60 Misteri dan Keistimewaan Dibalik Angka 7

Loading...

60 Misteri dan Keistimewaan Dibalik Angka 7 – Angka memiliki sifat maupun karakteristik masing-masing misalnya ada angka unik, angka keramat, angka hoki, angka sial dan angka keberuntungan. Nah setelah pada kesempatan sebelumnnya telah admin ulas tentang keunikan angka 13 dan 17 maka ulasan kali ini admin Gudang Misteri akan membahas tentang keistimewaan angka 7. Ada apa dengan angka 7 kenapa termasuk angka unik. Hakikat angka 7 sebenarnya sama dengan angka-angka lainnya yang membuat istimewa adalah banyak angka 7 yang digunakan sebagai angka penanda. Misalkan keistimewaan angka 7 dalam islam, keistimewaan angka 7 dalam matematika, dan keistimewaan angka 7 menurut orang Jawa, Maka ada yang menyebut angka 7 keren dan digunakan sebagai angka keberuntungan dan angka hoki. Fakta menarik tentang angka 7 ternyata sudah banyak yang mengulas namun admin berusaha menambah yang belum ada,

Misteri dan Keistimewaan Angka 7

Misteri dan Keistimewaan Angka 7

Arti angka 7 dalam jawa ada banyak sekali filosofi yang menggunakan angka 7 seperti adat dan tradisi jawa. Sedangkan arti angka 7 dalam cinta dikaitkan dengan hari ke 7 yaitu minggu, hari minggu merupakan hari yang dapat digunakan untuk memberikan cinta dan kasih sayang baik itu terhadap keluarga, anak maupun pacar karena hari minggu merupakan hari libur. Selain itu tadi keistimewaan angka 7 masih banyak yang perlu kamu ketahui, misteri dibalik angka 7 dari berbagai versi secara detil bisa kamu baca ulasan berikut ini.

60 Misteri dan Keistimewaan Dibalik Angka 7 :

  1. Di dunia terdapat 7 tujuh keajaiban dunia kuno yaitu Tembok Besar di China, Menara Pisa di Italia, Menara Eiffel di Perancis, Ka’bah di Arab Saudi, Candi Borobudur di Indonesia, Taj Mahal di India, Colosseum di Italia.
  2. Di dunia terdapat 7 benua yaitu Amerika Utara, Amerika Selatan, Australia, Eropa, Afrika, Asia, Antartika.
  3. Pelangi terdiri dari 7 warna yaitu merah, kuning, hijau, ungu, jingga, nila, biru.
  4. Dalam seminggu terdiri dari 7 hari yaitu senin, selasa, rabu, kamis, jumat, sabtu.
  5. Di negeri China angka 7 memiliki kaitan dengan munculnya gigi susu pada usia 7 bulan dan gigi tanggal pada usia 7 tahun. Pada usia 14 tahun (2 x 7 tahun) sesuai “roda yin” akan terbuka ketika ia mencapai masa remaja, dan pada usia 49 tahun (7 x 7 = 49) maka datanglah masa monopause.
  6. Tragedi jatuhnya pesawat milik Malaysia Airlines boeing 777 MH17 pada bulan 7 tahun 2017 dan pesawat pertama kali dibuat pada tahun 1997 yaitu 17 tahun yang lalu.
  7. Dalam tangga nada musik terdapat 7 nada dasar yaitu ‘do’, ‘re’, ‘mi’, ‘fa’, ‘sol’, ‘la’ dan ‘si’.
  8. Pada hewan Kepik biasanya memiliki 7 noktah (titik hitam) di cangkangnya.
  9. Mayoritas hewan mamalia mamalia memiliki 7 tulang leher.
  10. Terdapat 7 baris dalam tabel periodik yang berisi ion-ion.
  11. Kadar pH netral antara larutan yang bersifat asam dan basa adalah 7.
  12. Nenek moyang memiliki sumpah serapah sampai 7 turunan.
  13. Presiden Indonesia sampai saat ini berjumlah 7 orang, dan menurut kepercayaan Jawa nomor 7 adalah satrio piningit.
  14. Keajaiban Allah pernah menurunkan pasukan malaikat untuk membunuh pasukan gajah yaitu sebanyak 70.000 malaikat
  15. Allah menganugerahimanusiadengan 7 anggota badan, yaitu 2 tangan, 2 kaki, 2 lutut, dan 1 wajah.
  16. Penciptaan langit oleh Allah yaitu 7tingkatan lapis langit
  17. Penciptaan bumi oleh Allah yaitu 7 tingkatan lapis bumi
  18. Terdapat 7 pintu surga dan neraka
  19. Terdapat 7 lubang tempat masuknya najis dan kotoran di dalam tubuh manusia
  20. Allah menganugerahi kitab suci Al-Qur’an (Kitab suci umat Islam) dengan 7 surat panjang, yaituAl An’aam, Ali Imran, Al-Baqarah, Al-Maaidah, An-Nissa’, Al ‘Araafdan Al-Anfaal atau At-Taubah

21.Allah menganugerahi pula dengan 7 ayat Ummul kitab (Al-Fatihah/Pembuka kitab).Firman Allah ini tertuang dalam Surat AL Hijr ayat 87, “Dan Sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Quran yang agung.”

  1. Allah merahmati umur manusia dengan 7 masa tingkatan / tahapan. Yaitu pada masa baru lahir dinamakan tahapan rodhi’ (Menyusu), kemudian tahap fa’thim (disapih), tahapan Shobiyyi (bayi), tahapan ghulam (masa kanak-kanak), kemudian tahapan syaab (pemuda/remaja), kemudian tahapan kuhul (yakni menginjak usia antara 30-50 tahun), dan menginjak tahapan Syaikh (masa tua).
  2. Ahli geologi menemukan fakta bahwa bola bumi tersusun dari 7 macam tingkatan.
  3. Seorang mukmin bertawaf di sekeliling Baitullah sebanyak 7 kali putaran, melakukan
  4. Rukun haji sa’i antara shafa dan marwa sebanyak 7 kali
  5. Rukun haji melempar jumrah sebanyak 7 kali.
  6. Kata kiamat dalam kitab suci Al-qur’an disebutkan sebanyak 70 kali.
  7. Kata jahannam disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an sebanyak 77 kali
  8. Dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat 7 surah yang diawali dengan kalimat tasbih
  9. Angka 7dalam kitab suci Al-Qur’an digunakan Allah dalam perumpamaan dalam sedekah.
    Baca juga : “Fakta Misteri Dibalik Angka 13
  10. Terdapat 7 ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang penciptaan langit. Yaitu QS. Al-A’raf: 54; QS Yunus: 3; QS Hud: 7; Al-Furqan: 59; As-Sajadah: 4; QS Qaf: 38; dan QS Al Hadid: 4
  11. Angka 7 adalah angka yang pertama sekali disebutkan dalam Al Quran, yaitu dalam Q.S Al Baqarah ayat 29 = Tsummastawaa ilassamaai fasawwa hunna SAB’A samawaatin, wahuwa bikulla syain ‘aliim.
  12. Angka 7 adalah angka yang paling banyak disebutkan dan diulang dalam Al Quran setelah angka 1 (ahad).
  13. Awal surah dalam Al Quran adalah surah Al Fatihah, dia adalah semulia-mulia surah dalam Al Quran, itu sebabnya surah Al Fatihah dinamakan dengan sab’ul matsaani, jumlah ayatnya ada 7 ayat.
  14. Jumlah bilangan huruf abjad dalam bahasa Arab yang diturunkan oleh Allah ta’ala dalam Al Quran ada 28 huruf. Jumlah 28 ini adalah perkalian dari angka 7, yakni 7×4=28.
  15. Ketika Nabi saw menerangkan hal-hal yang merusak, beliau membatasinya pada 7 hal.Beliau bersabda : “Jauhilah 7 hal yang merusak.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  16. Ketika menerangkan orang-orang yang akan dinaungi Allah SWT pada hari Kiamat, beliau membatasinya pada 7 golongan.“Tujuh golongan yang akan dinaungi Allah SWT dengan bayangan-Nya pada saat tiada naungan kecuali dari bayangannya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  17. Ketika menerangkan kezaliman dan mengambil tanah orang lain tanpa alasan, beliau menjadikan angka 7 sebagai simbol azab pada hari Kiamat. Beliau bersabda, “Orang yang menzalimi orang lain walau hanya beberapa jengkal tanah, akan dikalungkan azab dari 7 bumi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  18. Nabi saw menerangkan bahwa Allah SWT memerintahkan kita bersujud dengan 7 organ tubuh.“Aku diperintah untuk bersujud dengan 7 tulang.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  19. Jika bejana dijilat anjing, maka disucikan dengan mencucinya 7 kali, salah satunya dengan debu.
  20. Rosul juga berbicara tentang Jahanam pada hari Kiamat “Pada hari itu Jahanam didatangkan dengan 70 ribu kendali.” (HR. Muslim). Beliau memohon perlindungan dari azab Jahanam sebanyak 7 kali dengan doa, “Ya Allah SWT, selamatkanlah aku dari neraka.” (HR. An-Nasa’i).
  21. Nabi Muhammad SAW memerintahkan umatnya untuk membaca doa berikut 7 kali ketika mendapa tketakutan,“Aku berlindung kepada Allah SWT dan kekuasaan-Nya dari keburukan apa yang kudapatkan dan kutakutkan.” (HR. Muslim).
  22. Barangsiapa makan 7 buahkurma di pagi hari setiap hari, maka pada hari itu, dia tidak akan terkena racun dan sihir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
  23. Hadits Nabi Muhammad SAW tentang puasa di jalan Allah SWT menjelaskan pahala yang besar yang disiapkan Allah SWT bagi pelakunya.“Tidaklah seorang hamba berpuasa sehari di jalan Allah SWT, kecuali Allah SWT menjauhkannya berkat puasa sehari itu dari neraka sejauh 70 musim gugur.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).
  24. Ketika seorang sahabat meminta Nabi Muhammad SAW menjelaskan rentang waktu untuk mengkatamkan Al-Qur’an.“Katamkan Al-Qur’an setiap 7 hari dan jangan lebih cepat dari itu.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  25. Nabi Muhammad SAWselalumembaca bacaanistigfar 70xsehari. Beliau menerangkan kelipatan pahala dalam sabdanya,“Setiap perbuatan manusia menggandakan kebaikan dengan 10 kali lipat, sampai 700 kelipatan.” (HR. Muslim).

45.Nabi Muhammad SAW memerintahkan kita untuk mengulang-ulang pembacaan ayat berikut sebanyak 7 kali sebagai cara berlindung kepada Allah SWT untuk menghilangkan kegelisahan,,

  1. Jumlah rakaat shalat dalam sehari yaitu 17 rakaat
  2. Jumlah pahala yang didapat jika melaksanakan shalat berjumlah yaitu 27
  3. Dalam masyarakat jawa terdapat tradisi tingkepan yaitu tradisi mandi pakai jarik (kain) saat usia kehamilan mencapai 7 bulanan selain itu untuk mengetahui jenis kelamin anaknya kelak. Kalau di kota biasanya nama nya tradisi 7 bulanan.
  4. Tradisi turun tanah atau surtanah dilakukan ketika bayi berumur 7 bulan, tradisi ini adalah untuk menandakan bayi sudah mulai menapakkan kakinya ke tanah dan mulai mencari tujuan kehidupan
  5. Tradisi jawa ketika ada orang yang meninggal maka ada acara selamatan 7 harian. Yaitu selametan pada hari ke 7 setelah kematian.

51.Tradisi jawa saat mengadakan sebuah hajatan besar maka ada yang masih melaksanakan tradisi hajatan 7 hari 7 malam sebagai tolak bala.

  1. Sesajen untuk syarat ritual biasanya terdiri dari 7 macam, seperti 7 kembang rupa dan berendam 7 mata air berbeda-beda
  2. Kalimat Syahadat yaitu Laa Ilaaha ilaa Allaah, Muhammad rasul Allah jika diucapkan maka terdiri dari 7 kata
  3. Dalam agama Budha Sidharta Gautama pada saat baru lahir sudah langsung menapak 7 langkah. Kemudian selama 7 tahun mencari keselamatan lalu mengitari pohon bodhi sebanyak 7 kali sebelum duduk bersemedi.
  4. Dalam kepercayaan India, dewa matahari mempunyai 7 kuda penarik keretanya di langit.
  5. Angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian dimana bangsa suku Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin.
  6. Dalam agama Yahudi (agama sebelum nabi Ibrahim. AS, atau agama pada jaman sebelum Masehi) hari ke 7 menjadi hari libur suci, sehinga di sakralkan, pada hari ke 7 itu larangan bekerja di ubah menjadi perintah. Dalam kitab perjanjian lama penuh angka 7. Pada generasi ke 7 setelah Adam hiduplah Lamech (silsilah dari Adam ) selama 777 tahun dan harus membayar balas dendam selama 777 tahun (Kejadian : 4.24). Tujuh tahun langkah menuju kuil sulaiman berhubungan dengan 7 cerita tentang kuil kuil Babilonia. Lalu Merpati Nuh menghilang selama 7 hari, dan tanda tanda datangnya muncul selama 7 hari, sungai Eufrat terbagi menjadi 7 aliran.
  7. Pada abad ke-14, sejarawan Mesir al-Maqrizi mengatakan bahwa orang orang kristen di Mesir (Koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Dimana pesta yang dilangsungkan adalah 7 untuk pesta kesenangan dan 7 untuk pesta kesedihanMaria yang selaras dengan irama heptadik. Oleh karena itu dalam musik renaisans terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan kepada Perawan Maria atau berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus.
  8. Keistimewaan angka 7 selanjutnya adalah setiap sisi pada dadu pasti jika dijumlahkan maka jumlahnya 7, 1+6, 2+5, 3+4
  9. Yang terakhir misteri angka 7 pada tahun 2014 tahun silam saat Presiden Jokowi masih menjabat sebagai calon presiden terdapat keunikan yaitu saat itu merupakan pemilihan presiden yang ke 7, pada saat itu usia jokowi 52 tahun 5+2=7, kelahiran jokowi tahun 61 jika dijumlahkan 6+1=7, pemilu pada bulan ke 7, tahun 2014 (2+1+4=7), no rumah Jokowi adalah Jl. Suropati No 7.

Baca juga ׃ “ Rahasia Angka 17 Agustus Dipilih Sebagai Hari Kemerdekaan

Itulah 60 Misteri dan Keistimewaan Angka 7 yang berhasil dikumpulkan oleh tim Gudang Misteri dari berbagai sumber. Semoga sedikit ulasan diatas dapat bermanfaat, apabila ada kritik dan saran atau tambahan tentang keunikan dan keistimewaan angka 7 maka dapat anda tambahkan melalui kolom komentar di bawah ini, Terimakasih sudah mampir jangan lupa share dan nantikan artikel misteri menarik selanjutnya…

60 Misteri dan Keistimewaan Dibalik Angka 7 |