13 Fakta Misteri di Museum Lawang Sewu Semarang

loading...

13 Fakta Misteri di Museum Lawang Sewu Semarang – Bagi anda yang akan melanjutkan tujuan wisata ke kota lumpia yaitu Semarang, mungkin tempat wisata sekaligus tempat bersejarah yang satu ini wajib anda masukkan dalam daftar destinasi wisata anda, belum disebut ke Semarang kalau belum wisata ke Lawang Sewu. Lokasi wisata sejarah dan wisata edukasi yang menyimpan sejuta kisah misteri ini membuat kesan sebagai tempat angker yang terletak tepat di jantung kota Semarang. Museum Lawang sewu atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Museum Pintu Seribu. Mengapa disebut Lawang Sewu ? Ya karena memang bangunan museum tua peninggalan kolonial Belanda ini memang memiliki banyak sekali pintu pada keseluruhan bangunannya. Museum bersejarah ini memiliki bentuk yang khas dengan bangunan Belanda. Bangunan museum ini dulunya adalah sebagai gedung operasional NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) atau kantor perkeretaapian Belanda pada masa jaman penjajahan di Indonesia. Gedung Lawang Sewu dibangun kurang lebih memakan waktu yang cukup lama yaitu sekitar empat tahun, mulai dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907, yang terletak di dekat pusat kota, yaitu pas di depan bundaran Tugu Muda. Pada saat masa penjajahan Belanda dulu, gedung lawang sewu semarang ini disebut sebagai Wilhelminaplein.

13 Kisah Misteri di Museum Lawang Sewu Semarang

13 Kisah Misteri di Museum Lawang Sewu Semarang

Jika berbicara mengenai kisah Lawang Sewu maka semua orang pasti akan tertuju akan cerita mistis dan cerita horor mahluk gaib penunggu Lawang Sewu. Kisah misteri di Lawang Sewu bisa dikatakan sudah menjadi rahasia umum bahwa Museum Lawang Sewu sudah terkenal dengan cerita angker dan misteri yang menyelimuti bangunan tua bersejarah ini. Gedung Lawang Sewu menjadi saksi bagaimana pada masa penjajahan dulu, serdadu Belanda banyak yang disiksa dan dihilangkan di tempat ini oleh para penjajah Jepang. Sehingga tidak heran jika sampai sekarang banyak cerita menyeramkan, penampakan, suara aneh yang terdengar dan kejadian mistis yang disebabkan oleh sosok-sosok makhluk halus penunggu Lawang Sewu ini. Berikut beberapa cerita misteri kisah nyata keangkeran Museum Lawang Sewu yang banyak di alami oleh masyarakat sekitar :

  1. Suara jeritan dan tangisan noni Belanda yg ketakutan, beberapa pengunjung Lawang Sewu pernah mengalami kejadian mistis yaitu mendengar suara jeritan kadang juga isakan tangis dari Noni Belanda yang kemudian akan disusul dengan suara derap langkah kaki para tentara Belanda dan Jepang. Konon katanya dulu Noni Belanda ini menyaksikan pembantaian terhadap tentara Belanda yang dilakukan oleh tentara Jepang di tempat ini
  2. Kesurupan di penjara jongkok, Gedung Lawang Sewu memiliki beberapa ruang tahanan yang salah satunya adalah penjara jongkok. Mengapa dinamakan demikian ternyata penjara jongkok adalah sebuah bangunan menyerupai kotak yang berukuran 1,5 meter persegi dengan tinggi ruangan hanya 60 cm. Di dalam sini para tahanan dijejalkan sebanyak 5 hingga 9 orang yang akan dikurung menjadi satu. Karena sempitnya ruangan maka terpaksa para tahanan harus berjongkok, sehingga dinamakan penjara jongkok. Ruangan yang sempit ini kemudian akan diisi dengan air sampai sebatas leher para tahanan. Tidak ada tahan yang dapat melepaskan diri dari tempat ini karena atasnya ruangan itu ditutup dengan teralis besi, dengan kondisi pengap dan tidak ada pencahayaan. Dapat dipastikan para tahanan akan tewas di tempat ini.
  3. Penampakan sosok serdadu Belanda penjaga pintu, berdasarkan mitos masyarakat pada pintu utama gedung Lawang Sewu yang berada di sebelah timur dan sebelah barat dijaga oleh sosok serdadu Belanda. Misterinya bagi yang pernah dan dapat melihat, para Serdadu Belanda yang menjaga pintu utama yang berlawanan arah ini memakai seragam yang lengkap dan membawa senjata laras panjangnya.
  4. Penampakan makhluk halus di ruang utama museum lawang sewu, ruang utama merupakan ruang pertama yang akan dijumpai ketika berkunjung ke lawang sewu. Gerbang besar akan menyambut untuk menuju ke ruang utama, yang misterinya sangat kental disini karena banyaknya kejadian aneh disini, seperti ada bayangan putih yang berkelebat menembus dinding tembok, lalu ada penampakan mahkluk halus, dan ada juga bebauan seperti bau anyir atau bau kemenyan yang dapat tercium dengan jelas oleh indera penciuman.
  5. Teriakan misteri di sumur, di salah satu bagian halaman depan dari lawang sewu terdapat sebuah sumur tua yang tidak pernah dibuka dan selalu terkunci. Bangunan ini seperti rumah yang terbuat dari tembok dan beratap genting. Konon kisah misteri disini dulu banyak tentara Belanda yang dibunuh dan disiksa lalu dibuang ke dalam sumur ini oleh tentara Jepang, sehingga banyak gangguan gaib serta kejadian janggal seperti terdengar suara tangisan, teriakan dan rintihan dari dalam sumur ini untuk meminta pertolongan.
  6. Ada penampakan sosok seperti memperhatikan, salah satunya ada di ruangan yang jarang dikunjungi di  bangunan Lawang Sewu ini, merupakan ruangan untuk pemasungan dan penyiksaan tawanan. Bahkan sampai saat ini bukti ruang untuk pemasungan dan rantai untuk penyiksaan masih ada di ruangan ini dengan kondisi yang sudah berkarat. Jika anda memasuki ruangan ini, anda akan merasa seperti ada yang mengawasi gerak gerik anda, energi gaib sangat kuat terasa di ruang penyiksaan museum lawang sewu.
  7. Penampakan bayangan hitam di langit lantai tiga, jarang ada pengunjung yang dapat melihat penampakan yang ada di lantai ini, tetapi begitu anda diperlihatkan oleh sang juru kunci museum lawang sewu semarang, ada banyak penampakan di ruang ini, seperti sosok bayangan hitam bahkan sesosok makhluk halus bermata hijau.
  8. Lorong hantu bawah tanah, di bagian bawah tanah bangunan ini terdapat bungker dan gudang penyimpanan yang cukup angker, karena tempat ini minim cahaya dan udara sehingga memberikan kesan seram dan pengap. Di lorong bawah tanah ini konon sering terlihat sesosok makhluk tak kasat mata yang merambat di atas langit-langit lorong, memliki mata berwarna hijau dan berbadan hitam besar.

    Ruangan penjara bawah tanah lawang sewu semarang

    Ruangan penjara bawah tanah lawang sewu semarang

  9. Kejadian mistis tericum aroma aneh di penjara berdiri, selain memiliki penjara jongkok, di dalam lawang sewu terdapat juga penjara berdiri. Kondisi disini cukup mengerikan, yaitu sebuah ruangan dengan ukuran hanya 1,5 meter x 1 meter yang diisi oleh 5 hingga 6 tahanan dengan posisi berhimpitan berdiri, kemudian ruangan akan ditutup dengan pintu besi, dan kebanyakan tahanan yang tidak bisa bertahan akan kehabisan nafas karena minimnya udara dan cahaya. Walaupun ada tahanan yang selamat, mereka tetap akan dibunuh dengan cara dipenggal kepalanya. Ini mengapa di area penjara berdiri sering tercium aroma anyir darah atau aroma tidak enak karena dahulunya sebagai tempat pemenggalan dan penyiksaan yang tragis.
  10. Penampakan sosok hantu wanita berambut panjang, bagi yang mengujungi bangunan ini, jangan terkejut apabila melihat penampakan sesosok wanita berambut panjang bergaun putih berkelebat di sekitar anda. Hantu wanita ini di duga seorang noni Belanda yang kebingungan mencari sesatu karena konon yang pernah melihatnya, wajah hantu wanita ini seperti tampak kosong dan seperti sedang mencari sesuatu.
  11. Terdengar suara seperti orang yang sedang mengaji, konon di ruang bawah tanah sering terdengar suara misterius seperti orang yang sedang mengadakan pengajian dalam jumlah banyak tidak hanya satu orang, entah benar atau tidak belum ada yang berani memastikan kebenarannya, hanya kabar misteri yang cukup kuat mengenai sosok makhluk halus penunggu ruang bawah tanah Lawang Sewu ini memang benar-benar tempat angker di Semarang.
  12. Penampakan sosok kuntilanak di ruang bawah tanah, tidak hanya di ruang bawah tanah, kadang kemunculan kuntilanak ini juga ada di sekitar sumur yang ada di halaman samping gedung utama ini. Beberapa kali makhluk halus ini menampakkan wujudnya di lorong ruang bawah tanah dan di dekat sumur.
  13. Penampakan saat dilakukan acara uji nyali, sebuah stasiun televisi swasta pernah melakukan acara uji nyali di Museum Lawang Sewu Semarang, tepatnya di ruangan bawah tanah museum yang cukup terkenal dengan cerita misteri dan keangkerannya. Pada saat dilakukan acara uji nyali tersebut, ada beberapa kali kamera menangkap terjadinya penampakan sosok makhluk halus penunggu museum lawang sewu, seperti sosok hantu kuntilanak, hantu wanita berambut panjang dan sosok hitam besar dengan mata berwarna hijau.

Saat ini gedung Museum Lawang sewu sudah di renovasi oleh Pemerintah Kota Semarang di beberapa bagian untuk menghilangkan kesan seram dan angker pada bangunan ini karena memang bangunan tua bersejarah ini termasuk bangunan cagar budaya yang dilindungi. Sejarah tentang Museum Lawang Sewu secara singkat bahwa pemerintah kota Semarang menggunakan tempat bekas gedung Lawang Sewu sebagai museum PT. KAI (Kereta Api Indonesia) Semarang semenjak Indonesia merdeka dari tangan penjajah Belanda dan penjajah Jepang. Walaupun ada beberapa bagian yang berubah, namun kesan angker dan misteri di Museum Lawang Sewu kini masih tetap menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun turis asing untuk mengunjungi salah satu tempat tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Semarang dan untuk membuktikan beberapa fakta menguak cerita misteri yang beredar di masyarakat.

Baca juga : “Menguak Kisah Misteri Pabrik Karung Goni Delanggu

Itulah tadi sekelumit kejadian yang dibuat menjadi rangkuman seputar kisah misteri, kejadian mistis, mitos masyarakat, cerita horor, penampakan, serta gangguan gaib yang terjadi di Museum Lawang Sewu Semarang yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan kisah nyata demi menguak bagaimana fakta misteri lawang sewu sebenarnya. Mungkin dengan panjang lebar dari rangkuman diatas dapat disimpulkan bahwa bangunan tua bersejarah peninggalan Belanda di kota Semarang ini merupakan salah satu tempat angker di Semarang dan bukan hanya isapan jempol belaka. Terima kasih sudah berkunjung di blog Gudang Misteri, jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan nantikan artikel misteri selanjutnya.

13 Fakta Misteri di Museum Lawang Sewu Semarang |