13 Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen Subang

Loading...

13 Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen SubangMitos tanjakan emen sebelum kejadian tergulingnya bus pariwisata yang membawa rombongan ibu-ibu anggota KSP Permata Ciputat tangerang baru-baru ini mungkin tidak begitu menyedot perhatian publik namun setelah kejadian yang banyak merenggut  korban jiwa sampai 27 orang ini baru publik bertanya-tanya dan penasaran akan cerita misteri dan mitos tanjakan emen yang terkenal sebagai salah satu tempat angker di Subang. Untuk menguak fakta tentang tanjakan emen selengkapnya kronologi kejadian kecelakaan maut di tanjakan emen  berikut ini selengkapnya. Beberapa hari lalu sempat tersiar kabar lagi tentang kecelakaan maut yang melibatkan bus pariwisata dengan korban meninggal dunia mencapai 27 orang dan belasan orang mengalami luka-luka ringan sampai berat. Kecelakaan maut di turunan tersebut dialami oleh sebuah bus pariwisata yang membawa rombongan koperasi simpan pinjam ciputat tangerang saat pulang dari kawasan wisata tangkuban perahu yang menyebabkan bus mengalami rem blong sehingga menabrak tebing lalu terguling di sebuah turunan sehabis tanjakan curam yang terkenal sebagai tanjakan angker di Jalan Raya Subang – Bandung tepatnya di daerah Kampung Cicenang, Ciater, Subang, Jawa Barat.

Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen Subang

Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen Subang

Tanjakan Emen, begitu masyarakat sekitar menyebutnya. Sekilas tanjakan yang dilewati ketika akan menuju kawasan wisata pemandian air panas ciater dan wisata tangkuban perahu ini tanjakan memang terlihat hanya seperti jalanan biasa pada umumnya, ternyata seringnya terjadi kecelakaan di tempat ini menimbulkan beberapa mitos dan misteri seputar tanjakan emen di subang.  Jalan yang bila dari arah Subang disebut Tanjakan Emen dan sebaliknya bila dari arah Bandung disebut dengan Turunan Emen. Anda pasti bertanya, mengapa dinamakan Tanjakan emen atau Turunan Emen? Darimana asal usul nama tanjakan emen? Siapa sebenarnya sosok Emen yang menjadi nama dari tempat ini? Apa saja mitos tanjakan emen? Cerita misteri apa saja tentang tanjakan emen? Misteri tanjakan emen yang membuat penasaran ini akan diungkapkan berdasarkan fakta tanjakan emen di bawah ini yang dikumpulkan dari berbagai sumber.

13 Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen di Subang

  1. Asal usul nama tanjakan emen, fakta tanjakan emen berdasarkan keterangan masyarakat sekitar pada jaman dahulu pada tahun 1969 jalanan tersebut terkenal angker sehingga jarang ada kendaraan yang berani melewati pada malam hari. Pada suatu hari ada kendaraan oplet atau angkot jurusan Subang – Bandung yang dikendarai oleh sopir yang bernama Emen melewati jalan tersebut. Entah karena hilang keseimbangan atau karena rem angkot tersebut blong, angkot yang dikemudikan oleh Emen tersebut mengalami kecelakaan menabrak tebing, terbalik kemudian terbakar dan menyebabkan si sopir meninggal dunia. Nah sejak kejadian kecelakaan maut yang dialami oleh sopir angkot yang bernama Emen tersebut maka warga sekitar menyebutnya dengan tanjakan emen sampai saat ini.
  2. Cerita arwah Emen yang masih gentayangan, konon berdasarkan cerita masyarakat sekitar yang sering melewati tanjakan emen, beberapa pengendara pernah melihat penampakan sosok Emen saat melintas sendirian di tanjakan emen saat malam hari dan dalam keadaan yang sepi. Namun apabila iman pengendara kuat insyaAllah arwah, setan dan jin yang memiliki niat jahat tidak akan dapat untuk mengganggu pengendara yang melewati tanjakan angker tersebut.
  3. Mitos membuang atau melempar koin saat melewati tanjakan emen, konon berdasarkan cerita masyarakat para pengendara yang melewati tanjakan emen harus melemparkan koin untuk menghormati arwah Emen agar tidak diganggu saat melewati tanjakan emen.
  4. Mitos membunyikan klakson saat melewati tanjakan emen, selain mitos melemparkan koin di tanjakan emen konon menurut cerita masyarakat sekitar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan maka pengendara yang melewati tanjakan emen harus membunyikan klakson, membunyikan klakson saat melewati tanjakan emen bertujuan menghormati arwah emen. Konon arwah emen menganggu dengan tiba-tiba berada di samping sopir dan menyebabkan kendaraan tidak seimbang dan oleng. Maka dari itu sampai saat ini masih banyak pengendara yang membunyikan klakson saat melewati tanjakan emen di Subang Jawa Barat.
  5. Mitos memberikan sebatang rokok yang berwarna putih yang sudah dinyalakan. Mitos ini diyakini dapat mengurangi gangguan dari arwah Emen. Melemparkan sebatang rokok yang masih menyala di tanjakan emen ini disebabkan karena semasa hidupnya si emen memiliki kegemaran merokok.
  6. Fakta asal usul cerita tanjakan emen ternyata ada beberapa versi, ada yang mengatakan kalau Emen merupakan pemuda korban pembunuhan tabrak lari yang terjadi di jalan tersebut, yang jasadnya dibuang di sekitar jalanan tersebut dan disembunyikan di semak-semak. Ceritanya Emen kemudian menjadi arwah yang masih gentayangan di tempat tersebut untuk menuntut balas kepada sang pembunuh.
  7. Fakta asal usul nama tanjakan Emen dalam versi lain bahwa emen adalah pada jaman dahulu seorang kernet bus Bunga, yang mengalami nasib naas karena pada saat berada di tanjakan tersebut bus mengalami mogok, saat Emen akan mengganjal bus malah rem bus blong dan Emen terseret oleh bus itu hingga tewas.
  8. Cerita misteri dan mitos di Tanjakan emen ternyata sudah pernah dibuat menjadi sebuah film berjudul Misteri Tanjakan Emen. Pada film yang berjudul misteri tanjakan emen ini sosok emen yang menjadi cikal bakal nama tanjakan emen di film ini adalah seorang kenek truk yang meninggal akibat terlindas truk nya sendiri sewaktu disuruh sopir untuk mengganjal ban truk dengan balok kayu di di tanjakan emen
  9. Cerita seram tanjakan emen ternyata sudah pernah diulas di acara Mister Tukul dengan mendatangkan pakar supranatural serta ki soleh pati sebagai juru lukis untuk memvisualisasi sosok makhluk gaib penunggu tanjakan emen serta makhluk astral di tanjakan emen lainnya.
  10. Cerita mistis tanjakan emen ternyata sudah pernah diulas di acara Dua Dunia dengan mendatangkan pakar supranatural dan mediator untuk mediumisasi. Saat mediumisasi sosok makhluk gaib penunggu tanjakan emen ini mengatakan bahwa pengendara yang iman nya tipis saja yang akan diganggu sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.
  11. Fakta tanjakan emen ternyata sebelum tergulingnya bus pariwisata yang membawa rombongan ibu-ibu KSP Permata ciputat sebelumnya banyak kejadian kecelakaan maut di tanjakan emen yang hampir setiap tahun pasti meminta korban jiwa. Salah satunya yaitu kecelakaan bus di tanjakan emen yang membawa rombongan turis asing dengan korban meninggal dunia sekitar 9 orang. Namun baru akhir-akhir ini tanjakan emen menjadi perhatian publik karena dilihat dari jumlah korban kecelakaan yang mencapai 27 orang baru membuat publik penasaran.
  12. Fakta minimnya rambu-rambu informasi / petunjuk jalan di sepanjang jalan raya Subang – Bandung termasuk di sebelum dan sesudah tanjakan emen. Selain itu minimnya lampu penerangan jalan membuat kendaraan yang dari melaju dari atas merasa silau dengan kendaraan yang menanjak, maka dari itu banyak kendaraan yang kaget sewaktu menyetir mobil saat terkena silau lampu mobil yang datang dari arah berlawanan padahal kecepatan kendaraan tinggi, struktur jalan berkelok kelok dengan jarak yang pendek akibatnya yaitu sering terjadi kecelakaankarena tidak bisa mengendalikan kendaraan saat kecepatan tinggi.
  13. Fakta tanjakan emen bahwa sebenarnya sebelum kejadian kecelakaan maut di tanjakan emen, Gubernur Jawa Barat yaitu Ahmad Heriyawan sudah berencana sejak lama ingin merenovasi struktur jalan di tanjakan emen ini agar tidak terlalu curam dan miring agar tidak terjadi lagi kecelakaan di sekitar tanjakan emen. Gubernur mengatakan bahwa tujuan renovasi ini adalah untuk mengubah pemikiran warga sekitar mengenai kecelakaan yang sering terjadi di tanjakan emen ini disebabkan oleh faktor ilmiah dan kesalahan pengemudi jadi bukan karena gangguan makhluk gaib penunggu tanjakan emen

Baca juga : “Pertanda Ular Masuk ke Dalam Rumah

Dari sekian banyak versi yang menjadi latar belakang kisah dari Tanjakan Emen ini, sebenarnya kalau dilihat langsung ke tempat kejadian, memang jalanan ini rawan kecelakaan bagi yang kurang handal dalam mengemudi. Jalanan sepanjang 2 – 3 Km ini sangat ekstrim, dengan kemiringan sampai 40 hingga 50 derajat dan memiliki beberapa tikungan tajam, sehingga menyebabkan rawan kecelakaan karena rem yang blong atau tergelincir. Baiknya bagi para pengendara harus lebih waspada dan berhati-hati saat melintasi daerah ini karena jalanan yang terkenal rawan kecelakaan. Demikian ulasan lengkap mengenai fakta misteri dan mitos tanjakan emen di subang jawa barat. Apabila ada kesalahan penulisan dan ada infomasi yang kurang bisa anda tambahkan melalui kolom komentar, terima kasih sebelumnya sudah meluangkan waktu untuk membaca di gudang misteri, jangan lupa tunggu artikel misteri selanjutnya.

13 Fakta Misteri dan Mitos Tanjakan Emen Subang |