11 Fakta Tentang Ritual Sumpah Pocong yang Harus Kamu Ketahui

Loading...

11 Fakta Tentang Ritual Sumpah Pocong – Ritual sumpah pocong di jaman modern seperti sekarang ini sudah jarang sekali dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sumpah pocong yaitu sumpah yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang bersengketa yaitu pihak yang merasa menjadi korban dan pihak yang menjadi pelaku atau tertuduh dengan cara yang tidak biasa, yaitu sumpah dengan mengenakan kain kafan atau kain mori seperti pocong oleh kedua pihak dengan disaksikan oleh saksi dan dipercaya pihak yang berbohong setelah dilakukan ritual sumpah pocong maka akan menerima resiko atau kutukan yang mengerikan bahkan bisa sampai tujuh turunan. Walaupun prosesi sumpah pocong kutukannya terlihat mengerikan namun bagi masyarakat kuno yang menemui masalah yang sudah tidak ada jalan lagi sehingga tidak bisa diselesaikan secara musyawarah dan jalur hukum maka pilihan terakhir  agar kedua belah pihak yang bertikai merasa adil yaitu dengan ritual sumpah pocong.

Ritual Sumpah Pocong

Ritual Sumpah Pocong

Akibat sumpah pocong bermacam-macam tergantung dari persetujuan dari kedua belah pihak yang melakukan sumpah pocong, ada yang sial sampai tujuh turunan, ada yang terserang penyakit dan bahkan ada yang langsung mati setelah sumpah pocong bagi pihak yang melakukan kebohongan. Untuk lebih jelasnya berikut di bawah ini silahkan simak pernyataan-pernyataan  seputar fakta ritual sumpah pocong yang berhasil tim Gudang Misteri rangkum.

11 Fakta Ritual Sumpah Pocong yang Harus Kamu Ketahui

  1. Sejarah ritual sumpah pocong tentang asal mula sumpah pocong tidak diketahui secara pasti dilakukan pertama kali oleh siapa dan dimana pertama kali dilakukan serta waktu pertama kali dilakukan sumpah pocong.

 

  1. Asal usul ritual sumpah pocong menurut versi lain menyebutkan awal mula nya sumpah pocong banyak dilakukan oleh masyarakat Jawa Timur setelah merebaknya kasus kiriman ilmu hitam, santet, teluh dan guna-guna. Kasus yang berhubungan dengan dunia gaib atau gangguan gaib sulit sekali dicari barang bukti nya secara nyata maka dari banyak orang yang melakukan ritual sumpah pocong untuk membuktikan bahwa masing-masing pihak tidak bersalah, ritual sumpah pocong ini kemudian di daerah-daerah lain untuk menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan gaib.

 

  1. Prosesi sumpah pocong yang lebih baik hasilnya daripada penyelesaian lewat jalur hukum kemudian banyak dipilih karena sumpah pocong dianggap memberikan rasa adil kepada kedua belah pihak yang bertikai bahkan setelah kedua belah pihak mengucapkan sumpah, karena sumpah yang diucapkan langsung bersumpah kepada ALLAH SWT.

 

  1. Syarat ritual sumpah pocong ada beberapa dan sumpah pocong tidak bisa sembarangan dilakukan, karena sumpah pocong memiliki syarat yang harus dipenuhi.

 

  1. Syarat sumpah pocong yang paling banyak yaitu jika kedua belah pihak memiliki masalah sudah tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dan hukum

 

  1. Kedua belah pihak yang ingin membuktikan bahwa masing-masing tidak bersalah maka harus mau mengucapkan sumpah tanpa adanya paksaan dari pihak manapun pada saat melakukan ritual sumpah pocong.
  2. Sebelum disumpah maka kedua belah pihak harus dimandikan atau disucikan terlebih dahulu sebelum dibalut dengan kain kafan dan di pocong. Jadi proses sumpah pocong hampir sama seperti pada orang yang meninggal.

 

  1. Pada saat kedua belah pihak mengucapkan sumpah pocong maka harus ada saksi yang menyaksikan sumpah yang diucapkan kedua belah pihak agar sumpah pocong yang dilakukan sah.

 

  1. Kedua belah pihak harus menyetujui resiko atau akibat yang terjadi di kemudian hari setelah melakukan ritual sumpah pocong dan tidak boleh menuntut setelah melakukan sumpah pocong karena sudah merupakan resiko sumpah pocong yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yang bermasalah.

 

  1. Tradisi sumpah pocong atau ritual sumpah pocong hanya ada di masyarakat Indonesia saja dan tidak ada di negara lain, maka dari itu jika ditelusuri sejarah tentang sumpah pocong di negara mana pun maka tidak akan ketemu karena sumpah pocong sebenarnya terbentuk akibat akulturasi antara agama dan budaya serta karakteristik masyarakat Indonesia yang unik ketika menyikapi sebuah permasalahan.

 

  1. Sumpah pocong menurut islam banyak dicari karena yang melakukan ritual sumpah pocong adalah masyarakat yang beragama islam atau seorang muslim. Maka dari itu sumpah pocong biasanya dilakukan di masjid dan sumpah di bawah kitab suci Al Qur’an dengan menyebut asma ALLAH SWT sebagai hakim tertinggi. Jika dicari tentang dalil sumpah pocong maka tidak ada satu dalil pun yang mengatakan bahwa umat islam boleh melakukan ritual sumpah pocong. Hukum sumpah pocong dalam Islam adalah haram karena sumpah pocong tidak pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW apalagi diajarkan sehingga ritual sumpah pocong termasuk perbuatan yang syirik.

Baca juga : “ Menguak 26 Fakta Sedulur Papat Limo Pancer

Nah itulah tadi ulasan lengkap tentang berbagai Fakta tentang Ritual Sumpah Pocong yang berhasil tim Gudang Misteri rangkum, semoga sedikit informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda tentang ritual sumpah pocong yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya. Apabila ada kesalahan mengenai informasi diatas atau anda ingin menambahkan kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah mampir di blog ini, jangan lupa nantikan artikel menarik seputar misteri selanjutnya….

11 Fakta Tentang Ritual Sumpah Pocong yang Harus Kamu Ketahui |