20 Fakta Misteri & Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir yang Menyeramkan

Loading...

20 Fakta Misteri & Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir yang MenyeramkanKisah misteri danau toba dan pulau samosir belakangan ini menjadi banyak perbincangan kembali setelah terjadi kecelakaan air kapal KM Sinar Bangun yang tenggelam di tengah-tengah danau toba ketika akan menyeberang dari pelabuhan ke pulau samosir akibat kelebihan muatan [Fakta 1]. Dikabarkan 192 orang penumpang kapal belum ditemukan dan hanya 3 orang yang berhasil selamat, kejadian kecelakaan kapal tenggelam di danau toba ini sebenarnya bukan kejadian yang pertama kali. Sebelumnya sudah sering terjadi laka air di danau toba, namun baru kali ini yang hangat menjadi perbincangan karena jumlah korban yang mencapai ratusan orang. Hal ini menjadi viral di internet karena kejadian kecelakaan kapal ini dikabarkan akibat dari balasan akibat ada warga yang melanggar pantangan di danau toba atau larangan di danau toba. Bagi sebagian orang samosir atau penduduk asli danau toba mereka mengaitkan kejadian tenggelam dengan mitos danau toba dan pantangan di danau toba.

20 Fakta Misteri & Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir yang Menyeramkan

20 Fakta Misteri & Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir yang Menyeramkan

Muncul fakta bahwa sehari sebelum terjadinya peristiwa kapal KM Sinar Bangun tenggelam di danau toba ada sebagian orang yang nekat melanggar pantangan di danau toba. Beredar video viral yang memperlihatkan ada segelintir orang yang berhasil memancing ikan mas berukuran besar di danau toba sehari sebelum kejadian [Fakta 2]. Ikan mas yang dipancing tersebut memiliki muka aneh atau wajah yang aneh dan berukuran besar tidak seperti ikan mas pada umummnya. Menurut warga sekitar ikan mas tersebut memiliki berat sekitar 11-12 kg dan merupakan ikan mas terbesar yang berhasil dipancing warga di danau toba sekitar rentang waktu 20 tahun terakhir [Fakta 3]. Warga ada yang percaya ada yang tidak bahwa ada kaitan mengenai ikan mas dengan peristiwa tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun. Ada yang mengganggap cerita ikan mas tersebut hanya takhayul atau mitos belaka. Namun bagi orang yang mengetahui akan kisah legenda danau toba maka akan sedikit mematuhi apa yang menjadi pantangan di danau toba. Nah bagi anda yang belum mengetahui cerita rakyat tentang asal muasal danau toba dan pulau samosir maka silahkan simak berikut di bawah ini bagaimana cerita rakyat tentang asal usul danau toba.

A. Cerita Rakyat Tentang Asal Usul Danau Toba dan Pulau Samosir

Cerita rakyat atau cerita legenda tentang danau toba dan pulau samosir pada jaman dahulu kala ada seorang nelayan yang miskin bernama Toba sedang mencari ikan di sungai, sang nelayan miskin kaget bukan kepalang karena mendapatkan ikan mas karena di sungai ada ikan mas lalu dibawalah pulang oleh sang nelayan miskin untuk dipelihara dan tidak jadi dimakan. Ternyata ikan mas aneh tersebut sebenarnya adalah jelmaan dari peri cantik dari kahyangan yang dikutuk menjadi ikan mas. Namun pada suatu hari karena sang nelayan merasa kelaparan dan tidak punya lauk akhirnya dia berniat memasak ikan mas aneh tersebut. Ketika akan dibunuh sang nelayan merasa ketakutan karena ikan mas tersebut dapat berbicara meminta mohon pada nelayan agar tidak dimasak dan mengaku sebagai ikan mas jelmaan. Setelah itu ikan mas tersebut berubah wujud menjadi wanita cantik seperti bidadari yang akhirnya membuat sang nelayan miskin jatuh hati [Mitos 4]. Sang nelayan akhirnya bersedia tidak membunuh ikan mas jelmaan tersebut asalkan mau menjadi istrinya. Dan peri yang menjelma menjadi ikan mas tersebut menyetujuinya namun juga dengan syarat kelak jika mereka mempunyai anak maka jangan pernah sekalipun sang nelayan / suami mengumpat anak mereka dengan sebutan “ anak ikan ” [Mitos 5].

Alkisah Toba dan peri jelmaan ikan mas tersebut dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Samosir [Mitos 6]. Samosir pun tumbuh beranjak dewasa seperti anak manusia biasa, pada suatu ketika saat samosir disuruh menyusul ke ladang oleh sang ayah untuk membantu pekerjaan di ladang. Ketika di ladang samosir hanya membantu sebentar kemudian istirahat karena merasa lapar. Melihat bekal yang dibawa ayahnya kemudian tanpa pikir panjang samosir mengambil bekal sang ayah dan memakannya sampai habis tidak bersisa. Sang ayah yang merasa sangat kelaparan dan belum istirahat mengetahui bahwa bekal yang dibawanya dihabiskan oleh samosir kemudian marah besar dan secara spontan mengumpat kepada samosir  “ dasar anak ikan!  “. Toba lupa bahwa dulu ia pernah berjanji kepada ibu samosir yang merupakan jelmaan ikan mas jika tidak akan mengumpat anak ikan jikalau punya anak nanti.

Samosir kemudian menangis dan pulang kerumah mengadu kepada sang ibu bahwa dia dikatakan anak ikan oleh ayah nya ketika di ladang. Samosir yang penasaran kemudian memberanikan diri bertanya kepada sang ibu kenapa dia dikatai anak ikan oleh ayahnya dan akhirnya sang ibupun menceritakan semua rahasia yang selama ini ditutup-tutupi oleh sang ayah dan ibu. Mendengar cerita dari sang ibu tersebut kemudian samosir sangat sedih dan pergi meninggalkan rumah lalu bersembunyi di puncak gunung. Karena merasa sangat  terpukul dan sakit hati maka samosir terus menangis selama di puncak gunung. Akibat tangisan dari samosir yang tidak berhenti menyebabkan daerah di lereng gunung lama-kelamaan menjadi terendam oleh air tangisan samosir yang menenggelamkan semua yang ada di bawah puncak gunung termasuk sang ayah dan ibu. Konon sekarang kawasan lereng gunung yang terendam itulah yang sekarang menjadi sebuah danau yang diberi nama Danau Toba [Mitos 7]. Sedangkan puncak gunung tempat bersembunyi samosir sekarang menjadi sebuah pulau di tengah-tengah danau toba yang diberi nama Pulau Samosir [Mitos 8]. Menurut cerita rakyat tentang danau toba sosok sang ayah dan ibu serta samosir kemudian menjelma menjadi 3 ekor ikan mas raksasa yang menjadi penunggu danau toba [Mitos 9].

B. Cerita Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir

Mitos 10 : Terdapat 3 ekor ikan mas raksasa penunggu danau toba yang merupakan jelmaan dari Toba, istrinya dan Samosir yang merupakan anak dari Toba. Konon mitos nya bagi siapa saja yang ditemui ikan mas berukuran raksasa di danau toba pertanda akan mendapatkan sesuatu yang baik.

Mitos 11 : Terdapat seekor naga laut berumur ratusan tahun yang menjadi penunggu danau toba dan merupakan jelmaan dari anak Toba.

Mitos 12 : Terdapat boneka Sigale-gale yang dapat bergerak sendiri, Konon mitosnya boneka sigale-gale yang bergerak sendiri akibat kemasukan roh sang putra anak raja yang gugur dalam peperangan.

C. Kisah Misteri Danau Toba dan Pulau Samosir

Misteri 13 : Sering terdengar kejadian mistis yaitu suara tangisan yang menyeramkan di danau toba dan pulau samosir. Misteri suara tangisan di danau toba ini konon adalah suara para korban tenggelam yang jasadnya belum ditemukan di danau toba. Sedangkan di pulau samosir sering juga terdengar suara tangisan anak laki-laki yang dipercaya adalah suara tangisan samosir anak Toba.

Misteri 14 : Terdapat sosok gaib penunggu danau toba yang memiliki sebutan ganjang. Ganjang memiliki sosok seperti genderuwo yaitu perawakan besar tinggi dengan rambut panjang serta muka menyeramkan. Ganjang suka menampakkan diri di pohon di sekitar pulau samosir.

Misteri 15 : Misteri penampakan hantu di danau toba juga sering terjadi di sebuah gubug yang bernama Reyot. Konon gubug reyot pada jaman dahulu pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan Bung Karno pada masa penjajahan Belanda. Maka dari itu sampai sekarang masih sering terjadi penampakan hantu di gubug reyot tersebut.

Misteri 16 : Kisah misteri di danau toba yang menyeramkan yaitu pernah ada seorang yang sedang duduk- duduk di tepian danau toba dikejutkan dengan penampakan hantu wanita muka rata. Saat itu ketika duduk di tepuan danau toba kemudian ada seorang wanita yang mendekat namun saat didekati wanita tersebut tidak memiliki mata, hidung dan mulut dan dalam sekejap mata lalu menghilang.

Misteri 17 : Kejadian mistis di danau toba pernah dialami oleh beberapa kelompok mahasiswa yang kebetulan berlibur di kawasan objek wisata danau toba. Ketika sekelompok mahasiswa melakukan foto bersama setelah diamati ternyata terdapat penampakan sosok kakek-kakek tua dengan badan bungkuk ikut dalam foto tersebut. Hal tersebut membuat para mahasiswa merasa horor takut ketika akan kembali berwisata di danau toba.

D. Pantangan Di Danau Toba dan Larangan Di Danau Toba

Pantangan 18 : Pantangan ketika berkunjung ke objek wisata danau toba yang terletak di kabupaten samosir provinsi Sumatra Utara yaitu dilarang berbicara tidak sopan di kawasan objek wisata danau toba dan pulau samosir

Pantangan 19 : Pengunjung yang berwisata di objek wisata danau toba sebaiknya mengucapkan “Santabi Oppung” yang artinya permisi ketika melewat tanjakan berliku yang terdapat sebuah gua angker. Bagi yang melanggarnya banyak kejadian misal tiba-tiba mesin kapal mati.

Pantangan 20 : Pantangan ketika berkunjung ke objek wisata danau toba yang terletak di kabupaten samosir provinsi Sumatra Utara yaitu dilarang bertingkah laku tidak baik misalkan berbuat asusila di danau toba, membuang sampah di danau toba dan punya niat jahat di kawasan objek wisata danau toba dan pulau samosir. Jika melanggar pantangan tersebut maka akan mendapatkan karma.

Pantangan 21 : Jika memancing di kawasan objek wisata di danau toba dan mendapatkan ikan mas maka harus dikembalikan ke danau tidak boleh dibawa pulang bahkan dimasak untuk dimakan. Bagi siapa saja yang melanggar maka akan mendapatkan kesialan atau apes karena ikan mas di danau toba konon adalah jelmaan penunggu danau toba

Baca juga : “ 10 Macam Jenis Sesaji atau Sajen Menurut Adat Tradisi Jawa

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang pembahasan mengenai cerita rakyat tentang danau toba dan pulau samosir, kisah misteri danau toba, mitos danau toba dan pantangan di danau toba yang berhasil dihimpun oleh tim gudang misteri dari berbagai sumber. Apabila ada kesalahan dalam informasi yang dimuat di blog Gudang Misteri maka silahkan kirim komentar anda di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat dan nantikan artikel misteri selanjutnya hanya di blog gudang misteri.

20 Fakta Misteri & Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir yang Menyeramkan |