7 Misteri Tanggal 17 Agustus Dipilih Sebagai Tanggal Kemerdekaan

Loading...

7 Misteri Tanggal 17 Agustus Dipilih Sebagai Tanggal Kemerdekaan – Kemerdekaan Indonesia masih menjadi misteri bagi sebagian orang, kenapa menjadi misteri? Dan apa yang menjadi misteri? Kenapa indonesia merdeka pada tanggal 17 agustus 1945. Kemerdekaan Indonesia masih menjadi misteri karena tanggal kemerdekaan yang dipilih. Kenapa yang dipilih oleh sang proklamator Ir. Soekarno adalah tanggal 17 agustus 1945 tidak tanggal yang lain misal tanggal 16 agustus atau 18 agustus. Hal ini membuat admin Gudang Misteri tertarik untuk mencari informasi untuk menelisik lebih dalam tentang rahasia dibalik pemilihan tanggal 17 agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia. Dari beberapa referensi tentang fakta dibalik tanggal 17 agustus sebagai tanggal kemerdekaan ada beberapa pendapat atau teori yang menyatakan makna pemilihan angka 17, yaitu misteri angka 17 menurut ilmu spiritual, misteri angka 17 dalam primbon jawa dan ada lagi yang mengulas misteri angka 17 dalam Islam.

Misteri Tanggal 17 Agustus 1945

Misteri Tanggal 17 Agustus 1945

Filosofi 17 agustus 1945 dipilih sebagai tanggal proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Presiden pertama sang Founding Father Bung Karno ternyata sangat religius dan sakral. Jika ada pertanyaan mengapa proklamasi kemerdekaan terjadi pada tanggal 17 agustus 1945 jelaskan secara rasional. Maka jawaban yang rasional tidaklah masuk akal karena jika dilihat antara tanggal 16 agustus sebenarnya Soekarno sudah bisa memproklamasikan kemerdekaan Indonesia tetepi kenapa yang dipilih tanggal 17 agustus pasti ada alasan kuat Soekarno memilih tanggal 17 agustus. Arti 17 agustus 1945 menurut beberapa referensi memiliki hubungan yang kuat dengan sisi spiritual dan religius Soekarno.  Maka dari itu ada yang mencari tahu informasi tentang tentang tanggal 17 agustus seperti 17 agustus 1945 hari apa lalu 17 agustus 1945 hari jumat apa menurut tanggalan jawa lalu yang paling banyak dicari adalah makna 17 agustus 1945 dalam Islam. Nah maka dari itu admin Gudang Misteri tertarik untuk mengulas seputar misteri dibalik pemilihan tanggal 17 agustus sebagai hari kemerdekaan oleh Soekarno dalam pandangan Islam berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

7 Misteri Tanggal 17 Dipilih Bung Karno Sebagai Tanggal Kemerdekaan

  1. Angka 17 terdiri dari angka 1 dan 7, Filosofi yang diambil Soekarno dari tanggal 17 yaitu angka 17 terdiri dari angka 1 dan 7, jika surat ke 1 adalah surah Al Fatihah yang terdiri dari 7 ayat. Surah Al Fatihah merupakan intisari dari Al Qur’an yang terdiri dari 7 ayat, maka dari itu setiap sholat wajib 5 waktu surah Al Fatihah selalu dibaca karena merupakan Intisari dari Al Qur’an. Berdasarkan filosofi angka 17 adalah gabungan dari angka 1 dan 7 maka Presiden Soekarno memilih tanggal 17 agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia, selain itu lambang negara Indonesia yaitu gambar burung garuda, jika dihitung maka saya pada burung garuda jumlahnya 17.
  2. Tanggal 17 merupakan tanggal suci bagi umat Islam, sesuai dengan keyakinan Presiden Soekarno yang memeluk agama Islam, tanggal 17 adalah tanggal dimana tanggal pertama kali turunnya kitab suci Al-Qur’an yang disampaikan oleh malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu Ir. Soekarno memilih tanggal 17 sebagai tanggal untuk memproklamasikan kemerdekaan Indoensia.
  3. Tanggal 17 Agustus 1945 jatuh pada hari Jum’at yang merupakan hari kebesaran diantara hari-hari yang lain karena hari jumat merupakan hari yang penting bagi umat Islam. Mengapa penting? Karena sudah dituliskan dalam Al Qur’an bahwa besok seluruh dunia dan seluruh umat manusia akan mengalami hari kiamat yang jatuh pada hari Jumat. Selain itu hari jumat seluruh umat Islam terutama yang laki-laki dan sudah baligh diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat yang hanya ada di hari Jumat saja. Melihat tanggal 17 agustus 1945 jatuh pada hari jumat maka Prseiden Soekarno semakin mantap memilih tanggal 17 agustus 1945 sebagai hari kemerdekaan Indonesia.
  4. Selain tanggal 17 agustus 1945 jatuh pada hari jumat ternyata tanggal 17 agustus 1945 dipilih oleh Presiden Soekarno karena bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Sejarah peperangan besar umat Islam selalu diberi kemenangan di bulan ramadhan. Melihat sejarah tersebut Ir. Soekarno semakin yakin untuk memilih tanggal 17 agustus 1945 sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia.
  1. Tiang agama Islam adalah dengan mendirikan Sholat, maka dari itu Ir. Soekarno memiliki filosofi agar tiang negara kuat maka diambilkan filosofi seperti tiang agama Islam yaitu Sholat. Dalam agama Islam setiap manusia diwajibkan beribadah kepada Allah SWT dengan mendirikan shalat. Shalat wajib dilakukan 5x sehari yaitu Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya. Jika dihitung jumlah dari kelima rakaat sholat wajib maka jumlah totalnya yaitu adalah 17 yaitu Subuh 2 rakaat, Dzuhur 4 rakaat, Ashar 4 rakaat, Maghrib 3 rakaat, Isya 4 rakaat. Presiden Soekarno memiliki keyakinan bahwa setiap yang dilandasi dengan apa yang menjadi perintah Allah SWT maka akan selalu diberikan kekuatan dan dirahmati karena pada hakikatnya kemerdekaan Indonesia adalah atas ijin dari Allah SWT.
  2. Tanggal 17 agustus dipilih karena angka 17 merupakan jumlah rukun shalat. Rukun shalat meliputi (1) niat shalat (2) takbiratul ihram (3) berdiri (4) membaca al-fatihah (5) rukuk (6) thumakninah dalam rukuk (7) iktidal (berdiri bangun dari rukuk) (8) thumakninah dalam iktidal (9) sujud dua kali (10) thumakninah dalam sujud (11) duduk diantara dua sujud (12) thunakninah dalam duduk diantara dua sujud (13) membaca tasyahud akhir (14) duduk (ketika membaca) tasyahud akhir (15) membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dalam duduk tasyahud akhir (16) salam (17) tumakninah dan tertib (mengerjakan secara berurutan tidak boleh dibolak balik).
  3. Pada tanggal 17 agustus 1945, tahun 45 jika diambil filosofi maka filosofi angka empat lima adalah jumlah bacaan syahadat. Setiap orang Islam harus membaca syahadat empat kali, dan lima kali. Malam empat kali yaitu ketika shalat Maghrib dan Isya. Sedangkan pada siang hari lima kali saat shalat Subuh, Dzuhur, dan Ashar.

Baca juga : “ 7 Fakta Menarik Di Balik Angka 13

Nah itulah tadi 7 Fakta menarik dibalik misteri tanggal 17 agustus 1945 dipilih Soekarno sebagai tanggal kemerdekaan Indonesia yang perlu kalian ketahui. Apabila ada kritik, saran maupun pertanyaan seputar ulasan diatas silahkan tinggalkan komentar anda melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga sedikit ulasan diatas dapat menambah wawasan anda tentang misteri angka 17 yang masih menjadi tanda tanya tersebut. Terima kasih sudah mampir dan jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

7 Misteri Tanggal 17 Agustus Dipilih Sebagai Tanggal Kemerdekaan |