dan hikmat. Walaupun kadang ada beberapa pihak tertentu yang mengatakan bahwa menjalankan tradisi leluhur nenek moyang merupakan hal yang musyrik dan kafir tetapi sebenarnya tinggal bagaimana niat kita sendiri. Sebagai salah salah satu contoh tradisi adat jawa yang selalu ada misalnya acara kondangan, acara kenduri, acara 7 harian orang meninggal, acara 40 harian, acaran 100 harian sampai acara  1000 harian orang meninggal. Dan uniknya tradisi adat istiadat jawa walaupun berbeda – beda tempat namun setiap tempat entah itu desa atau kampung memiliki kebiasaan dan tradisi yang berbeda mulai dari uborampe atau segala piranti yang perlu disiapkan untuk acara tradisi, sebutan upacara tradisi adat dan pelaksanaan ritual tradisi.

43 Macam Adat Tradisi Jawa dan Hidangan Khasnya Wajib Kamu Ketahui

43 Macam Adat Tradisi Jawa dan Hidangan Khasnya Wajib Kamu Ketahui

Orang Jawa kaya sekali akan tradisi dan budaya jawa. Jika dilihat dari adat Jawa mulai dari manusia berada dalam kandungan sampai manusia meninggal semua diiringi dengan sebuah tradisi. Para leluhur nenek moyang jaman dahulu termasuk para walisongo yang merupakan waliyulloh penyebar agama Islam di tanah Jawa memanfaatkan keragaman tradisi di jawa ini sebagai cara menyebarkan syiar agama islam menggunakan tradisi dan budaya jawa misalnya lewat seni pentas wayang kulit, seni karawitan, gamelan dan akulturasi budaya. Setiap acara adat, ritual dan upacara adat orang Jawa pada jaman dahulu selalu menyajikan berbagai hidangan makanan yang beragam, tujuannya adalah agar orang-orang tertarik mau datang untuk menyaksikan. Karena pada prinsipnya  adat jawa adalah “mangan ra mangan ngumpul” atau makan tidak makan asal kumpul. Nah dengan cara inilah kemudian walisongo memanfaatkan kebiasaan tersebut untuk melakukan syiar dakwah menyebarkan agama islam. Dalam setiap tradisi jawa para walisongo selalu menyarankan membuat makanan yang beragam untuk disajikan agar orang-orang mau datang dan kemudian disisipkan dakwah untuk menyebarkan agama islam. Makanan yang disajikan dalam sebuah tradisi jawa tersebut memiliki penyebutan yang berbeda-beda misalnya ada Kondangan, Kenduri, Bancakan, Wewehan, Terteran, Punjungan, Tumpengan dan Gandulan. Untuk lebih lengkapnya berikut di bawah ini beberapa contoh adat tradisi jawa beserta hidangan khas nya secara lengkap.

43 Macam Adat Tradisi Jawa beserta Hidangan Khasnya yang perlu Kamu Ketahui

  1. Acara 7 bulanan orang hamil atau tradisi tingkepan atau tradisi mitoni

Tradisi mitoni adalah tradisi orang jawa saat seorang anak gadis yang sudah menikah sedang hamil memasuki bulan ke 7. Uborampe atau perangkat yang dipersiapkan pada saat tradisi prosesi mitoni atau tingkepan yaitu membuat jadah lanang dan jadah wedok, mandi air kembang yang dilakukan oleh kedua orang tua dan sanak saudara, memakai jarik sebanyak 7 kali, membelah kelapa, membuat sego kondangan atau sego kenduri dengan isi kenduri sego gurih, bandeng goreng, pisang raja, dan jajan pasar yang isinya pala kependem misalnya mbili kentang dan pala gumantung serta iwak kali seperti sepat, yuyu, udang, welut, keong.

  1. Acara lahiran bayi atau tradisi brokohan

Tradisi brokohan adalah membuat kondangan atau kenduri di saat bayi lahir ke dunia setelah plasenta atau ari-ari bayi sudah dikubur. Isi kenduri atau berkat biasanya nasi, bakmi, sambel goreng, kerupuk udang, dan jajan pasar seperti kacang, salak, apel, pisang dan rambutan.

  1. Tradisi sepasaran bayi

Tradisi sepasaran bayi adalah sama yaitu membuat kondangan atau kenduri tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi sepasaran bayi digelar ketika bayi berumur 7 hari.

  1. Tradisi puputan bayi

Tradisi puputan bayi biasanya diadakan bancakan sebagai sedekah bentuk rasa syukur untuk membuang segala macam malapetaka. Tradisi puputan digelar ketika daging pada udel bayi sudah puput atau sudah lepas dengan sendirinya. Sebaiknya jika anak laki-laki maka tanggal puput bayi atau hari pasaran puput diingat-ingat sebagai hari apes anak sewaktu akan sunat kelak.

  1. Tradisi selapanan bayi

Tradisi selapanan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi selapanan bayi digelar ketika bayi berumur 35 hari. Setelah dibuatkan nasi bancakan anak dipasangi gelang 1 warna yang menandakan sudah berumur 1 bulan. Nasi bancakan biasanya terdiri dari nasi gurih, kacang panjang, bayam, telur rebus, pisang, timun dan kemangi.

  1. Tradisi telung lapanan bayi atau 3 bulan

Tradisi telung lapanan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi selapanan bayi digelar ketika bayi berumur 105 hari. Setelah dibuatkan nasi bancakan anak dipasangi gelang 3 warna yang menandakan sudah berumur 3 bulan. Nasi bancakan biasanya terdiri dari nasi gurih, kacang panjang, bayam, telur rebus, pisang, timun dan kemangi.

  1. Tradisi 5 lapanan bayi atau 5 bulan

Tradisi 5 lapanan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi 5 lapanan bayi digelar ketika bayi berumur 165 hari dihitung sejak lahir.

8.Tradisi 7 lapanan bayi atau 7 bulan

Tradisi 7 lapanan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi  7 lapanan bayi digelar ketika bayi berumur 245 hari dihitung sejak lahir.

  1. Tradisi 9 lapanan bayi atau 9 bulan

Tradisi 9 lapanan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi  9 lapanan bayi digelar ketika bayi berumur 315 hari dihitung sejak lahir.

  1. Tradisi setahunan bayi atau 1 tahun

Tradisi setahunan bayi adalah sama yaitu membuat berkat atau bancakan tapi bagi yang tidak mampu boleh hanya membuat sego bancakan atau nasi bancakan. Tradisi  setahunan bayi digelar ketika bayi berumur 365 hari dihitung sejak lahir. Pada saat setahunan bayi bancakan ditambai dengan dibuatkan jenang putih dan jenang grendul.

  1. Tradisi sur tanah atau ngidak lemah atau mudun lemah atau tedhak siti
Tradisi tedhak siti mudun lemah

Tradisi tedhak siti mudun lemah

Tradisi sur tanah atau ngidak lemah digelar ketika anak sudah mulai belajar berjalan menginjakkan kakinya di tanah maka dari itu dinamakan sur tanah atau ngidak lemah. Pada saat tradisi sur tanah pada bayi biasanya dibuatkan nasi kuning dengan irisan telur dan tempe kering. Selain itu biasanya kaki anak dicambuk menggunakan belut agar cepat berjalan dengan lancar.

  1. Tradisi nyapih bayi atau sapih bayi

Tradisi nyapih bayi adalah tradisi orang jawa yang tidak memerlukan obat misal suntik sapih. Apabila sudah berhasil disapih maka bayi harus segera digundul dan dibuatkan kenduri sebagai bentuk rasa syukur.

  1. Tradisi gundul kepala bayi

Tradisi gundul bayi dilakukan jika bayi sudah berumur selapan atau 35 hari. Tradisi gundul bayi biasanya dilakukan oleh dukun bayi dan setelah digundul dibuatkan bancakan.

  1. Tradisi tethakan atau sunat pada laki-laki

Anak-anak yang sudah baligh diwajibkan untuk sunat atau tethakan. Jika ingin cepat sembuh maka saat hendak memasuki rumah setelah berhasil disunat sebaiknya minta digendong ibu kandung dari pintu masuk rumah sampai menuju kamar.

  1. Tradisi tetesan atau sunat pada perempuan

Anak-anak yang sudah baligh diwajibkan untuk sunat atau tethakan. Jika ingin cepat sembuh maka saat hendak memasuki rumah setelah berhasil disunat sebaiknya minta digendong ibu kandung dari pintu masuk rumah sampai menuju kamar.

  1. Tradisi ngidung pengantin wanita

Tradisi ngidung pengantin wanita adalah mendengarkan kidung pesan yang disampaikan oleh mubaligh atau sesepuh pada malam menjelang resepsi.

  1. Tradisi midodareni pengantin wanita

Tradisi midodareni pengantin wanita adalah tradisi lepas masa lajang dan mendengarkan  pesan yang disampaikan oleh kedua orang tua malam menjelang resepsi.

  1. Tradisi ruwatan

Tradisi ruwatan biasanya dilakukan pada orang yang gila, orang yang kena santet, orang yang diganggu mahluk halus. Hidangan yang disajikan sewaktu melakukan ruwatan adalah berbagai sesajen, kopi hitam dan rokok.

  1. Tradisi selamatan rumah atau selametan sebelum membangun rumah

Tradisi selamatan biasanya dilakukan ketika akan mendirikan rumah baru, bertujuan agar tidak diganggu oleh makhluk halus dan diberikan kelancaran. Hidangan khas selamatan adalah ingkung ayam, pisang raja, dan kondangan

  1. Tradisi slup-slupan atau tradisi sebelum menempati rumah baru

Tradisi slup-slupan adalah tradisi yang dilakukan orang jawa ketika akan menempati rumah baru.

  1. Tradisi lek-lekan rumah atau tradisi begadang semalam suntuk di rumah baru

Tradisi lek-lekan adalah tradisi tidak tidur semalam suntuk atau begadang di hari pertama kali menempati rumah baru.

  1. Tradisi syukuran

Tradisi syukuran ini merupakan tradisi yang bisa dilakukan kapan saja, karena tradisi ini adalah sebagai wujud tanda rasa syukur kepada sang maha kuasa.

  1. Tradisi guwakan jajan pasar

Tradisi guwakan jajan pasar adalah tradisi membagi-bagikan jajanan pasar yang terdiri dari nasi bancakan, buah, pisang, salak, kacang dan apel yang ditaruh atau disebar di perempatan, sawah, kali, dan belakang rumah.

  1. Tradisi petik panen

Tradisi petik panen digelar ketika musim panen raya datang sehingga sebagai rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rejeki Nya maka orang jawa setelah panen raya mengadakan tradisi petik panen dengan menyembelih ayam dibuat ingkung dan jajanan pasar lalu dibawa ke sawah untuk dimakan bersama-sama.

  1. Tradisi gunungan

Tradisi gunungan adalah tradisi keraton di jawa sebagai wujud rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah. Gunungan terdiri dari berbagai macam hasil bumi seperti sayur dan buah.

  1. Tradisi ngapem

Tradisi ngapem adalah tradisi membuat apem sebelum memasuki bulan ramadhan. Apem adalah perlambang dari Auffum yang artinya adalah ampunan sehingga ketika memasuki bulan ramadhan setiap orang diharapkan bersih suci lahir dan batin.

  1. Tradisi bakdo ngupat

Tradisi bakdo ngupat adalah tradisi membuat kupat dan legondo seminggu setelah hari raya lebaran. Hidangan khas bakdo kupat adalah sambel goreng kupat dan legondo.

  1. Tradisi ruwahan

Tradisi ruwahan adalah tradisi orang jawa menyambut bulan ruwah sebelum bulan ramadhan dengan nyekar ke makam atau ziarah ke makam leluhur untuk mendoakan dan memintakan ampun di bulan syawal.

  1. Tradisi muludan atau tradisi menyambut maulid nabi

Tradisi muludan adalah tradisi menyambut hari kelahiran baginda nabi Muhammad SAW. Biasanya orang jawa membuat kenduri di hari maulud.

  1. Tradisi ngolak atau tradisi membuat kolak

Tradisi ngolak dilakukan saat sudah memasuki hari 20 bulan puasa. Hidangan khas nya adalah kolak yang berisi pisang kepok, kolang-kaling, serutan kelapa dan tape.

  1. Acara lelayu atau tradisi pemakaman adat jawa

Tradisi pemakaman orang jawa sangat beragam tradisinya sesuai dengan daerah masing-masing. Pada umumnya uborampe atau piranti yang dibawa untuk dimasukkan ke liang kubur adalah gelu (gundukan tanah berbentuk bulat) berjumlah 4, daun senthe, anakan pohon pisang, kayu waru, bambu, dan air degan. Untuk uborampe pemakaman berbeda-beda setiap daerah.

  1. Acara 3 harian orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara 7 harian orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara 40 harian orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara 100 harian orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara pendak pisan orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara pendak pindho orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum

  1. Acara 1000 harian orang meninggal

Biasanya diadakan acara tahlilan untuk membacakan surat yasin kepada almarhum dan makam dikasih kijing dari yang semula tanah.

  1. Acara haul orang meninggal

Acara haul diadakan setiap tahun untuk memperingati seseorang yang sudah meninggal lebih dari 1000 hari.

  1. Tradisi adol dawet di pernikahan anak terakhir atau tradisi jualan dawet

Tradisi adol dawet adalah tradisi jualan dawet yang dilakukan oleh ibu pengantin dan yang beli menggunakan uang kreweng atau pecahan genteng.

  1. Tradisi bakdan atau tradisi hari raya

Tradisi bakdan biasanya pada malam hari pada saat malam takbiran sudah masak-masak untuk membuat kenduri atau kondangan buat esok hari setelah sholat subuh.

  1. Tradisi maleman

Tradisi maleman adalah tradisi ketikan malam takbiran saat menjelang hari raya idul fitri dan hari raya idul adha.

  1. Tradisi tirakatan

Tradisi tirakatan adalah tradisi orang jawa yang diadakan di saat malam menjelang hari kemerdekaan. Malam tirakatan diadakan bertujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Biasanya hidangan khas malam tirakatan adalah sego golong dan  nasi ingkung.

Baca juga : “ 63 Hantu yang ada Di Semua Daerah di indonesia

Nah itulah penjelasan lengkap tentang macam-macam adat tradisi jawa dan hidangan khas nya yang perlu kamu ketahui. Semoga keanekaragaman adat istiadat, tradisi dan budaya jawa ini dapat dilestarikan oleh para generasi penerus jaman sekarang sehingga semua kearifan lokal peninggalan leluhur nenek moyang kita tetap terjaga dan tidak punah. Sekian ulasan pada kesempatan kali ini apabila ada yang kurang dan salah tentang isi ulasan diatas silahkan kirim kritik dan saran melalui kolom komentar di bawah. Sebelumnnya terima kasih sudah mampir di blog gudang misteri, jangan lupa share dan ikuti terus update artikel terbaru kami..

43 Macam Adat Tradisi Jawa dan Hidangan Khasnya Wajib Kamu Ketahui |