√ 15 Mitos Arti Suara TOKEK Menurut Primbon

Mitos arti suara tokek menurut primbon – Salah satu hewan yang kadang dijadikan sebagai bahan mitos menurut primbon jawa yaitu hewan tokek, suara hewan tokek yang khas dipercaya masih berhubungan dengan dunia mistis menurut kepercayaan orang jawa kuno. Tokek merupakan hewan sejenis cicak yang memiliki ukuran dan berat yang lebih besar. Hewan tokek adalah anggota marga Gekko dan suku Gekkonidae, yang biasanya ada di dalam rumah termasuk jenis Gecko gecko atau tokek rumah. Tokek memiliki ukuran yang berbeda-beda, biasanya memiliki berat yang lebih dari 1.5 ons hingga puluhan kilogram, tergantung dari usia tokek tersebut. Hewan tokek beberapa saat yang lalu sempat menjadi perbincangan karena harga jualnya yang cukup mahal. Hewan tokek semakin besar, semakin berat dan tua umurnya, maka harga jualnya akan sangat tinggi. Ada yang percaya hewan tokek dapat digunakan untuk menyembuhkan suatu penyakit, ada pula yang menggunakan hewan tokek sebagai hewan peliharaan.

mitos suara tokek

mitos suara tokek

Keberadaan hewan tokek ini memang masih menimbulkan simpang siur keterkaitannya dengan misteri atau mitos yang beredar di masyarakat. Ada yang mengatakan jika hewan tokek berada di suatu bangunan atau rumah merupakan pertanda jika di tempat tersebut terdapat makhlus halusnya, ada pula yang mengaitkan dengan pertanda kemunculan makhluk yang tak kasat mata lainnya. Suara tokek merupakan sebuah pertanda berdasarkan perhitungan suara yang dihasilkan oleh tokek yaitu berbunyi ganjil atau genap. Jika hewan tokek berbunyi dengan jumlah ganjil, dipercaya ada makhluk halus di tempat itu, begitu juga sebaliknya jika berbunyi dengan jumlah yang genap pertanda ada hal baik pada tempat itu. Ada pula yang mengatakan jika bunyi tokek berbunyi ganjil merupakan pertanda akan datangnya hal buruk atau sesuatu yang buruk akan terjadi, sebaliknya jika bunyi tokek terdengar dengan jumlah yang genap maka akan terjadi sesuatu hal yang baik.

Di Bali banyak orang yang mempercayai mitos bunyi tokek berdasarkan jumlah ganjil dan genap. Jika tokek berbunyi ganjil maka dipercaya akan membawa kebaikan atau hal baik akan terjadi, tapi jika tokek berbunyi genap maka akan terjadi hal buruk atau membawa keburukan. Secara lengkapnya mitos arti suara tokek menurut primbon yaitu :

  1. Berbunyi 1 kali atau Sida Karya yang artinya sukses dalam pekerjaan
  2. Berbunyi 2 kali atau Nemu Asih yang artinya saling mengasihi
  3. Berbunyi 3 kali atau Suwung Kepangih yang artinya menemui kesepian
  4. Berbunyi 4 kali atau Menemuredut yang artinya mendapatkan kesusahan
  5. Berbunyi 5 kali atau Sanggih Suka yang artinya mendapatkan kebahagiaan
  6. Berbunyi 6 kali atau Sengkala Gering yang artinya malapetaka
  7. Berbunyi 7 kali atau Nemu Ayu yang artinya mendapatkan kebaikan
  8. Berbunyi 8 kali atau Ala Gering yang artinya mendapatkan keburukan
  9. Berbunyi 9 kali atau Sengsara Bara yang artinya sengsara yang tidak berkesudahan
  10. Berbunyi 10 kali atau Wiryaguna yang artinya menjadi sangat berguna
  11. Berbunyi 11 kali atau Kirang Sekaya yang artinya kekurangan harta
  12. Berbunyi 12 kali atau Meweh Kepanggih yang artinya bertemu kesusahan
  13. Berbunyi 13 kali atau Laba Bhukti yang artinya mendapatkan keuntungan
  14. Berbunyi 14 kali atau Setata Uyut yang artinya selalu ribut
  15. Berbunyi 15 kali atau Ala Dahat yang artinya buruk sekali

Baca juga : “ 7 Misteri Pabrik Gula MADUKISMO Yogyakarta

Tentunya ini hanya mitos yang beredar di sekitar kita, tokek mengeluarkan bunyi suara dapat memiliki beragam artian. Secara biologis tokek berbunyi bisa saja sedang dalam musim kawin sehingga bunyian tersebut untuk memanggil kawanannya atau mencari pasangannya. Jadi belum tentu semua hal itu benar karena yang namanya mitos dapat kita percaya atau tidak tergantung pada diri masing-masing. Semoga sedikit ulasan mengenai arti mitos suara tokek diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

√ 15 Mitos Arti Suara TOKEK Menurut Primbon |