63 Nama Hantu Seram di Seluruh Daerah Indonesia

Loading...

63 Nama Hantu Seram di Seluruh Daerah Indonesia – Di  Indonesia selain memilki beragam suku, adat dan budaya ternyata nusantara Indonesia juga memiliki beragam kisah misteri tentang hantu yang menyeramkan. Kisah misteri tersebut adalah Indonesia memilki kisah tentang berbagai sosok hantu di masing-masing daerah. Mulai dari penyebutan nama hantu di Indonesia sampai jenis hantu di Indonesia ternyata memiliki perbedaan yang tidak dimiliki oleh negara lainnya. Menurut penelitian tim Gudang Misteri dari seluruh negara di dunia ternyata negara Indonesia adalah negara yang paling banyak memiliki jenis hantu di dunia. Nama hantu serta wujud hantu di Indonesia sangatlah beragam terdiri dari bermacam-macam bentuk serta rupa. Nama-nama hantu di Indonesia disesuaikan dengan bahasa masing-masing daerah, misal saja hantu dari Jawa penyebutannya memakai bahasa jawa. Berbeda dengan luar negeri penyebutan nama hantu disamakan jadi tidak ada yang membedakan secara spesifik.

63 Nama Hantu Seram di Indonesia

63 Nama Hantu Seram di Indonesia

Jaman dahulu di jaman nenek moyang sudah ada berbagai nama hantu di Indonesia. Untuk menjaga kearifan lokal termasuk mengenal nama-nama hantu seram di Indonesia sepertinya kurang menarik bagi generasi anak muda sekarang. Agar tidak hilang ditelan jaman maka blog Gudang Misteri membuat rangkuman tentang daftar nama hantu di seluruh daerah Indonesia pada kesempatan kali ini untuk memberikan wawasan anak mudah jaman sekarang yang mungkin menganggap sebagai hal yang tidak penting. Hantu di Indonesia jumlahnya puluhan berbeda dengan negara-negara di eropa yang hanya memiliki beberapa hantu saja misalnya di China hanya ada vampir dan di Eropa hanya ada zombie. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya sajikan berbagai kumpulan nama hantu di Indonesia yang perlu kamu ketahui, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini..

Daftar Nama – Nama Hantu Di Seluruh Indonesia

  1. Buto Ijo – Jawa

Buto ijo adalah hantu buto ijo memiliki postur raksasa dan hidup di gunung. Setiap bulan purnama buto ijo turun gunung untuk mencari tumbal gadis perawan atau bayi yang baru lahir.

  1. Lampor – Jawa

Lampor adalah sejenis hantu yang berwujud api yang dapat terbang. Lampor seringkali menampakkan diri di pohon asem.

  1. Mbah Kesot – Jawa

Mbah kesot adalah hantu yang identik dengan cara berjalannya ngesot atau diseret. Mbah kesot sangat ditakuti oleh anak-anak kecil yang masih main di luar rumah saat malam hari

  1. Ilat Boyo – Jawa

Ilat boyo adalah hantu yang berwujud lidah buaya yang bisa terbang dan sering menampakkan diri pada orang yang sedang berjalan sendirian di jalan yang terdapat pohon duwet.

  1. Jaran Tokrek – Jawa

Jaran tokrek adalah hantu yang berwujud suara kuda yang sering berjalan sendiri di tengah malam tanpa ada yang menunggangi dan biasanya jaran tokrek ini menarik sebuah kereta kencana berjalan mengelilingi sebuah desa. Jaran tokrek juga dianggap membawa pertanda akan terjadinya sesuatu.

  1. Gundul Pringis – Jawa

Gundul pringis adalah hantu menyeramkan yang sangat populer di kalangan anak kecil. Wujud hantu gundul pringis adalah kepala manusia, biasanya anak kecil mengira buah kelapa jatuh di malam hari ternyata setelah diambil adalah kepala manusia yang tertawa.

  1. Dayang-dayang – Jawa

Dayang-dayang adalah hantu wanita cantik yang sering membuat orang yang melihat menjadi terbawa ke alam gaib sehingga tak jarang hantu dayang-dayang ini menjerumuskan manusia akibatnya bisa stress dan gila.

  1. Bulus jimbung – Jawa

Bulus jimbung adalah kura-kura penunggu sendang jimbung, konon bulus jimbung adalah jelmaan dari kyai poleng yang merupakan penunggu sendang bulus jimbung. Bulus jimbung adalah tempat mencari pesugihan kekayaan yang jika gagal akan mengakibatkan kulit tubuh menjadi belang.

  1. Bajangkrek – Jawa

Bajangkrek adalah hantu yang memiliki wujud seperti anak kecil namun memiliki kepala yang sangat besar. Bajangkrek biasanya senang menampakkan diri di pojokan rumah atau di pojokan kebun.

  1. Suster Ngesot – Nusantara

Suster ngesot adalah hantu yang berwujud manusia yang memakai baju layaknya seperti suster dan berjalan dengan cara ngesot. Hantu suster ngesot biasanya sering menampakkan diri di rumah sakit yang angker.

  1. Babi Ngepet – Jawa

Babi ngepet adalah makhluk gaib yang berwujud babi yang merupakan jelmaan manusia yang sedang mencari pesugihan kekayaan.

  1. Nyi Blorong – Jawa

Nyi Blorong adalah hantu berwujud setengah badan keatas manusia dan setengah badan kebawah adalah ular. Nyi blorong adalah hantu penguasa sungai di aliran sungai dengkeng cawas.

  1. Nyi Roro Kidul – Jawa

Nyi roro kidul adalah sosok makhluk gaib yang terkenal sebagai ratu pantai selatan yang memiliki wujud wanita cantik dengan gaun khas berwarna hijau.

  1. Sundel Bolong – Jawa

Sundel bolong adalah hantu menyeramkan yang memiliki wujud khas yaitu terdapat luka bolong di punggung nya maka dari itu dinamakan hantu sundel bolong.

  1. Wewe Gombel – Jawa

Wewe gombel adalah hantu wanita dengan wujud buah dada yang besar. hantu wewe gombel biasanya suka menculik anak-anak kecil yang main diluar rumah sendirian.

  1. Tuyul – Jawa

Tuyul adalah hantu yang paling populer di Indonesia. Tuyul memiliki wujud anak kecil yang memiliki kepala botak dan hanya memakai pampers. Tuyul digunakan sebagai pesugihan kekayaan dengan cara mencuri uang di mana saja tuyul dilepaskan oleh si empunya.

  1. Genderuwo – Nusantara

Genderuwo juga merupakan hantu yang populer di Indonesia. Genderuwo memiliki wujud tinggi besar seperti raksasa dan suka hidup di pohon-pohon besar keramat. Genderuwo suka menampakkan diri dengan sosok hitam tinggi besar.

  1. Pocong – Nusantara

Pocong adalah hantu terpopuler di Indonesia. Pocong memiliki wujud seperti orang yang meninggal lalu di pocong. Kenapa jadi pocong karena lupa dilepas tali pocon nya saat dikuburkan.

  1. Leak – Bali

Leak adalah hantu yang berwujud sangat menyeramkan dengan muka yang menakutkan. Leak sering menampakkan diri saat acara-acara tradisi maupun ritual di Bali.

  1. Pulung Gantung – Gunung Kidul

Pulung gantung adalah hantu yang memberi pertanda atau firasat sebagai isyarat akan adanya seseorang yang meninggal dunia dengan cara gantung diri, Maka dari itu apabila ada warga yang melihat hantu pulung gantung pasti akan segera menabuh kentongan agar pergi dari desa tersebut.

  1. Akar Mimang – Jawa

Akar mimang adalah hantu yang membuat orang menjadi bingung saat memasuki hutan yang ada akar mimang nya.

  1. Hantu Pirau – Jambi

Hantu pirau adalah sosok hantu dengan wujud tinggi besar dengan muka menyeramkan. Hantu pirau suka mengganggu anak-anak yang main sendirian habis maghrib.

  1. Bayi Trek – Jawa

Bayi trek adalah hantu yang berwujud bayi. Bayi trek adalah hantu bayi yang belum sempat dilahirkan namun sudah meninggal di dalam kandungan.

  1. Palasik – Minangkabau

Palasik adalah hantu yang mempunyai wujud wanita dengan hanya kepala dan kerangka badan yang terbang melayang-layang. Palasik suka mengganggu orang yang sedang hamil muda dijadikan tumbal atau makana palasik. Wujud palasik hampir sama dengan kuyang

  1. Kuyang – Kalimantan

Kuyang adalah hantu menakutkan yang memiliki wujud wanita dengan kepala dan badan hanya usus yang terbang dan mencari mangsa ibu hamil dan bayi. Kuyang adalah makhluk gaib yang dipercaya sebagai jalan untuk seseorang mendapatkan suatu ilmu hitam.

  1. Banyu – Samarinda

Banyu adalah hantu khas samarinda yang biasanya ada di air seperti di sungai, hantu banyu sering mengganggu dengan cara menenggelamkan seseorang yang mandi di sungai.

  1. Begu Ganjang – Sumatrera Utara

Begu ganjang adalah sosok hantu dengan wujud manusia namun tingginya tinggi sekali. Begu ganjang sering digunakan untuk mencari pesugihan dengan mencari manusia sebagai tumbal pesugihan.

  1. Banaspati – Jawa

Banaspati adalah hantu menyeramkan yang berwujud bola api yang terbang di atas rumah. Hantu banaspati hampir sama dengan lampor.

  1. Suwanggi – Papua

Suwanggi adalah hantu yang berwujud bayangan hitam berkepala botak dengan mata merah bersinar yang sering menampakkan diri di malam hari.

  1. Oreng Pote – Bawean

Oreng pote adalah hantu yang berwujud manusia dengan tubuh putih pucat seperti mayat yang sering menampakkan diri saat malam hari dengan cara mengetuk pintu rumah.

  1. Lelepah – Jawa

Lelepah adalah hantu berwujud raksasa tetapi tidak sebesar buto ijo. Hantu lelepah suka memakan daging termasuk daging manusia seperti prabu dewata cengkar

  1. Matianak – Bawean

Matianak adalah hantu berwujud wanita memakai daster warna putih dan sukanya menggoda laki-laki.

  1. Hantu Bengkek – Ketapang

Hantu bengkek adalah hantu yang memiliki wujud tinggi besar namun tangan nya panjang sebelah. Hantu bengkek hidup di sungai, untuk mengusir hantu bengkek dengan cara melempar telur ayam kampung ke arah sungai.

  1. Jurig Jarian – Jawa Barat

Jurig jarian adalah hantu yang memiliki wujud tidak menentu namun jurig jurian suka menempati tempat-tempat kotor seperti tempat sampah atau kamar mandi.

  1. Memedi Bandhoso – Jawa

Memedi bandhoso adalah hantu yang biasanya terdapat di keranda mayat yang biasa untuk mengangkat orang yang mau dimakamkan menuju ke tanah kuburan. Memedi bandhoso yang sangat ditakuti oleh warga ada di boyolali.

  1. Moto Sak Tampah – Jawa

Moto sak tampah adalah hantu yang memiliki wujud bola mata raksasa sebesar tampah (alat untuk memilah beras).

  1. Reng Tua Malem – Madura

Reng tua malem adalah hantu yang memiliki wujud lelaki tua yang membawa sebatang rokok. Konon siapa saja yang berhasil mendapatkan rokok yang dibawa oleh reng tua malem maka dia akan memperoleh kesaktian.

  1. Anja-Anja – Jawa

Anja – anja adalah hantu kutukan yang tidak berwujud. Kutukan ini biasanya kepada pengantin baru. Kutukan anja-anja terjadi setelah malam pertama biasanya pengantin baru yang terkena kutukan anja=anja akan meninggal dengan tubuh membiru pucat pada keesokan harinya.

  1. Kisut – Pacitan

Kisut adalaah hantu yang berwujud bayangan hitam. Hantu kisut ini biasanya menampakkan diri saat siang hari bolong pada pendatang baru atau pengunjung yang baru pertama kali ke pantai di daerah pacitan. Bagi masyarakat sekitar pacitan diikuti hantu kisut sudah hal biasa atau hal yang lumrah.

  1. Hantu Kemamang – Jawa

Hantu kemamang adalah hantu yang biasanya berwujud seperti bola api yang melayang-layang. Wujud hantu kemamang hampir sama dengan banaspati dan lampor.

  1. Si Manis Jembatan Ancol – Jakarta

Si manis jembatan ancol adalah hantu wanita cantik yang sering mengganggu orang yang lewat jembatan ancol. Maka dari itu dinamakan hantu si manis jembatan ancol.

  1. Hantu Jeruk Purut – Jakarta

Hantu jeruk purut adalah hantu berwujud manusia tanpa kepala yang memakai baju pastur. Hantu jeruk purut sering menampakkan diri di TPU jeruk purut maka dari itu dinamakan hantu jeruk purut.

  1. Ohang Pandak – Sumatera

Ohang pandak adalah hantu yang mempunyai perwujudan seperti orang kerdil. Hantu ohang pandak adalah hantu yang menghuni kaki gunung kerinci dan biasa menampakkan diri kepada para pendaki gunung kerinci.

  1. Jelangkung – Nusantara

Jelangkung adalah hantu yang populer di indonesia, hantu jelangkung dipanggil dengan cara dimasukkan ke dalam boneka jalangkung dengan jalan membaca rapal mantra untuk memanggil jalangkung.

  1. Balum Bili – Aceh

Balum bili adalah hantu yang berwujud kelambu ikan. Balum bili merupakan hantu penunggu sungai Krueng Arakundo di Aceh. Menurut masyarakat sekitar balum bili takut jika mendengar suara senjata api.

  1. Mbah Jenggot – Jawa

Mbah jenggot adalah hantu yang memiliki perwujudan lelaki tua yang memiliki jenggot, hantu mbah jenggot biasanya hidup di dalam benda – benda pusaka sebagai penunggu benda pusaka.

  1. Jin Tomang – Jawa

Jin tomang adalah sosok hantu yang berwujud lelaki botak yang tidak berpakaian dengan perut buncit. Jin tomang biasanya suka bersembunyi di benda-benda pusaka.

  1. Hantu Muka Rata – Nusantara

Hantu muka rata adalah hantu wanita yang tidak memiliki wajah atau muka sama sekali jadi hanya polos saja. hantu muka rata sering menampakkan diri di tempat-tempat angker seperti rumah kosong maupun gedung tua tak berpenghuni.

  1. Hantu Casablanca – Jakarta

Hantu Casablanca adalah hantu wanita yang sering mengganggu para pengguna jalan yang kebetulan melewati terowongan casablanca.

  1. Welthok – Surabaya

Welthok adalah hantu berwujud laki-laki bertubuh kecil dengan tempurung kepala terdapat bara api. Hantu welthok suka mencari udang di sungai sebagai makanannya. Sebelum dimakan udang dibakar di atas kepalanya terlebih dahulu.

  1. Hantu Kaki – Jawa

Hantu kaki adalah hantu yang berwujud hanya kaki mulai dari lutut ke bawah sampai ke telapak kaki. Hantu kaki sering menampakkan diri di kamar mandi.

  1. Memedhi Usus – Jawa

Memedhi usus adalah hantu menyeramkan yang memiliki wujud usus manusia yang terbang saat malam hari.

  1. Jurig Bonge – Sulawesi

Jurig bonge adalah hantu yang tidak berwujud namun keberadaanya sering mengganggu orang yang akan melintasi palang kereta api sehingga mengakibatkan kecelakaan yaitu dengan cara menutupi telinga para pengendara. Jurig bonge ini hampir sama dengan setan budeg sama-sama menganggu orang yang akan melewati rel kereta api.

  1. Setan Buntung – Jawa

Setan buntung adalah hantu yang berwujud orang cacat yang suka menampakkan diri di lorong yang sepi atau di jembatan angker saat malam hari. Setan buntung adalah perwujudan dari arwah orang korban kecelakaan yang menjadi hantu setan buntung.

  1. Onggo Inggi – Jawa

Onggo-inggi adalah hantu yang hidup di air. Onggo inggi suka jahil dengan menarik orang yang sedang mandi di sungai sehingga tenggelam.

  1. Mak Lampir – Jawa

Mak lampir adalah hantu wanita tua yang suka menampakkan diri kepada anak kecil yang suka keluyuran di malam hari sendirian. Hantu mak lampir biasanya suka hidup di semak-semak atau pohon tua keramat.

  1. Jenglot – Jawa

Jenglot adalah hantu yang berbentuk berwujud orang tua yang memiliki tubuh kecil dan rambut asli seperti manusia. Jenglot konon adalah orang jaman dahulu yang bertapa sampai sekarang, ada juga yang menyebut muksa atau murca.

  1. Hantu Si Emen – Subang Jawa Barat

Si emen adalah hantu penunggu tanjakan emen subang jawa barat yang sangat terkenal sebagai tempat angker di jawa barat. Emen adalah seorang sopir yang meninggal akibat kecelakaan di tanjakan emen dan arwahnya gentayangan sampai sekarang.

  1. Jerangkong – Jawa

Jerangkong adalah hantu yang berwujud tulang belulang manusia. Jerangkong sering menampakkan diri di gedung-gedung bekas rumah sakit atau laboratorium.

  1. Hantu Macan Putih – Jawa

Hantu macan putih adalah hantu yang berwujud macan yang mempunyai warna loreng putih. Hantu macan putih adalah hantu yang hidup di kaki gunung ungaran dan sering menampakkan diri kepada para pendaki gunung ungaran

  1. Hantu Buaya Putih – Kalimantan

Hantu buaya putih adalah sosok hantu yang berwujud buaya dengan warna kulit semuanya putih. Sosok hantu buaya putih adalah hantu yang menjadi penunggu sungai mahakam.

  1. Mbah Ruwet – Jawa

Mbah ruwet adalah hantu yang memiliki wujud orang tua atau kakek nenek. Mbah ruwet adalah hantu yang ada di gunung seperti gunung merbabu, lawu dan merapi. Mbah ruwet sering mengganggu para pendaki yang tidak mematuhi peraturan atau tidak sopan dengan cara membuat pendaki menjadi bingung sehingga tersesat.

Baca juga : “ Menguak Kisah Misteri Menara Saidah Jakarta

Daftar nama hantu di Indonesia dan asal daerah nya diatas dirangkum dari berbagai sumber. Apabila ada nama hantu daerah anda atau nama hantu lokal yang belum ada di daftar nama hantu di Indonesia silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini. Semoga ulasan tentang rangkuman macam-macam nama hantu di Indonesia pada kesempatan kali ini dapat menambah wawasan anda tentang berbagai jenis hantu di Indonesia. Jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat dan nantikan artikel misteri selanjutnya di blog Gudang Misteri…

63 Nama Hantu Seram di Seluruh Daerah Indonesia |