4 Fakta Misteri Jembatan Gemblung di Sleman Yogyakarta

Pada kesempatan kali ini tim gudang misteri akan mengulas salah satu tempat angker di Sleman yang konon dari cerita masyarakat sekitar banyak  makhluk astral yang sering mengganggu manusia yang kebetulan lewat yaitu jembatan gemblung. Jembatan gemblung merupakan tempat angker di Sleman yang dari mitos masyarakat sekitar tentang jembatan gemblung sering digunakan oleh orang untuk tempat mencari pesugihan. Jembatan gemblung tepatnya terletak di Berbah, Sleman provinsi Yogyakarta merupakan jembatan kuno peninggalan pada masa penjajahan Belanda silam. Walaupun kini keadaannya sudah usang namun jembatan gemblung sampai saat ini masih berfungsi sebagai jalan penghubung antara dua daerah dan banyak digunakan sebagai tempat pemotretan karena memang kali di bawahnya memiliki pemandangan yang indah.

misteri jembatan gemblung

misteri jembatan gemblung

Berdasarkan mitos tentang jembatan gemblung yang beredar luas tersebut maka tim dari dua dunia mencoba menguak fakta tentang jembatan gemblung tersebut. Setelah dilakukan mediumisasi maka makhluk astral para penunggu jembatan gemblung satu persatu mulai dikuak untuk digali informasi tentang fakta jembatan gemblung tersebut. Berdasarkan hasil mediumisasi maka diperoleh beberapa fakta mengenai misteri jembatan gemblung di bawah ini :

  1. Asal usul nama jembatan gemblung

Berdasarkan dari salah satu makhluk astral yang berhasil digali informasinya oleh tim dua dunia yaitu mbah jugil, mbah jugil adalah sosok makhluk astral yang suka menampakkan diri dan sudah sejak jaman dahulu ada sebelum jembatan dibangun. Berdasarkan  keterangan dari mbah jugil asal usul jembatan gemblung adalah karena pada jaman dahulu jembatan tersebut masih sepi dan banyak begal dan perampok. Karena seringnya orang lewat di begal dan dirampok maka timbul istilah gemblung atau dalam bahasa indonesia berarti tak punya hati. Sejak saat itu jembatan yang menjadi salah satu tempat angker di yogyakarta ini dinamakan jembatan gemblung.

jembatan gemblung tampak depan

jembatan gemblung tampak depan

2. Jembatan gemblung digunakan sebagai tempat mencari pesugihan

loading...

Lanjut dari keterangan makhluk astral yang kedua yaitu Prabu Kusumo pada jaman dahulu adalah pasukan majapahit yang merupakan panglima di jembatan gemblung. Prabu Kusumo yang berhasil digali informasi nya mengatakan bahwa kedudukan nya di jembatan gemblung lebih tinggi dari mbah jugil tadi, namun untuk makhluk astral penguasa di jembatan gemblung adalah sosok naga ijo yang memiliki ilmu paling sakti. Berdasarkan keterangan dari Prabu Kusumo banyak orang yang menyalahgunakan jembatan  gemblung sebagai tempat mencari pesugihan kekayaan, tempat mencari ilmu hitam, kebal dan tempat mencari wangsit.

 

Orang yang berniat untuk mencari pesugihan harus mengadakan perjanjian dengan jin penunggu serta melakukan ritual khusus dan wajib memberikan sesembahan atau sesajen kepada jin penunggu jembatan gemblung. Sesajen atau sesembahan yang diberikan adalah nasi tumpeng, kembang setaman dan darah ayam cemani, sedangkan ritual yang harus dilakukan adalah berendam di sungai selama 7 hari 7 malam selain itu ada yang diminta untuk memberikan nyawa sebagai tumbal pesugihan. Sampai sekarang jembatan gemblung masih terkenal sebagai salah satu tempat mencari pesugihan di yogyakarta.

 

  1. Mitos tentang jembatan gemblung

Mitos jembatan gemblung di masyarakat yang menyebutkan bahwa jembatan gemblung dibangun oleh para penjajah kompeni Belanda ternyata salah, faktanya berdasarkan dari keterangan dari sosok penguasa di jembatan gemblung yaitu Eyang nogo ijo yaitu jembatan gemblung di sleman ini pada jaman dahulu dibangun oleh para pribumi untuk menghubungkan antara 2 daerah diatas aliran kali opak sebagai tempat persembunyian, namun akhirnya diketahui oleh Belanda dan direbut. Setelah berhasil direbut daerah di seberang jembatan gemblung dijadikan sebagai gudang senjata oleh Belanda. Pada saat perebutan itu banyak pribumi yang dibunuh oleh para penjajah tepatnya di jembatan gemblung ini. Maka dari itu banyak arwah gentayangan korban pembantaian Belanda yang kadang masih menampakkan diri.

 

  1. Cerita misteri tentang jembatan gemblung

Cerita misteri seputar jembatan gemblung yang meliputi cerita penampakan di jembatan gemblung, pencari pesugihan agar kaya raya dan ada juga mencari wangsit mungkin setelah mengetahui keterangan dari Eyang nogo ijo memang tugasnya mengajak manusia ke jalan yang sesat namun eyang nogo ijo juga mengatakan bahwa orang yang kuat imannya dan hanya meminta kepada Allah SWT maka para penunggu jembatan gemblung tidak dapat menganggunya.

Baca juga : “7 Ciri tempat yang sering memasang tumbal pesugihan

Mungkin fakta tentang keangkeran jembatan gemblung diatas bisa dijadikan sebagai tambahan informasi tentang berbagai lokasi angker di jogja. Kembali lagi pengungkapan fakta mengenai jembatan gemblung diatas hanyalah bertujuan untuk meluruskan berbagai mitos jembatan gemblung yang beredar di masyarakat. Terima kasih sudah mampir di Gudang Misteri jangan lupa share agar lebih bermanfaat.

4 Fakta Misteri Jembatan Gemblung di Sleman Yogyakarta |