√ 11 Misteri Pabrik Gula PANGKA Tegal

Misteri pabrik gula pangkah slawi tegal – Selain terkenal sebagai kota seni dan budaya ternyata kota Tegal juga banyak memiliki bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa diantaranya yaitu bangunan bekas pabrik peninggalan jaman kolonial Belanda, yang terkenal yaitu pabrik gula Pangka ada yang menyebutnya juga dengan pabrik gula Pangkah karena terletak di kecamatan Pangkah, Slawi kota Tegal. Bangunan bersejarah di Tegal yang sampai saat ini menjadi salah satunya pabrik gula peninggalan Belanda yang masih beroperasi memproduksi gula di kota Tegal ini bukan hanya memiliki nilai sejarah namun ternyata juga menyimpan sejuta cerita misteri. Pada kesempatan ini gudang misteri akan mengupas tuntas fakta seputar misteri pabrik gula Pangka Tegal. Berdasarkan cerita di masyarakat sudah menyebar luas akan cerita bekas pabrik gula Pangka adalah salah satu tempat angker di Tegal. Beredar juga mitos pabrik gula Pangka Tegal bahwa sampai sekarang ketika malam masih banyak penampakan makhluk astral penunggu pabrik gula pangka.

pabrik gula pangkah tegal

pabrik gula pangkah tegal

Sedikit itu tadi cuplikan mengenai cerita mistis pabrik gula Pangka Tegal, sebelumnnya masuk ke cerita horor pabrik gula Pangka yang lebih menyeramkan lagi maka Gudang Misteri akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah berdirinya pabrik gula Pangka Tegal. Sejarah pabrik Pangka Tegal yaitu PG Pangka ini didirikan pada zaman Belanda. Tepatnya tahun 1832. Berarti sudah sekitar 182 tahun bangunan itu masih berdiri. Pemilik PG Pangka ini adalah Nv Mitjot Explitatie Dert Suiker Fabrieken dikelola oleh NV KOSY dan SUCIER yang bekedudukan di Surakarta. Bangunan ini berdiri di areal seluas 2,975 hektar di Desa Pangkah, Kecamatan Pangkah,  Kabupaten Tegal. Pada waktu pendiriaanya ribuan tenaga kerja pribumi dikerahkan dengan sistem kerja paksa oleh pemerintah kolonial Belanda. Berdasarkan UU Nomor 86 Tahun 1958, PG Pangka telah diambil oleh Pemerintah Republik Indonesia atau istilah populer pada saat itu “di Nasionalisasi” [Fakta 1].

Pada masa pemerintahan Hindia Belanda, ada berbagai macam komoditas unggulan Hindia Belanda, dan gula sebagai salah satunya. Dan di Slawi, terdapat salah satu peninggalan pabrik gula yang memproduksi gula tebu besar-besaran yaitu Pabrik Gula Pangkah. Pabrik gula yang dibangun pada 1832 ini, masih berfungsi sampai sekarang meskipun produksinya sudah tidak sebesar pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Pabrik Gula di Pangkah, Slawi, Jawa Tengah ini, mengalami masa jaya sampai tahun 1930-an. Ketika krisis ekonomi dunia tahun 1933 terjadi, pabrik ini pun mengalami dampaknya, apalagi terdapat pembatasan harga gula dunia, yang mengakibatkan produksi gula harus dibatasi. Dan ketika Jepang masuk ke nusantara, banyak pabrik gula yang dibumi hanguskan, namun Pabrik Gula Pangkah masih bertahan. Ada sekitar 179 pabrik gula di Jawa pada masa Hindia Belanda, menjadi 49 saja pada masa Jepang berkuasa [Fakta 2].

Cerita angker pabrik gula Pangka Tegal diawali dari pendiri pabrik gula pangka tegal yaitu Mr. Harbouss. Konon menurut cerita masyarakat sekitar pabrik gula pangka pada jaman dahulu sosok Mr. Harbouss  adalah sosok yang dikenal disiplin dan disegani serta baik hati kepada para pribumi, selain itu Mr. Harbouss juga orang Belanda yang njawani dan punya linuwih atau kesaktian. Kesaktian Mr. Harbouss sudah menjadi mitos yang tak pernah dipungkiri masyarakat kecamatan Pangkah hingga kini. Dikisahkan pada suatu hari Mr. Harbouss berkunjung ke kebun tebu di wilayah kecamatan Kedungbanteng. Ia disana secara kebetulan melakukan transaksi penjualan sebidang tanah sawah yang bakal dijadikan perluasan area perkebunan tebu. Sedangkan rakyat kedung banteng menjual tanah tersebut untuk membiayai anak-anaknya sekolah.

Si penjual bercerita pada istri dan saudara-saudaranya tanah yang luasnya ratusan hektar itu dibayar dengan uang logam yang berlaku saat itu dan dikeluarkan dari sepatunya Mr. Harboss sampai tak habis-habis. Baru setelah dihitung dan jumlahnya sesuai transaksi Mr. Harbouss pun berhenti menumpahkan uang dari kedua sepatu larsnya. Kisah kesaktian Mr. Harbouss menjadi mitos hingga kini bahwa dia memang sakti dan linuwih bahkan ada yang bilang ia adalah jelmaan leluhur Wong Tegal dimasa lalu dalam wujud orang Belanda yang baik [Fakta 3].

Salah satu bukti linuwih yang dimiliki Mr. Harbouss yang bisa dibuktikan hingga kini adalah bagaimana ia menanamkan kejujuran pada semua anak buah dan karyawan pabriknya. Mr. Harbouss menuturkan; “Barangsiapa yang menikmati hasil jerih payahnya bekerja di PG Pangka sesuai dengan gaji dan aturan yang ditetapkan, maka ia akan hidup berkecukupan. Namun bila berani korupsi dan mencuri kekayaan pabrik untuk tujuan semena-mena, demi keuntungan pribadi, Silahkan saja katanya. Namun kelak orang yang mencuri milik pabrik ini, akan bangkrut dan mendapat celaka.”

Kisah ini selain dianggap mitos juga bermanfaat menjadi etos kerja karyawan pabrik gula Pangka. Banyak pegawai yang hidup sederhana dengan gaji yang sesuai aturan dan tidak mencari tambahan secara tidak halal, ia hidup degan sederhana, bersahaja dan sehat walafiat. anak-anaknya pun bisa melanjutkan kinerja ayahnya di pabrik. Tapi kalau berani sekali saja pegawai itu korupsi atau mencuri kekayaan pabrik untuk kepentinganya sendiri. Maka ia selamanya tidak dipercaya meski pindah dimanapun hidupnya menjadi seperti dikejar setan. kian hari kian menjadi bangkrut. Rumah tangganya hancur. Mitos Mister Harbouss sampai kini masih mengental bersama keunikan ruang dan mistisnya bangunan PG Pangka. MR HARBOUSS dikenal tidak mati tapi MOKSWA dalam bahasa belanda, kalau dalam bahasa jawa Mukso atau Murco [Fakta 4].

Cerita misteri pabrik gula Pangka selanjutnya juga pernah dialami oleh satpam pabrik gula Pangka yang sudah bekerja puluhan tahun sebagai penjaga seluruh kawasan pabrik gula, bahkan kejadian mistis yang dialami oleh satpam tersebut tidak hanya 1x saja namun berulang-ulang. Pada waktu itu dia berkeliling di pabrik namun saat memasuki di ruang ketel dia dijumpai sosok kakek yang berkaki panjang sedang ngesot [Fakta 5]. Cerita seram pabrik Pangka selanjutnya yaitu sama ketika sedang berkeliling pabrik sang satpam diikuti oleh sosok tentara belanda tanpa kepala di ruang penggilingan [Fakta 6]. Kemudian satpam juga pernah dijumpai penampakan noni belanda yang wajahnya hancur di area ruang penguapan pada saat jaga malam di pos penjagaan [Fakta 7].

Selain cerita mistis pabrik gula Pangka juga memiliki sebuah tradisi wajib tahunan yaitu ritual “Temanten Tebu”, acara yang dilaksanakan hanya setahun sekali, yaitu pada saat selametan pesta giling tebu antara bulan April – Mei. Ritual temanten tebu bertujuan mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kekayaan alam. Simbol penganten tebu, diambil dari tebu milik petani dan milik PG Pangka. Satu simbol persatuan antara petani dan PG dalam menyongsong panen raya dan giling. Konon aura pancaran sinar wajah temanten dapat mencerminkan hasil panen tebu yang akan datang yaitu berhasil atau tidak [Fakta 8].

Setelah ritual temanten tebu tersebut kemudian ada juga misteri yang masih berkaitan dengan pabrik gula pangka sehingga menambah cerita angker pabrik gula pangka ini yaitu  “Misteri Rumah Besaran”, rumah berlantai dua tempat manajer dan perwira Belanda sebagai pembesar pada saat itu mengadakan pertemuan membahas permasalahan perusahaan dan keamanan. Bangunan langka ini sering digunakan untuk sebagai objek fotografer bahkan pernah untuk lokasi syuting film horror tentang pabrik gula Pangka. Sekarang rumah ini ditempati oleh Administratur PG Pangka, dilantai atas ada satu ruangan yang tidak sembarangan orang bisa masuk, konon ada benda-benda keramat peninggalan Tuan Halboussh, Sosok misteri boss pendiri pabrik gula pangka tegal yang selalu melekat di hati rakyat selama PG Pangka masih ada [Fakta 9].

Itulah tadi sedikit cerita mengenai sejarah singkat pabrik gula Pangka Tegal yang terkenal sebagai salah satu bekas pabrik paling angker di Indonesia. Bahkan dulu sempat dikunjungi oleh tim zona angker Transt TV untuk menguak kisah angker di pabrik gula pangka namun karena makhluk halus penunggu pabrik gula Pangka memiliki energi negatif yang sangat kuat, mempertimbangkan hal tersebut maka penelusuran makhluk halus penunggu pabrik gula Pangka Tegal tidak dilanjutkan [Fakta 10].

Berdasarkan penelusuran tim Gudang Misteri di salah satu pabrik tua peninggalan Belanda yang terkenal angker di Indonesia yaitu pabrik gula Pangka Tegal maka dapat ditarik sebuah fakta misteri seputar pabrik gula Pangka berikut ini sebagai pembuktian dari cerita misteri, cerita horor, cerita mistis, mitos di masyarakat dan penampakan hantu serta kejadian gaib yang tak kasat mata diperoleh fakta misteri bahwa memang pabrik gula di Pangka Tegal adalah tempat yang angker, tempat yang banyak dihuni oleh makhluk halus seperti setan dan jin [Fakta 11].

Baca juga : “√ 24 Arti GARIS TANGAN pada Pria dan Wanita

Itulah tadi ulasan seputar salah satu misteri bekas pabrik tua yang angker di Indonesia yaitu misteri pabrik gula Pangka Tegal, mungkin dari tulisan ini masih banyak kekurangan mengenai fakta seputar pabrik gula Pangka ini bisa anda tambahkan di kolom komentar. Di lain kesempatan gudang misteri akan mengupas tuntas misteri pabrik gula angker lainnya.

√ 11 Misteri Pabrik Gula PANGKA Tegal |