√ 7 Misteri Pabrik Gula MADUKISMO Yogyakarta

Misteri pabrik gula Madukismo Yogyakarta – Selain terkenal sebagai kota wisata plesiran dan budaya ternyata kota Yogyakarta juga banyak memiliki bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa diantaranya yaitu bangunan bekas pabrik peninggalan jaman kolonial Belanda, yang terkenal yaitu pabrik gula Madukismo ada yang menyebutnya juga dengan pabrik gula Madukismo karena terletak Desa Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Bangunan bersejarah di Yogyakarta yang sampai saat ini menjadi salah satunya pabrik gula peninggalan Belanda yang masih beroperasi memproduksi gula di kota Yogyakarta ini bukan hanya memiliki nilai sejarah namun ternyata juga menyimpan sejuta cerita misteri. Pada kesempatan ini gudang misteri akan mengupas tuntas fakta seputar misteri pabrik gula Madukismo Yogyakarta. Berdasarkan cerita di masyarakat sudah menyebar luas akan cerita bekas pabrik gula Madukismo adalah salah satu tempat angker di Yogyakarta. Beredar juga mitos pabrik gula Madukismo Yogyakarta bahwa sampai sekarang ketika malam masih banyak penampakan makhluk astral penunggu pabrik gula Madukismo.

pabrik gula madukismo

pabrik gula madukismo

Sedikit itu tadi cuplikan mengenai cerita mistis pabrik gula Madukismo Yogyakarta, sebelumnnya masuk ke cerita horor pabrik gula Madukismo yang lebih menyeramkan lagi maka Gudang Misteri akan membahas terlebih dahulu mengenai sejarah berdirinya pabrik gula Madukismo Yogyakarta. Sejarah pabrik Madukismo Yogyakarta yaitu pertama kali dibangun pada tahun 1955 atas prakarsa Sri Sultan Hamengkubuwono IX diresmikan pada 29 Mei 1958 oleh Presiden Ir. Soekarno. PG Madukismo mulai produksi gula pada tahun 1958, lalu pabrik spritus pada tahun 1959. PG Madukismo adalah satu-satunya pabrik gula dan pabrik alkohol atau spritus di Provinsi DIY. Kontraktor utama pembangunan PG Maduskismo yaitu Machine Fabriek Sangerhausen, Jerman Timur dan diberi Pabrik-Pabrik Gula Madubaru PT. (P2G. Madubaru PT), Memiliki 2 pabrik yaitu Pabrik Gula (PG) Madukismo, Pabrik Alkohol atau Pabrik Spiritus (PS) Madukismo. Pemilik saham PG Madukismo awal berdiri 75% milik Sri Sultan Hamengkubuwana IX, 25% milik pemerintah RI. Saat ini dirubah menjadi 65% milik Sri Sultan Hamengkubuwono X, 35% milik pemerintah RI. Produksi utama dari PG. Madukismo adalah gula pasir dengan kualitas SHS IA (Superior Head Sugar) atau GKP (Gula Kristal Putih). Mutu produksi di pantau oleh P3GI Pasuruan (Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia). Sedangkan produksi samping dari PS. Madukismo yaitu Alkohol murni kadar minimal 95% dan spiritus bakarkadar 94%, mutu dipantau oleh balai penelitian kimia departemen perindustrian dan PT. Sucoffindo Indonesia. [Fakta 1]

Setelah sejarah singkat tentang PG madukismo maka kita bahas tentang berbagai cerita mistis, mitos dan misteri pabrik gula madukismo yogyakarta yang terkenal angker. Misteri pertama yaitu di lokasi remise atau rumah lokomotif di PG Madukismo terdapat sebuah loko tua yang bertenaga uap padahal semua lokomotif yang digunakan di PG madukismo adalah loko diesel. Loko uap yang terlihat seperti besi tua tersebut dipenuhi debu dan karat, konon di loko uap tersebut sering terlihat penampakan orang berbaju putih seperti menir belanda [Fakta 2]. Cerita misteri pabrik gula Madukismo selanjutnya juga pernah dialami oleh beberapa murid yang kebetulan sedang mengadakan kunjungan study tour di pabrik gula Madukismo, pada waktu itu beberapa murid yang berkeliling di pabrik iseng untuk mengambil foto selfie di dalam pabrik gula madukismo namun beberapa kali foto hasilnya selalu gelap dan tidak ada gambarnya, kejadian aneh di PG madukismo ini sempat ditulis di laman blog pribadi murid yang melakukan study tour tadi [Fakta 3]. Cerita seram pabrik Madukismo selanjutnya yaitu beberapa warga di sekitar pabrik gula madukismo sering mendengar gaung suara uap kereta api pengangkut tebu saat malam hari, beberapa warga mengaku sering mendengar beberapa kali dalam semalam bukan cuma sekali [Fakta 4].

Selain cerita mistis pabrik gula Madukismo juga memiliki sebuah tradisi wajib tahunan yaitu ritual “Kirab Tebu Temanten” atau tradisi Cembrengan / Ngarak Tebu Temanten, acara yang dilaksanakan hanya setahun sekali, yaitu pada saat selamatan pesta panen tebu mulai awal produksi gula antara bulan April – Mei. Ritual kirab tebu temanten bertujuan mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan kekayaan alam. Simbol penganten tebu, diambil dari tebu milik petani dan milik PG Madukismo. Satu simbol persatuan antara petani dan PG dalam menyongsong panen raya dan giling. Konon aura pancaran sinar wajah temanten dapat mencerminkan hasil panen tebu yang akan datang yaitu berhasil atau tidak [Fakta 5].

Itulah tadi sedikit cerita mengenai sejarah singkat pabrik gula Madukismo Yogyakarta yang terkenal sebagai salah satu bekas pabrik paling angker di Indonesia. Setelah ritual kirab tebu temanten tersebut kemudian ada juga misteri yang masih berkaitan dengan pabrik gula Madukismo sehingga menambah cerita angker pabrik gula Madukismo ini yaitu didatangi tim dunia lain sebagai lokasi uji nyali dan lokasi syuting acara 2 dunia trans tv namun karena makhluk halus penunggu pabrik gula Madukismo memiliki energi negatif yang sangat kuat, mempertimbangkan hal tersebut maka penelusuran makhluk halus penunggu pabrik gula Madukismo Yogyakarta tidak dilanjutkan [Fakta 6].

Berdasarkan penelusuran tim Gudang Misteri di salah satu pabrik tua peninggalan Belanda yang terkenal angker di Indonesia yaitu pabrik gula Madukismo Yogyakarta maka dapat ditarik sebuah fakta misteri seputar pabrik gula Madukismo berikut ini sebagai pembuktian dari cerita misteri, cerita horor, cerita mistis, mitos di masyarakat dan penampakan hantu serta kejadian gaib yang tak kasat mata diperoleh fakta misteri bahwa memang pabrik gula di Madukismo Yogyakarta adalah tempat yang angker, tempat yang banyak dihuni oleh makhluk halus seperti setan dan jin [Fakta 7].

Baca juga : “√ Mitos ANGKA KERAMAT yang Ada di Sekitar Kita

Itulah tadi ulasan seputar salah satu misteri bekas pabrik tua yang angker di Indonesia yaitu misteri pabrik gula Madukismo Yogyakarta, mungkin dari tulisan ini masih banyak kekurangan mengenai fakta seputar pabrik gula Madukismo ini bisa anda tambahkan di kolom komentar. Di lain kesempatan gudang misteri akan mengupas tuntas misteri pabrik gula angker lainnya.

√ 7 Misteri Pabrik Gula MADUKISMO Yogyakarta |