√ 11 Misteri Pabrik Gula CEPIRING Kendal

Misteri Pabrik Gula CEPIRING Kendal – Selain terkenal sebagai kota wisata dan kuliner ternyata kota Kendal juga banyak memiliki bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa diantaranya yaitu bangunan bekas pabrik peninggalan jaman kolonial Belanda, yang terkenal yaitu pabrik gula Tjepiring. Bangunan bersejarah di Kendal kini bukan hanya memiliki nilai sejarah namun ternyata juga menyimpan sejuta cerita misteri. Kali ini gudang misteri akan mengupas tuntas fakta seputar misteri pabrik gula Cepiring Kendal. Berdasarkan cerita di masyarakat sudah menyebar luas akan cerita bekas pabrik gula Cepiring adalah salah satu tempat angker di Kendal. Beredar juga mitos pabrik gula Cepiring Kendal bahwa sampai sekarang ketika malam masih terdengar suara mesin-mesin pabrik yang bergemuruh dan suara orang sedang bekerja mengolah tebu menjadi gula seperti pada jaman dahulu ketika pabrik gula ini masih beroperasi.

pabrik gula cepiring

pabrik gula cepiring

Sedikit itu tadi cuplikan mengenai cerita mistis pabrik gula Cepiring Kendal, sebelumnnya masuk ke cerita horor pabrik gula Cepiring yang lebih menyeramkan lagi maka Gudang Misteri akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah berdirinya pabrik gula Cepiring Kendal. Sejarah pabrik Cepiring Kendal yaitu pertama kali didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1835 dengan nama Kendalsche Suiker Onderneming. Pada tahun 1954 pabrik gula cepiring berhasil diambil alih oleh pemerintah Indonesia setelah kemerdekaan. Pada tahun 1998 pabrik cepiring ditutup karena produksi gula terhalang oleh sulitnya mendapatkan bahan baku yaitu tanaman tebu, akhirnya pabrik harus berhenti memproduksi gula. Pada tahun 2004 terbentuk kerjasama bisnis atau JV (joint venture) antara PT Multi Manis Mandiri (64%) dengan PT Perkebunan Nusantara IX (36%) yang menghasilkan PT Industri Gula Nusantara [Fakta 1].

Akhirnya pada tahun 2008 setelah terbentuk perjanjian kerjasama tadi pada tahun 2008 pabrik gula cepiring direvitalisasi atau dipugar ulang sehingga pabrik bisa beroperasi lagi untuk memproduksi gula. Pada tahun 2015 Pabrik gula cepiring kendal akhirnya harus mengalami pailit kembali dan pabrik kembali bangkrut karena mengalami kesulitan masalah keuangan dan pada 09 Oktober 2017 sampai sekarang pabrik gula cepiring kendal ditetapkan oleh pihak pengadilan niaga semarang dalam keadaan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) sementara. Awal mula dibangun pabrik gula Cepiring ini adalah karena pada jaman dahulu Belanda sedang mengalam krisis ekonomi sehingga produksi gula di negara-negara jajahan nya seperti Indonesia diperbanyak untuk menambah pemasukan kas negara Belanda [Fakta 2].

Cerita angker pabrik gula cepiring kendal pernah dialami oleh seorang pekerja pabrik gula cepiring yang mendapatkan shift malam. Pada waktu itu dia berangkat ke pabrik dan menunggu teman lain di luar pabrik namun saat menunggu dia tertidur dan saat terbangun dia sudah di dalam area pabrik, lalu dia keluar namun sampai 3x dia dipindah kedalam pabrik gula terus menerus [Fakta 3]. Kisah mistis pabrik cepiring juga tidak cuma sampai disitu saja, pernah juga ada pekerja pabrik pada saat malam hari dikejar-kejar sosok babi bule yang kemudian berubah menjadi sosok bule seperti perawakan orang Belanda jaman dahulu kala [Fakta 4]. Cerita seram pabrik cepiring selanjutnya pernah ada seorang pekerja yang baru bekerja pabrik gula cepiring pada jaman dahulu pernah dibuat bingung makhluk halus penunggu pabrik gula cepiring yaitu suasana seolah-olah keadaan pabrik dibuat ramai sama seperti dulu kala namun sebenarnya pekerja tersebut hanya sendiri tidak ada siapa-siapa di pabrik gula tersebut [Fakta 5].

Misteri pabrik cepiring kendal pernah juga dialami oleh seorang pekerja baru di pabrik gula cepiring yang kebetulan dapat shift malam baru pertama kali. Nah pada saat ingin bertanya pada satpam, ternyata saat menoleh satpam tersebut tidak punya muka alias muka rata [Fakta 6]. Selain di area bekas pabrik gula ternyata di bagian cerobong asap menara pabrik untuk pembuangan limbah di pabrik gula cepiring juga menyimpan misteri yaitu konon terdapat 2 ekor ular yang sangat besar dan mitos tersebut terbukti ketika th 2007 orang pada membersihkan cerobong besarnya itu terdapat 2 ekor ular besar ,lalu dibawanya ke semarang ular tersebut [Fakta 6]. Cerita angkernya pabrik gula cepiring terakhir yaitu pernah ada seseorang yang mengambil foto selfie di area ditemukan ular besar yang dianggap warga sebagai ular siluman atau ular jadi-jadian ternyata setelah sampai rumah fotonya tadi dilihat terdapat penampakan sosok kepala wanita besar [Fakta 7]

Selain cerita mistis pabrik gula cepiring juga memiliki sebuah tradisi wajib yaitu tradisi wiwitan ini adalah sebuah tradisi awal berwujud sebuah pasar rakyat atau lebih akrab dinamakan pasar malam yang diselenggarakan pihak Pabrik Gula (PG) Cepiring  untuk menandai awal atau permulaan  proses penggilingan tebu di pabrik gula satu satunya di Kabupaten Kendal ini. Prosesi Wiwitan ini sendiri tergolong unik dimana didahului dengan acara pawai dan arak arakan Penganten Tebu berupa simbol dua batang tebu yang didandani layaknya sepasang suami istri, biasanya melibatkan kesenian lokal seperti Barongan, Jaran Eblek dan Dawangan yang berada di baris depan mengawal seekor kerbau yang akan disembelih dan kemudian kepalanya ditanam di bawah Krosteen atau cerobong asap berukuran raksasa yang merupakan Ikon kota Cepiring sejak jaman penjajahan Belanda [Fakta 8].

Setelah ritual penguburan kepala Kerbau tersebut kemudian selama kurang lebih seminggu masyarakat akan dihibur oleh sebuah event pasar malam yang meriah dan ramai untuk ukuran jaman itu, ambil sampel ditahun 1985 an ketika penulis masih duduk di bangku Sekolah Dasar, kami para bocah selalu menunggu adanya pesta rakyat ini, disamping melihat kesenian Barongan, kami selalu terpesona dengan sejumlah mitos yang ada di seputar pabrik  gula itu seperti sepasukan Hantu Tentara Belanda yang  gentayangan ditengah malam menemui para pengunjung Wiwitan atau cerita tentang Hantu Noni Belanda cantik di lokasi Gedung besar  yang konon sempat menjadi markas tentara Belanda dan bahkan hantu bule yang berpakaian compang camping di bangunan SD Negeri 3 Cepiring dulunya menurut hikayat adalah merupakan  Rumah Sakit Jiwa bagi orang Belanda yang tertekan karena perang  dan sebab yang lain [Fakta 9].

Itulah tadi sedikit cerita mengenai sejarah singkat pabrik gula Cepiring Kendal yang terkenal sebagai salah satu bekas pabrik paling angker di Indonesia. Bahkan dulu sempat dikunjungi oleh mister tukul jalan-jalan sebagai tempat uji nyali dunia lain namun tidak jadi karena paranormal tidak berani karena makhluk halus penunggu pabrik gula Cepiring memiliki energi negatif yang sangat kuat, mempertimbangkan hal tersebut demi keamanan peserta uji nyali akhirnya uji nyali di pabrik gula Cepiring Kendal dibatalkan [Fakta 10]. Terkenal akan keangkerannya maka pabrik yang terletak di pinggir jalan ini membuat orang-orang tidak berani lewat sendirian di area bekas pabrik gula Cepiring saat malam hari.

Berdasarkan penelusuran tim Gudang Misteri di salah satu pabrik tua peninggalan Belanda yang terkenal angker di Indonesia yaitu pabrik gula Cepiring Kendal maka dapat ditarik sebuah fakta misteri seputar pabrik gula Cepiring berikut ini sebagai pembuktian dari cerita misteri, cerita horor, cerita mistis, mitos di masyarakat dan penampakan hantu serta kejadian gaib yang tak kasat mata diperoleh fakta misteri bahwa memang pabrik gula di Cepiring Kendal adalah tempat yang angker, tempat yang banyak dihuni oleh makhluk halus seperti setan dan jin [Fakta 11].

Baca juga : “ √ 48 Arti CEGUKAN pada Pria dan Wanita

Itulah tadi ulasan seputar salah satu misteri bekas pabrik tua yang angker di Indonesia yaitu misteri pabrik gula Cepiring Kendal, mungkin dari tulisan ini masih banyak kekurangan mengenai fakta seputar pabrik gula Cepiring ini bisa anda tambahkan di kolom komentar. Di lain kesempatan gudang misteri akan mengupas tuntas misteri pabrik gula angker lainnya.

√ 11 Misteri Pabrik Gula CEPIRING Kendal |