√ 7 Misteri Pabrik Gula COLOMADU Karanganyar

Misteri Pabrik Gula COLOMADU Karanganyar – Selain terkenal sebagai kota wisata dan kuliner ternyata kota Karanganyar juga banyak memiliki bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa diantaranya yaitu bangunan bekas pabrik peninggalan jaman kolonial Belanda, yang terkenal yaitu pabrik gula tasikmadu, pabrik gula Colomadu dan museum gula sondokoro. Bangunan bersejarah di Karanganyar kini bukan hanya memiliki nilai sejarah namun ternyata juga menyimpan sejuta cerita misteri. Kali ini gudang misteri akan mengupas tuntas fakta seputar misteri pabrik gula Colomadu Karanganyar yang sekarang sudah menjadi De Tjolomadoe. Berdasarkan cerita di masyarakat sudah menyebar luas akan cerita bekas pabrik gula Colomadu adalah salah satu tempat angker di Karanganyar. Beredar juga mitos pabrik gula Colomadu Karanganyar bahwa sampai sekarang ketika malam masih terdengar suara mesin-mesin pabrik yang bergemuruh dan suara orang sedang bekerja mengolah tebu menjadi gula seperti pada jaman dahulu ketika pabrik gula ini masih beroperasi.

pabrik gula colomadu karanganyar

pabrik gula colomadu karanganyar

Sedikit itu tadi cuplikan mengenai cerita mistis pabrik gula Colomadu Karanganyar, sebelumnnya masuk ke cerita horor pabrik gula Colomadu yang lebih menyeramkan lagi maka Gudang Misteri akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah berdirinya pabrik gula Colomadu Karanganyar. Sejarah pabrik Colomadu Karanganyar yaitu Pabrik Gula Colomadu dibangun oleh KGPAA Mangkunagoro IV (1853-1881) pada hari Minggu tanggal 8 Desember 1861 di Desa Malangjiwan. Tekad beliau membangun industri perkebunan tebu antara lain gula merupakan ekspor yang waktu itu sedang naik daun di pasaran internasional dan tebu juga terbiasa ditanam di tanah-tanah Mangkunegaran. Ketika itu biaya pembangunan Colomadu mencapai f400.000 yang salah satu sumber modalnya berasal dari keuntungan perkebunan kopi milik Praja Mangkunegaran. Peralatan produksi gula didatangkan langsung dari Eropa. Mangkunagoro IV memberi nama Pabrik Gula Colomadu yang artinya gunung madu [Fakta 1].

Nama itu mengandung makna harapan agar kehadiran pabrik gula menjadi simpanan kekayaan dalam bentuk gula pasir yang menyerupai gunung. Hasil panen perdana tahun 1863 dari 135 bahu sawah yang ditanami tebu menghasilkan 6.000 pikul gula. Sebuah angka produksi yang terbilang fantastis untuk ukuran saat itu karena mampu menyamai rata-rata produksi gula per pikul di Jawa. Gula selain dikonsumsi sendiri dijual ke Belanda, Singapura dan Bandaneira. Hasil keuntungan penjualan Pabrik Gula Colomadu digunakan Mangkunagoro IV untuk menggaji pegawai, merenovasi Puro Mangkunegaran, mendirikan sekolah rakyat, membangun sarana irigasi, dan jalan. Pabrik Gula Colomadu yang semula mengalami kejayaan dikelola oleh Mangkunegaran untuk kepentingan keluarga dan rakyat Mangkunegaran harus dinasionalisasi ke tangan Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1946 [fakta 2]. Penggunaan kata nasionalisasi atas aset Mangkunegaran tidaklah tepat karena makna nasionalisasi adalah menjadikan milik asing menjadi milik negara. Padahal Mangkunegaran bukanlah bangsa asing melainkan salah satu kerajaan yang turut menyokong berdirinya negara Republik Indonesia.

Awal mula dibangun pabrik gula Colomadu ini adalah karena pada jaman dahulu Belanda sedang mengalam krisis ekonomi sehingga produksi gula di negara-negara jajahan nya seperti Indonesia diperbanyak untuk menambah pemasukan kas negara Belanda [fakta 3]. Maka dari itu setelah sukses membangun pabrik gula Tasikmadu,  Belanda menambah pabrik gula lagi di Colomadu untuk meningkatkan hasil produksi gula.

Itulah tadi sedikit cerita mengenai sejarah pabrik gula Colomadu Karanganyar yang terkenal sebagai salah satu bekas pabrik paling angker di Indonesia. Bahkan dulu sempat mau dijadikan sebagai tempat uji nyali dunia lain namun tidak jadi karena paranormal tidak berani karena makhluk halus penunggu pabrik gula Colomadu memiliki energi negatif yang sangat kuat, mempertimbangkan hal tersebut demi keamanan peserta uji nyali akhirnya uji nyali di pabrik gula Colomadu Karanganyar dibatalkan [fakta 4]. Terkenal akan keangkerannya maka pabrik yang terletak di pinggir jalan ini membuat orang-orang tidak berani lewat sendirian di area bekas pabrik gula Colomadu saat malam hari.

Nah sekarang lanjut cerita mengenai bagian-bagian dari bekas pabrik gula Colomadu Karanganyar sebelum di revitalisasi pemerintah tahun 2017 lalu oleh menteri Rini Soemarno. Mulai dari pintu masuk menuju pabrik gula ini nampak lokomotif kereta tanpa gerbong yang dipajang di depan gapura pintu masuk pabrik gula Colomadu, disana anda akan disambut oleh satpam penjaga pabrik yang akan mengantarkan anda melihat-lihat bekas bangunan pabrik tua ini. Berlanjut menuju ke bangunan utama pabrik masih sekitar 400 meter dari pintu masuk gapura, sepanjang jalan menuju bekas bangunan utama pabrik ini di kanan-kiri terdapat rumah dinas yang digunakan oleh para petinggi pabrik seperti mandor, manager dan direktur.

Tepat sebelum masuk ke bangunan utama pabrik terdapat pom mini untuk tempat mengisi bahan bakar truk pengangkut tebu pada jaman dahulu. Masuk ke bangunan utama pabrik gula Colomadu terdapat mesin-mesin tua untuk menggiling tebu, mesin uap untuk mengubah tebu menjadi gula, ruang pembakaran / bore, ruang perawatan lokomotif, ruang perapian bawah tanah / ketel, cerobong asap, tempat penimbangan tebu, ruang pengangkutan tebu. Selama mengelilingi seluruh bangunan bekas pabrik gula Colomadu Karanganyar yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di Karanganyar ini memanga energi negatif terasa sangat kuat, banyak suara-suara benda jatuh sendiri, penampakan sosok wanita cantik berbadan ular, bau yang tidak sedap, angin yang berputar-putar tiba-tiba [fakta 5].

Berdasarkan penelusuran tim Gudang Misteri di salah satu pabrik tua peninggalan Belanda yang terkenal angker di Indonesia yaitu pabrik gula Colomadu Karanganyar maka dapat ditarik sebuah fakta misteri seputar pabrik gula Colomadu berikut ini sebagai pembuktian dari cerita misteri, cerita horor, cerita mistis, mitos di masyarakat dan penampakan hantu serta kejadian gaib yang tak kasat mata diperoleh fakta misteri bahwa memang pabrik gula di Colomadu Karanganyar adalah tempat yang angker, tempat yang banyak dihuni oleh makhluk halus seperti setan dan jin [fakta 6]. Walaupun sampai sekarang di siang hari bekas pabrik gula digunakan sebagai pabrik pengolahan pupuk namun saat malam hari tidak ada yang berani masuk ke area bangunan utama pabrik gula tersebut [fakta 7].

Baca juga : “ √ 7 Misteri Pabrik Gula TRANGKIL Pati

Itulah tadi ulasan seputar salah satu misteri bekas pabrik tua yang angker di Indonesia yaitu misteri pabrik gula Colomadu Karanganyar, mungkin dari tulisan ini masih banyak kekurangan mengenai fakta seputar pabrik gula Colomadu ini bisa anda tambahkan di kolom komentar. Di lain kesempatan gudang misteri akan mengupas tuntas misteri pabrik gula angker tasikmadu di Karanganyar.

√ 7 Misteri Pabrik Gula COLOMADU Karanganyar |